GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

5 (lima) Metode dan Cara Perawatan Koi Sakit

Cara Perawatan Koi Sakit

GILAKOI.COM-Sebagai pemelihara koi, anda tentu ingin agar kondisi kesehatan koi-koi anda selalu terjaga dengan baik. Namun demikian meski kolam anda telah terpasang sistem filtrasi yang baik untuk menjaga agar kualitas air kolam anda terjamin, ada kalanya koi anda terjangkit  oleh penyakit tertentu. Sebagaimana makhluk hidup lainnya, stamina yang ada di dalam tubuh koi sangat tergantung pada kondisi lingkungan di sekitarnya. Bila koi mengalami stress, maka akan mudah terserang penyakit.

Lalu bagaimana bila anda menemukan gejala-gejala bahwa koi anda sedang dalam kondisi sakit? Segeralah melakukan sesuatu untuk merawat koi anda, agar penyakit yang menyerang tidak semakin parah dan koi anda segera kembali sehat. Berikut ini adaalah  5 (lima) metode atau cara bagaimana merwat koi yang sedang sakit.

  1. Metode Oral (Oral Administration)

Cara Perawatan Koi SakitYang dimaksud Oral Administration adalah cara untuk merawat koi agar segera sembuh dari penyakitnya yaitu dengan memberi obat-obatan yang dicampur pada makanannya. Metode ini digunakan pada kondisi koi sedang menderita masalah kekurangan gizi atau nutrisi atau terserang oleh bakteri penyebab penyakit.

Beberapa obat-obatan yang digunakan mengandung kualitas nutrisi yang baik, antara lain multi vitamin, protein dan mineral lainnya,  obat sulfa, anti biotic, dan obat furan. Obat-obatan tersebut biasanya dicampurkan pada makanan yang berbentuk pasta atau staple.

 

  1. Metode Rendam (Medicated Bath)

Cara Perawatan Koi SakitMetode ini digunakan dengan cara merendam koi selama beberapa menit di dalam air pada wadah khusus yang telah dicampur dengan larutan obat dengan dosis tertentu. Cara ini untuk merawat koi yang terserang barbagai macam parasit dan bakteri tertentu di sekujur tubuhnya. Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi efek samping dari penyakit yang disebabkan oleh serangan penyakit dari dalam tubuh (inside desease). Biasanya penyakit menyerang pada bagian kulit dan insang koi.

Ada 2 jenis yang dilakukan pada metode ini yaitu dengan merendam koi dalam jangka waktu yang pendek, yaitu paling lama 10 menit, atau dengan waktu rendam sampai beberapa hari.

Untuk koi yang direndam dalam waktu singkat, caranya adalah dengan memasukkan koi yang terserang penyakit kedalam sebuah wadah yang berisi larutan obat. Penggunaan wadah atau bak tersebut tidak perlu terlalu besar,  untuk menghemat pemakaian obat-obatan yang digunakan. Obat-obatan yang digunakan antara lain mercurochrome, methylene blue, Malachite Green, Dipterex, aquatic terramycin. Untuk rendaman terakhir biasanya digunakan larutan garam, PK (Potassium Permanganate), formalin, sulfa drugs dan furan drugs. Sedangkan untuk rendaman sampai beberapa hari, cukup masukkan larutan obat ke dalam kolam koi anda.

Yang terpenting dalam metode ini adalah anda harus membuat komposisi larutan (dosis) secara tepat, agar efektif dalam penyembuhan koi sakit. Untuk larutan obat yang dicampurkan ke dalam air kolam, disarankan agar dengan menggunakan ukuran per Ton air, sebab larutan obat yang terlalu pekat justru akan  membunuh koi anda.

  1. Metode Aplikasi (Applications)

icon3Metode aplikasi digunakan untuk meyembuhkan luka pada tubuh koi bagian luar yaitu pada sirip, ekor, kulit dan sisik koi. Caranya adalah dengan mengoleskan obat pada bagian yang luka. Obat yang digunakan antara lain merchurochrome, yodium dan  isojin. Pada jenis penyakit yang mengakibatkan kulit koi berlubang (hole desease) maka penggunaan obat langsung dioleskan pada area di sekitar luka.

  1. Metode Suntik (Injections)

icon4Obat-obatan dari jenis sulfa dan antibiotik dimasukkan kedalam tubuh koi melalui suntikan (injeksi). Hal ini cukup efektip untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Injeksi dilakukan pada bagian di bawah sirip dada atau di belakang anus. Injeksi intravena dilakukan pada bagian pembuluh ekor.

  1. Metode operasi (Operations)

icon5Untuk mengangkat penyakit berupa tumor yang berada di dalam tubuh koi yaitu di area organ reproduksi, diperlukan metode operasi. Sebelum dilakukan operasi, koi dibius terlebih dahulu. Setelah selesai dioperasi, koi untuk sementara dimasukkan kedalam wadah khusus yang berisi larutan kalsium yang pekat.

Tindakan operasi koi hanya dilakukan oleh yang berpengalaman dalam hal ini para dokter ahli bedah koi.

Demikianlah semoga bermanfaat

Salam #GILAKOI

Telah dibaca 1,565 kali, hari ini 3 kali
Updated: 09/08/2016 — 20:36

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi