GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Cara Mengobati Penyakit Koi Ulcer

Koi Ulcer

Koi Ulcer menyebabkan luka berlubang (borok) pada kulit koi. Jika tak segera diobati, maka luka akan semakin melebar.

Apa itu Koi ulcer?

Koi Ulcer  adalah penyakit  yang menyerang koi hingga menimbulkan luka berlubang (borok). Ini adalah luka terbuka pada permukaan tubuh koi, biasanya berwarna  merah muda (merah) dan disekelilingnya terdapat  jaringan kulit mati.

Luka pada kulit koi pada awalnya kecil, namun bila dibairkan tanpa perawatan dapat melebar. Pada kondisi yang parah, Ulcer menimbulkan pembusukan pada daging koi hingga sampai ke tulang. Oleh sebab itu, koi yang terserang penyakit ini harus segera diobati.

Dimana luka borok biasanya terjadi pada koi?

Biasanya pada kulit, juga bisa terjadi sirip (terutama pangkal sirip) atau bahkan  pada mata dan  di dalam rongga mulut.

Apa penyebabnya?

Penyebab utamanya adalah kualitas air yang menurun. Ketika koi berada pada kondisi  air yang buruk, maka  hal ini membuat koi menjadi stress dan sistem kekebalan tubunya melemah.  Akibatnya adalah  parasit dan bakteri memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menerobos pertahanan ikan.

Parasit yang menimbulkan Infeksi  seperti anchor worm, cacing, costia adalah merupakan prekursor umum untuk ulkus bakteri. Parasit ini menembus kulit lendir dan meninggalkan jalur masuk bagi bakteri.

Beberapa bakteri penyebab Ulcer pada koi antara lain :

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Updated: 23/07/2017 — 14:44

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi