GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Fin Rot – Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobatinya

Fin Rot atau Busuk Sirip  adalah  penyakit koi akibat serangan bakteri (bacterial infection). Penyakit ini menyerang pada bagian sirip dan ekor koi. Penyebab utamanya adalah karena kualitas air kolam yang rendah.

Jika anda memiliki kolam, apalagi dengan tingkat populasi koi yang cukup padat, tentu anda harus menempatkan sistem filterasi yang baik dan benar untuk memelihara kualitas air kolam anda. Mengapa demikian? Sebab mutu air kolam sangat mempengaruhi kesehatan koi-koi anda. Untuk itulah maka diperlukan perawatan yang baik dan berkesinambungan terhadap air kolam anda jika menginginkan agar koi-koi anda tetap dalam keadaan sehat.

Penyebab Penyakit Busuk Sirip

Fin Rot disebabkan oleh infeksi bakteri. Diperkirakan ada beberapa bakteri berbeda yang menyebabkan penyakit serupa, seperti Flavobacterium (yang sebelumnya dikenal sebagai Flexibacter), juga Aeromonas dan Pseudomonas.

Sesungguhnya yang membuat bakteri ini mulai menyerang adalah karena kondisi koi yang sedang stress akibat kualitas air kolam yang memburuk. Kemampuan dan daya tahan masing-masing koi berbeda-beda, dalam menghadapi serangan penyakit ini.

Oleh sebab itu, Fin Rot tidak gampang menular dan biasanya hanya menyerang pada satu atau dua ekor saja. Meski demikian, jika tak segera diketahui, maka akan semakin banyak koi yang menjadi korbannya.

Gejala sirip membusuk

Pada awalnya, bakteri mulai memakan selaput bening yang berada di bagian sirip. Sebagai tanda-tandanya adalah pada area yang terserang penyakit tersebut akan tampak berwarna putih susu yaitu terutama di bagian tepi. Apabila hal ini dibiarkan saja, maka sedikit-demi sedikit bagian yang rusak semakin meluas dan bakteri ini akan terus merusak dan memakan seluruh organ hingga habis sama sekali.

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Updated: 23/07/2017 — 14:45

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi