GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

e-book GILA KOI – Diskon 50 %

Koi Herpes Virus (KHV), Pembunuh Koi No.1

Koi Herpes Virus

Pernahkah koi anda mengalami kematian masal? Bila pernah, maka kemungkinan besar itu disebabkan oleh penyakit yang bernama KHV atau Koi Herpes Virus.

KHV

Pemandangan yang sangat memilukan saat menyaksikan koi-koi kesayangan yang mati secara bersamaan

Apakah KHV begitu mematikan?  Ya, memang benar-benar sangat ganas dan mengerikan. Bahkan koi yang telah terinfeksi KHV bisa mati hanya dalam tempo 1 atau 2 hari saja. Oleh sebab itu, penyakit KHV disebut-sebut sebagai pembunuh Koi no. 1

Melalui artikel ini saya ingin mengajak anda mengetahui lebih dalam perihal KHV, agar anda dapat melakukan antisipasi terhadap serangan penyakit KHV ini.

Apa itu KHV?

KHV adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus yang sangat mudah menular. Sebagaimana kita ketahui, Koi juga memiliki sistem kekebalan tubuh. Bila terinfeksi virus, maka tubuh koi akan memberikan perlawanan dengan memproduksi antibodi. Namun demikian, bila koi dalam keadaan stress, maka kemampuan tubuhnya dalam memproduksi antibodi tidak maksimal, sehingga virus mampu menerobos hingga merusak sel-sel pada organ utama koi seperti insang dan ginjal. Insang adalah alat pernafasan koi. Bila insang sudah terinfeksi oleh KHV, maka koi tentu tak akan mampu bertahan hidup lebih lama

Koi Herpes Virus

Kematian ikan masal akibat KHV di danau Biwa Jepang tahun 2004

Penyebaran KHV

Koi Herpes virus (KHV) pertama kali diketahui telah menyerang di Israel pada akhir tahun 1996, juga Amerika Serikat dan beberapa Negara Eropa diantaranya Inggris, Denmark, Belanda. Kemudian KHV menyerang ikan mas konsumsi dan koi  pada tahun 2002 di Indonesia, kemudian pada awal tahun 2003 di Taiwan dan terakhir di Jepang akhir tahun 2003 (Haenen, 2003).

Di Indonesia,  Koi Herpes Virus menyerang ikan koi pertama kali di Blitar pada bulan Maret 2002 , terus menyebar ke Jawa barat pada bulan April 2002,   Jawa Tengah dan Bali. Pada bulan Februari 2003, penyakit ini menyebar sampai ke  Pulau Sumatera.  (Sunarto  et al, 2002).

Pada bulan  September  2004 penyakit ini mewabah di  Kalimantan.  Tahun 2005,    Koi Herpes  Virus menyerang ikan mas di  Danau toba.  Penyebaran Koi Herpes Virus  yang semakin meluas ini  akibat adanya pengiriman ikan  dari daerah yang terinfeksi  sebelumnya.  Akibat wabah ini ,  hampir seluruh pembudidaya koi mengalami kerugian hingga milyaran rupiah dan kegiatan budidaya ikan mas dan koi mengalami penurunan yang sangat tajam.

Selain itu, banyak sekali para pencinta koi kala itu yang bersedih melihat koi-koi kesayangannya mati secara massal di dalam kolamnya.  Ini benar-benar suatu bencana yang teramat dahsyat yang pernah dialami oleh para pembudidaya dan pecinta koi di seluruh dunia.

Pemusnahan Koi secara masal di Jepang

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register




Updated: 30/03/2018 — 00:02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi