Kolam Ikan Koi Yang Baik Bukan yang Airnya Bening

Kolam ikan Koi
Kolam Koi

KOLAM IKAN KOI YANG BAIK

Seperti apa sih Kolam Ikan Koi yang baik itu? Apakah air kolam harus bening, sebening kristal? Apakah yang banyak tanamannya? Atau yang bagaimana?

KOLAM SEBAGAI TEMPAT HIDUP IKAN KOI

Habitat asli koi adalah di sebuah danau yang luas dengan air yang tenang. Disanalah koi dapat hidup dengan nyaman dan berkembang biak. Apakah koi juga bisa hidup dengan nyaman meskipun berada di pekarangan rumah ? Tentu saja bisa. Tapi tergantung seperti apa kondisi kolam yang ditempati koi.

Jika anda berniat ingin membangun kolam koi di rumah, hendaklah yang diutamakan adalah agar koi dapat hidup dengan nyaman dan selalu sehat. Ini adalah hal yang paling penting, sebab jika sebuah kolam hanya mengutamakan dari sisi penampilan fisiknya  saja sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah anda, maka yang akan jadi korban adalah koi anda sendiri.

Dengan demikian bukan berarti bahwa keindahan fisik bangunan kolam itu tidak penting, namun kondisi kolam harus benar-benar di bangun sesuai dengan kebutuhan hidup koi.

KOLAM YANG BAIK

Mungkin ada yang penasaran, seperti apa sih kolam yang baik itu? Kolam yang baik tentu selain sebagai tempat hidup koi juga dapat mempercantik penampilan rumah anda bukan? Berikut ini adalah yang perlu diperhatikan agar kolam koi anda berfungsi dengan baik :

1.Sistem Filter

Hal terpenting adalah membangun sistem flterasi kolam dengan baik dan benar. Mengapa demikian? Sebab kolam adalah bangunan buatan sebagai tempat hidup koi. Kolam Koi dibuat sedemikian rupa agar kondisi airnya menyerupai habitat asli koi. Ini bukan masalah luas atau dalamnya kolam (meskipun diperlukan dimensi  minimal untuk sebuah kolam koi) namun yang harus diutamakan adalah bagaimana caranya agar air kolam dapat dikelola sehingga kualitasnya dapat terjaga dengan baik. Disinilah pentingnya keberadaan sistem filterasi pada kolam koi.

Sebagus apapun bentuk dan penampilan kolam anda, jika tak dilengkapi dengan sistem filter yang baik, tentu akan banyak menimbulkan permasalahan yang menyangkut kesehatan koi anda.

Baca Artikel : “MENGENAL BERBAGAI JENIS FILTERASI UNTUK KOLAM KOI”

2. Lokasi

Dimanakah lokasi kolam yang terbaik? Lokasi kolam yang baik dapat dipilih sesuai dengan keinginan anda sebagai pemilik rumah. Tak ada ketentuan kolam harus dibangun di dalam ruangan (indoor ponds) atau di luar ruangan (outdoor ponds). Terserah  anda saja dalam memilihnya, sebab masing-masing  memiliki kelebihan dan kekurangannya.

3. Populasi Koi

Jumlah koi yang menghuni kolam, juga tak boleh terlalu banyak. Sebab koi perlu ruang hidup yang cukup agar  dapat tumbuh dan berkembang. Hal ini bukan berarti membatasi anda dalam memelihara koi, namun tujuannya adalah agar anda dapat memperoleh hasil terbaik dalam memelihara koi. Populasi koi yang terlalu padat, akan membebani kinerja filter kolam anda. Jika kapasitas filter tidak mencukupi, maka kualitas air akan menurun. menurunnnya kualitas air, akan berakibat buruk pada koi-koi anda.

Baca Artikel : “BERAPA JUMLAH KOI YANG IDEAL?”

4. Kualitas Koi

“Lebih baik memelihara koi sedikit tapi berkualitas”.  Jadi yang diutamakan bukan kuantitas tapi kualitas. Koi yang berkualitas tentu harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan koi yang kualitasnya biasa-biasa saja. Mengapa? Sebab para breeder (petani koi) tidaklah mudah dalam memperoduksi koi dengan kualitas tinggi. Jadi, jika ada koi yang bagus kualitasnya, maka wajarlah jika harganya mahal.

Nah, lalu mengapa harus memelihara koi sedikit dan yang bagus kualitasnya? Yang pertama adalah faktor estetika. Koi yang bagus dengan pola dan warna yang cerah, tentu indah dipandang mata. Yang kedua adalah faktor efisiensi. Dalam memelihara koi,  waktu dan biaya perawatan  yang dibutuhkan untuk setiap ekor koi adalah sama. Oleh sebab itu, lebih baik memelihara  koi yang bagus saja dalam jumlah yang relatif sedikit.

Baca Artikel : BAGAIMANA CARA MENILAI KUALITAS KOI?”

5. Fasilitas Karantina

Ini juga fasilitas  yang wajib anda sediakan, jika anda memiliki kolam koi. Fasilitas karantina diperlukan sewaktu-waktu terutama untuk merawat koi anda yang sedang sakit, atau untuk menampung koi yang baru anda beli. Sebagus apapun kondisi kolam anda, tentu tak bisa menjamin bahwa koi anda akan tetap dalam kondisi sehat. Kadangkala, ada saja koi yang sakit bukan? Atau jika anda ingin menambah koleksi koi, maka koi harus masuk karantina terlebih dahulu sebelum masuk ke kolam utama.

Baca Artikel : “DIAGRAM BAK KARANTINA”

6. Fenomena Air bening

Banyak yang beranggapan bahwa jika air kolam dalam keadaan bening, maka itulah kolam yang baik. Padahal sesungguhnya anggapan tersebut adalah keliru. Koi sesungguhnya tidak membutuhkan air yang bening, tapi yang nyaman bagi mereka untuk hidup. Coba anda lihat kondisi air di habitat asli koi yaitu di sebuah danau. Air yang ada di danau tidak sepenuhnya bening, bahkan terlihat agak kehijauan, bukan? Tapi dengan air yang kehijauan itulah, koi malah dapat tumbuh dengan baik.

Membuat air kolam bening mudah saja. Ganti saja seluruh air kolam dengan air baru, pasti airnya akan bening. Tapi apakah dengan beningnya air membuat koi anda sehat dan selamat?

Air kolam yang bening sebening kristal adalah dambaan setiap pemilik kolam koi. Sebab dengan beningnya air, maka koi yang ada akan tampak indah dan penampilan kolam juga menyenangan. Namun hendaknya anda dapat memastikan bahwa beningnya air adalah sebagai hasil dari proses sistem filterasi yang baik dan benar.

Demikianlah artikel kolam ikan koi yang baik,  semoga bermanfaat.

Cara Membuat Filter Kolam Koi Sederhana

#gilakoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat