JOIN PREMIUM MEMBERBaca semua artikel Gila Koi

Elbayou (Elbayu) | Erubazu

5 gr
elbayou
50 gr
elbayou
100 gr

Elbayu (Elbayou atau Erubazu) atau ada pula yang menyebutnya Elbagin, adalah obat untuk ikan yang memiliki kandungan aktif Nifurstyrenat-Sodium. Kandungan ini sangat efektif terhadap Aeromonas. Kelebihan Elbayu juga karena bahannya yang cepat diserap ke dalam tubuh ikan dan menunjukkan hasil yang baik untuk melawan serangan bakteri Aeromonas. Bakteri Aeromonas dapat menginfeksi semua ukuran ikan bahkan menyebabkan tingkat kematian hingga 80 persen dalam jangka waktu 1-2 minggu. Dengan kata lain ini adalah ancaman kerugian yang besar bagi peternak ikan.

Penyakit aeromonas pada ikan disebabkan oleh kondisi sanitiasi atau nutrisi yang kurang atau karena perubahan suhu yang drastis. Infeksi aeromanis pada ikan dapat dikenali dengan munculnya benjolan merah pada tubuh ikan.

Ikan ornamen seperti ikan koi dan ikan mas adalah yang paling rentan terkena serangan penyakit aeromas, yang apabila tidak cepat ditangani akan berdampak fatal pada ikan.

Berikut ciri-ciri ikan terserang penyakit aeromonas:

  • Mata membengkak

  • Insang kasar atau robek

  • Benjolan atau bintik merah pada insang, sirip, ekor dan badan

Tak hanya untuk penyakit yang disebabkan Aeromonas, Elbayu juga ampuh untuk mengatasi penyakit yang disebabkan Penyakit Columnaris (bercak putih atau karat merah) dikenal juga sebagai penyakit fin rot (insang busuk). Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Columnaris. Jenis bakteri ini sering menyerang ikan pada musim panas atau saat suhu dan pH tinggi.

Gejala yang ditimbulkan oleh Columnaris adalah ikan tidak memiliki nafsu makan serta adanya infeksi pada kulit kepala, kulit badan, atau bagian tubuh lain.  Bagian tubuh ikan yang mengalami infeksi, maka akan terdapat bercak-bercak putih halus yang kemudian berubah menjadi merah karena pendarahan. Sirip ikan pun menjadi rontok.

Berikut cara penggunaan dan dosis Elbayu:

  • Larutkan Elbayu 5 gr untuk 100 liter air dan tempatkan ikan pada tempat yang terpisah (bak karantina)

  • Untuk ikan koi / ikan mas: Takaran 5-10 gram Elbayu (sama dengan 0,5-1g bahan aktif). Waktu 24 jam.

  • Untuk ikan tropis air tawar: Takaran 1 gram Elbayu (sama dengan  0.1g bahan aktif). Waktu 24 jam.

Sumber artikel : www.isw.co.id

Telah dibaca 100 kali, hari ini 1 kali

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin