GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Mengapa Harus Pakai Lampu UV?

Lampu UV, sebagaimana namanya adalah sebuah lampu yang meghasilkan sinar Ultra Violet (UV). Lampu UV banyak diyakini sebagai senjata ampuh untuk menghilangkan air hijau di kolam koi.

Sepintas tak ada masalah dan memang benar, lampu UV bisa digunakan untuk memberantas air hijau. Namun tak ada salahnya bila kita coba menelaah lebih lanjut, mengapa harus menggunakan lampu UV.

Radiasi Sinar UV

Sebelum jauh melangkah ada baiknya kita tau, apa sih yang disebut sinar Ultra Violet? Ini sangat perlu untuk diketahui oleh kita semua, bahwa Sinar Ultra Violet atau Ultra Ungu secara teoritis adalah sinar dengan panjang gelombang antara 100 s/d 400 mn. Semakin panjang gelombangnya maka semakin besar dampak kerusakan yang ditimbulkan. Sinar UV adalah bagian dari sinar matahari, oleh sebab itu mengapa kulit kita menghitam kala terkena sinar matahari di siang hari adalah dampak dari adanya sinar ini.

Meski demikian Radiasi Sinar UV banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan termasuk diantaranya adalah sterilisasi, sebab sinar ini dalam jarak tertentu dapat membunuh mikroorganisma.

uv_light_plumbing

Skema pemasangan lampu UV

Lampu UV

Apa itu lampu UV? Yaitu lampu untuk memproduksi sinar ultra violet buatan. Karena panjang gelombangnya sama dengan sinar UV pada sinar matahari, maka radiasi dari lampu UV juga memberi dampak kerusakan.

Lampu UV tak bisa memilih mikroorganisma mana yang di rusak atau tidak dirusak, maksudnya adalah bahwa semua mikroorganisma yang terkena sinarnya pada jarak tertentu pasti akan mati, tidak pandang bulu.

Hal ini sangat penting harus kita pahami ketika kita akan menggunakan lampu UV di kolam koi. Sebagaimana kita ketahui, bahwa di dalam air kolam, terdapat banyak sekali mikroorganisma yang tidak kasat mata yaitu berupa bakteri dan Algae (tumbuhan bersel satu).

Sedangkan bakteri yang ada di kolam koi, yaitu dalam hal ini bakteri nitrifikasi, yang sangat bermanfaat untuk mengurai Ammonia, yaitu zat yang dalam kadar tertentu dapat membahayakan keberadaan koi anda.

Jadi, ketika anda menggunakan Lampu UV dengan tujuan untuk membunuh Algae bersel satu penyebab air hijau, maka pada saat yang sama, anda juga telah membunuh bakteri yang bermanfaat tersebut. Oleh sebab itu anda harus menggunakannya dengan benar.

lampu UV

Lampu UV didalam tabung. Air kolam dialirkan kedalam tabung agar terkena radiasi sinar UV yang terpasang didalamnya

Mengapa harus menggunakan Lampu UV

Ini pertanyaan yang sangat mendasar, sedangkan kita tahu, bahwa sinar Ultra Violet bisa merusak bakteri bermanfaat yang ada di kolam koi. Oleh karena adanya dampak pengerusakan pada mikroorganisme, maka sesungguhnya penggunaan lampu UV di kolam koi  sangat tidak disarankan.

Mengapa demikian?

Sebab bila anda sekadar ingin kolam koi anda bening, tentu masih ada cara lainnya, yang lebih bersahabat dengan ekosistem di kolam anda. Terlebih dahulu, usahakan membangun sistem filtrasi yang baik agar air kolam anda bening secara alami, tanpa menggunakan lampu UV. Bangunlah ruang filter yang cukup memadai untuk kolam anda, sehingga proses filter biologi dapat berfungsi dengan baik, atau dapat juga dikombinasikan dengan menggunakan beberapa media untuk membantu mereduksi ammonia dan mempertahankan mutu air kolam.

lampu UV celup

Lampu UV celup, biasanya digunakan di dalam bak karantina koi untuk membunuh bakteri yang merugikan.

Bagaimana bila sudah dipasang Sistem Filter tapi air kolam masih tetap hijau juga?

Apa boleh buat. terpaksa anda pergunakan Lampu UV. Namun yang paling penting adalah anda harus menempatkan lampu UV pada ruang yang tepat.

Dimana sebaiknya dipasang lampu UV?

Tentu di area dimana tidak banyak terdapat bakteri nitrifikasi. Sedikit informasi bahwa bakteri nitrifikasi membutuhkan tempat bersarang untuk membentuk koloni. Jadi tempat dimana banyak terdapat bakteri nirifikasi adalah jelas di ruang filter bukan? Sebab di area kolam, dimana tidak ada sama sekali media untuk bersembunyi, maka bakteri nitrifikasi relatip tidak bisa berkembang biak.

Dan sebaliknya, Algae bersel satu penyebab air hijau, adanya di dalam kolam, dan relatif  sedikit yang berada di dalam ruang filter, sebab Algae bersel satu perlu sinar matahari untuk pertumbuhannya.

lampu UV 3

Lampu UV di dalam tabung

Nah, disini kita sudah bisa memperkirakan, di mana sebaiknya kita tempatkan Lampu UV.

Lokasi Penempatan lampu UV bisa dipilih yaitu di dalam kolam utama, atau di ruang terakhir (last chamber) pada bak filter kolam anda.

Mengapa demikian? Sebab sesuai dengan paparan diatas, di kedua tempat tersebut relatif jarang terdapat koloni bakteri nitrifikasi, sehingga penggunaan lampu UV untuk menghilangkan air hijau di kolam anda menjadi efektip, tanpa banyak merugikan bakteri nitrifikasi.

Demikian semoga bermanfaat.

Salam #GilaKoi

Telah dibaca 2,358 kali, hari ini 12 kali
Updated: 03/09/2017 — 18:44

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi