7 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Ibu Hamil

7 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Ibu Hamil – Ikan lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat dan mudah untuk diolah, ikan jenis ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan Ibu hamil, lho.

Kandungan gizi ikan lele meliputi protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, dan B12.

Bukan hanya itu, ikan lele juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik serupa dengan jenis ikan tawar dan ikan laut lainnya.

Berikut jumlah kandungan nutrisi dalam 100 gram daging ikan lele:

  • Kalori: 105.
  • Lemak: 2,9 gram.
  • Protein: 18 gram.
  • Sodium: 50 miligram.
  • Vitamin B12: 121 persen kebutuhan harian.
  • Selenium: 26 persen kebutuhan harian.
  • Fosfor: 24 persen kebutuhan harian.
  • Thiamin: 15 persen kebutuhan harian.
  • Potasium: 19 persen kebutuhan harian.
  • Kolesterol: 24 persen kebutuhan harian.
  • Asam lemak omega-3: 237 miligram.
  • Asam lemak omega-6: 337 miligram.

Berikut adalah pembahasan mengenai 7 manfaat ikan lele untuk kesehatan Ibu hamil. Yuk, simak berikut pembahasannya.

7 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Ibu Hamil

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat pertama ikan lele untuk Ibu hamil adalah dapat meningkatkan sistem imun. Hal itu karena, Ikan lele juga merupakan sumber yang baik untuk mineral dan vitamin seperti Thiamin, Niacin, dan Selenium yang baik untuk menjaga kesehatan.

2. Sumber Vitamin

Read More

Manfaat kedua ikan lele untuk Ibu hamil adalah sebagai sumber vitamin. Ikan lele mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin B kompleks yang sangat penting untuk ibu hamil. Bukan hanya vitamin B, asam folat dan vitamin B9 juga terkandung pada ikan ini, ternyata kunci perkembangan janin yang optimal. Kandungan ini berkaitan dengan pertumbuhan otak dan sistem saraf selama kehamilan untuk pertumbuhan bayi yang optimal.

Asam folat juga sangat baik bagi perkembangan bayi yang berperan besar pada pembentukan tabung saraf. Nutrisi ini juga dapat mencegah tulang belakang bayi dan cacat otak. Pada 3 bulan pertama kehamilan, wanita hamil perlu mengonsumsi sekitar 4.000 mcg asam folat.

3. Sumber Protein untuk Ibu Hamil

Ikan ini juga mengandung nilai protein yang tinggi untuk kehamilan. Ibu hamil membutuhkan protein tinggi untuk menjaga stamina dan kesehatan selama masa prenatal. Memang, asupan protein harus dicukupi agar pertumbuhan janin tetap sehat. Di samping itu, ikan ini juga rendah kalori dan kolesterol yang aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Sumber Lemak Sehat

Ikan lele ini kaya akan kandungan lemak yang sehat, seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Kandungan ini selama kehamilan dapat membantu dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Omega-3 juga sangat baik dalam membantu dalam meningkatkan jantung, mata, dan sistem kekebalan bayi.

Lalu, kandungan omega-6 pada ikan lele dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol darah pada bayi. Dengan begitu, bayi di dalam kandungan ini memiliki kemampuan hidup yang tinggi setelah dilahirkan.

5. Mencegah anemia

Salah satu penyebab anemia saat hamil adalah kurangnya asupan vitamin B12. Vitamin ini memang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah.

Vitamin B12 tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Jadi, untuk memperoleh vitamin ini, Bumil perlu mengonsumsi produk hewani, seperti ikan lele, daging, telur, dan produk olahan susu.

6. Menjaga Pasokan Kalsium Selama Kehamilan

Manfaat selanjutnya adalah dapat menjaga pasokan kalsium selama kehamilan. Selama kehamilan, manfaat ikan lele lainnya adalah membantu dalam meningkatkan asupan kalsium, baik untuk ibu dan bayinya. Kecukupan kalsium sangat diperlukan dalam membantu dalam mengembangkan berbagai bagian tubuh yang kuat, seperti gigi, tulang, saraf otot, dan sirkulasi darah.

7. Rendah Merkuri

Ada banyak jenis ikan yang dijual mengandung merkuri, yaitu racun yang membahayakan tubuh. Zat logam ini dapat membahayakan kelahiran, pendengaran, penglihatan, hingga kerusakan otak. Nah, ternyata ikan lele rendah merkuri, lho. Keamanannya sama dengan mengonsumsi salmon, udang, hingga tuna kalengan.

Itulah pembahasan mengenai 7 manfaat mengonsumsi ikan lele untuk kesehatan Ibu hamil. Semoga bermanfaat, ya!

Related posts