Bactery Starter Untuk Memperbaiki Kinerja Filter Kolam Koi

bactery starter

Apa itu Bactery Starter?

Bactery Starter adalah mikroorganisma yang berguna untuk mengurai nitrit menjadi nitrat dalam proses filterasi pada kolam koi. Mikroorganisme ini juga populer disebut bakteri. Sedangkan istilah ‘starter’ semata-mata untuk menyatakan bahwa  bakteri ini digunakan sebagai awal atau untuk mempercepat terbentuknya koloni bakteri di dalam ruang filter.

Jadi, bactery starter digunakan biasanya untuk kolam baru agar mempercepat proses ‘maturity’ atau kematangan filter biologi.

Jika  ingin membuat sistem filterasi yang efektif untuk kolam koi, maka anda perlu mengetahui teori tentang  ‘Siklus Nitrogen‘ sebagai dasar pengetahuan agar lebih mudah memahami. Lebih jelasnya dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Filter Biologi Kolam Koi, Rahasia Sukses Memelihara Koi

Urgensi Bactery Starter

Mungkin ada yang bertanya, seberapa perlu Bactery Starter digunakan pada kolam koi anda?

Penggunaan Bactery Starter ini sangat erat kaitannya dengan  filter biologi di dalam kolam koi. Sesungguhnya, bakteri sudah tersedia di alam ini dan dengan sendirinya akan tumbuh di dalam ruang filter anda. Tapi ada beberapa hal yang penting untuk diketahui, bahwa masing-masing kolam, tentu memiliki kondisi yang berbeda yaitu :

1.Dimensi Kolam 

Dimensi kolam maksudnya adalah ukuran fisik kolam, yaitu panjang lebar dan tinggi dinding kolam. Dimensi kolam tentu akan mempengaruhi volume air yang ada didalamnya

2. Populasi Koi

Jumlah dan ukuran ikan koi yang dipelihara di dalam sebuah kolam juga perlu dipertimbangkan dalam membuat sistem filterasi. Semakin banyak ikan koi yang dipelihara, apalagi terdapat banyak ikan koi berukuran besar, maka hal ini tentu membutuhkan kapasitas filter yang memadai.

3.Sistem Filterasi

Banyak sekali metode atau cara dalam membuat sistem filterasi. Namun pada prinsipnya adalah untuk mempertahankan kualitas air kolam agar tetap terjaga.  Sistem filter yang baik adalah yang mampu berfungsi efektif dengan tingkat pemeliharaan yang rendah dan praktis. Dalam sistem filterasi terdapat beberapa komponen diantaranya adalah media filter. Penggunaan media filter yang tepat juga sangat penting pengaruhnya untuk menghasilkan filter biologi.

Ke-3 hal tersebut diatas adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam kaitannya dengan penggunaan Bactery Starter.

Fungsi dan Kegunaan

Pada kolam baru, maka untuk mempercepat proses kematangan filter biologi, sebaiknya menggunakan Bactery Starter ini.  Mengapa demikian?

Begini penjelasannya..

Kolam baru, maksudnya kolam yang baru pertama kali diisi air, meskipun seluruh komponen filter telah terpasang dan sirkulasi air telah berjalan, namun di dalam ruang filter belum terbentuk koloni bakteri yang cukup. Koloni bakteri secara alami akan terbentuk dengan sendirinya, namun tentu memerlukan waktu dalam prosesnya. Koloni bakteri ini atau tepatnya bakteri nitrifikasi sangat diperlukan untuk mengurai nitrit menjadi nitrat

Banyak pemelihara koi yang tak menyadari bahwa mikroorganisma atau bakteri adalah makhluk hidup yang perlu makanan untuk dapat hidup dan berkembang biak.

Pertanyaannya adalah, apa makanan bakteri?

Makanan bakteri sesunguhnya adalah kotoran koi dan juga sisa sisa makanan dan bahan organik lainnya yang ada di dalam kolam. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada artikel diatas, kotoran koi dan sisa pakan setelah diurai oleh bakteri heterotropic maka akan menjadi zat Ammonia. Zat Ammonia inilah yang berbahaya bagi koi. Untuk itulah maka dibangun sistem filter yang tujuannya untuk menetralisir keberadaan Ammonia di kolam koi.

Zat Ammonia yang ada akan di urai oleh bakteri nitrifikasi. Disinilah yang dimaksud bahwa makanan bakteri  adalah kotoran koi sebab dari kotoran koi akan berubah menjadi Ammonia, dan Ammonia akan diurai oleh bakteri nitrifikasi.  Oleh karena itu, jika kolam anda dalam keadaan kosong, dalam arti tak ada seekor koipun yang dipelihara, maka bakteri juga tak akan bisa tumbuh dan bekembang biak, bukan?

Dengan demikian, jika kolam anda baru, maka jangan dibiarkan kosong. Masukkan saja beberapa ekor koi dalam rangka  uji coba sekaligus untuk memberi kesempatan pada bakteri tumbuh dan berkembang biak. Berilah pakan secukupnya pada koi di kolam baru, agar proses filter biologi dapat berjalan.

Pengertian Filter Matured/Matang

Dalam metode filter biologi, keberadaan bakteri nitrifikasi diutamakan untuk menetralisir ammonia. Biasanya koloni bakteri baru bisa tumbuh dan efektif dalam waktu 2 bulan. Jika keberadaan koloni bakteri di ruang filter sudah memadai, maka kondisi ini dinamakan ‘matured‘ atau matang sehingga filter biologi telah berjalan sesuai yang diharapkan.

Kematangan filter biologi juga perlu keseimbangan, sehingga membentuk ekosistem yang baik. Semakin banyak koi yang dipelihara, tentu juga membutuhkan kapasitas bakteri yang mencukupi. Oleh karena itu, dalam memelihara koi sebaiknya jangan  terlalu banyak. Yang penting adalah kualitas bukan kuantitas.

Jika populasi koi terlalu padat, maka jumlah ammonia yang diproduksi juga makin tinggi. Jika filter biologi tak memadai, maka dengan sendirinya kadar ammonia semakin meningkat dan membuat kualitas air memburuk. Jika kualitas air memburuk maka akan membuat koi merasa tak nyaman dan mudah terserang penyakit.

Bagaimana cara mempercepat kematangan filter biologi? Salah satu caranya adalah dengan menambahkan Bactery Starter.

Produk

Terdapat banyak produk Bactery Starter yang dijual dipasaran berbagai merk, antara lain Zagro, Nutripack, Bio Kick, Biolite G, PS Bio, EM4 dll Namun  semuanya itu adalah berupa cairan yang di dalamnya terdapat mikroorganisma (bakteri) hidup. Cara penggunaan Bactery Starter sesuai dengan petunjuk pada masing-masing produk, namun yang perlu di perhatikan dalam penggunaan Bactery Starter adalah gunakan secukupnya saja sesuai petunjuk.

PS BIO
EM4

Bakteri juga perlu tempat tinggal dan berkembang biak.  Dimanakah tempat tinggal bakteri? Bakteri tinggal diantara rongga-rongga media filter. Untuk itulah digunakan beberapa jenis media sebagai tempat persembunyian bakteri antara lain bioball, bacteria house, batu apung dan media lainnya yang memiliki banyak rongga.

Jika anda menggunakan  bioball. maka untuk menghitung berapa banyak bioball yang dibutuhkan dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Cara Menghitung Jumlah Bioball Untuk Kolam Koi

Bactery Starter Membuat air lebih jernih?

Banyak yang mengatakan bahwa setelah menambahkan bactery starter, maka air kolam akan tampak lebih jernih. Bagaimana hal ini bisa dijelaskan?

Air kolam tidak tampak bening atau jernih karena adanya algae atau tumbuhan bersel satu yang tak kasat mata. Algae yang tampak hanya warnanya saja. Algae ada yang berwarna hijau, coklat, merah, bahkan hitam. Oleh sebab itu, jika kolam tidak tampak jernih, maka kemungkinan besar terdapat banyak algae.

Bahkan pada kasus tertentu, air kolam akan tampak hijau pekat, sehingga koi yang ada tak terlihat akibat jumlah algae yang terlalu banyak di dalam air kolam.

Dengan adanya tambahan bakteri yang dituangkan ke dalam ruang filter, maka pertumbuhan algae berkurang, sebab bakteri akan mengurai zat yang diperlukan oleh algae untuk tumbuh. Atau dengan kata lain agar mudah dijelaskan, karena makanan algae dan dan bakteri adalah sama,  maka bakteri ditambah, tentu jumlah algae akan berkurang. Sebab algae tak memperoleh makanan karena telah diurai oleh bakteri. Begitu saja logikanya.

Dengan berkurangnya algae, maka air kolam akan tampak lebih jernih.

Lebih jelasnya bisa dibaca pada artikel berikut ini :

Cara Mengatasi Air Hijau Pada Kolam Koi Anda

Hal-hal penting lainnya terkait penggunaan Bactery Starter :

  • Bactery Starter harus ditempatkan di ruang filter. bukan di dalam kolam. Sebab bakteri memerlukan tempat untuk berlindung dan berkembang biak, yaitu di antara rongga media filter.
  • Tuangkan Bactery Starter sedikit demi sedikit, sesuai petunjuk penggunaan. Jangan menuangkan semuanya, sebab akan terbuang sia-sia. Lebih baik menuangkan sedikit demi sedikit secara teratur, misalnya setiap hari, atau seminggu sekali, sehingga semua bakteri dapat hidup dan bertahan di dalam ruang filter.
  • Jika anda menggunakan bioball dan ruang filter anda terlalu sempit, maka penggunaan bactery starter kurang efektif, sebab bakteri perlu ruang yang cukup untuk berkembang biak. Namun demikian, anda bisa mensiasatinya dengan mengganti media bioball dengan Bacteria House atau Crystal Bio. Memang harganya jauh lebih mahal, namun kapasitas untuk menampung bakteri juga jauh lebih besar.
  • Bactery Starter lebih efektif digunakan untuk menambah bakteri karena adanya penambahan koi yang dipelihara, sedangkan kapasitas ruang filter tetap.

Demikianlah semoga bermanfaat..

#gilakoi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat