Tanya Jawab Seputar Ochibashigure, Benigoi dan Kigoi

Ochibashigure

Apa yang harus saya perhatikan ketika membeli Ochibashigure?

Pola Ochibashigure ketika masih Tosai tidak sejelas seperti pada Kohaku. Karena itu, bila mungkin, saya menyarankan anda membelinya setelah usia 2 tahun. Pada Ginrin Ochibashigure, saya sarankan anda lebih memperhatikan Ginrin-nya sebelum pola. Kapan pertama kali Ochibashigure dikembangkan?

Ochibashigure sudah ada 30 tahun yang lalu. Tidak diketahui siapa dan bagaimana menciptakannya. Saat itu, jenis ini tidak diproduksi banyak. Setelah tahun 1990, jenis ini mulai banyak tersedia.

Apakah Doitsu Ochibashigure termasuk jenis baru?

Doitsu Ochibashigure muncul ketika mengawinkan Ochibashigure. Banyak peternak yang mencoba menstabilkan dan memproduksinya. Tahun 2000, Yozaemon (Hiro Koi Farm) akhirnya berhasil memproduksi masal jenis ini. Dengan produksi sekarang saja, kita hanya mendapatkan 5.000 Tosai dan 250 ekor umur 2 tahunan karena proses seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh peternak di Niigata. Jumlah yang terbatas ini didistribusikan kepada para pedagang Koi di Jepang dan negara lain.

Bila ada 50 pedagang di Jepang dan di negara lain, maka masing-masing pedagang hanya mendapatkan 100 Tosai dan 5 ekor umur 2 tahunan. Ini adalah jenis yang sangat bernilai. Bila anda cukup beruntung untuk memilikinya, peliharalah dengan penuh perhatian.

Siapa peternak Ochibashigure yang terkenal?

Sekitar 10 peternak di Niigata menternakkan Ochibashigure biasa. Doitsu Ochibashigure hanya dihasilkan oleh Hiroi Koi Farm.

Apakah Doitsu Ochibashigure banyak diproduksi?

Pada tahun 2000, Hiroi Koi Farm adalah satu-satunya peternak jenis ini. Tahun 2001, mereka berencana menjual 5000 Tosai dan 250 ekor berusia 2 tahunan.

Apa perbedaan Ochiba dengan Ochibashigure?

Keduanya sama. Ochibashigure Kuniyasu Hiroi mengembangkan Ochibashigure untuk menternakkan Doitsu Ochibashigure adalah nama resminya. Sedangkan Ochiba adalah nama pendeknya.

Saya mendengar bahwa pola pada sirip pektoral Ochibashigure juga disebut Motoguro. Motoguro artinya pangkal sirip pektoral berwarna hitam. Karena warnanya pada Ochibashigure tidak hitam, maka kita tidak menyebutnya sebagai Motoguro. Kita menggunakan istilah Motoguro hanya pada jenis seperti Showa Sanshoku, Shiro Utsuri, Hajiro dan Kumonryu yang memiliki warna hitam di pangkal sirip pektoralnya. Warna merah di pangkal sirip pektoral disebut Motoaka. Asagi, Shusui dan Aka Hajiro mempunyai Motoaka. Pada jenis lain, kita hanya mengatakan “Warna coklat di pangkalnya bagus,” atau “pola bergaris itu cantik.”

Yang mana lebih mahal, Chagoi atau Ochibashigure?

Ochibashigure lebih mahal harganya. Tujuan dari para peternak di Niigata adalah mengembangkan Nishikigoi dengan cara membuatnya tumbuh lebih besar, warnanya lebih indah dan polanya yang semakin cantik. Chagoi hanya memiliki satu warna. Tidak ada pola. Ochibashigure memiliki 2 warna dan pola. Karena itu, Ochibashigure harganya lebih mahal.

Para penghobi Jepang tampaknya sangat menyukai Ochibashigure. Apa yang membuat Ochibashigure menarik?
Ya, mereka sangat menyukai Ochibashigure. Kohaku, Taisho Sanshoku dan Showa Sanshoku adalah sebuah keharusan dari permata hidup ini. Mereka sangat indah dan mempesona. Tetapi kita memerlukan peran pembantu yang membuat Koi yang sensasional ini terlihat lebih mempesona. Ochibashigure memang tidak memiliki kilau yang elegan seperti Hikarimono, tetapi semakin anda mengenal jenis ini, anda akan semakin tertarik padanya.

Read More

Apakah semua Ochibashigure memiliki Fukurin?

Ya, kecuali Doitsu Ochibashigure. Selalu ada Koi yang memiliki Fukurin yang tidak kita kenal.

Benigoi

Saya  tidak  mengerti perbedaan antara Higoi dengan Benigoi.

Higoi adalah Koi merah biasa. Benigoi adalah Koi yang kualitas warna merahnya lebih baik.

Siapa yang menternakkan Benigoi?

Hosokai Koi Farm (yang juga terkenal akan Asagi-nya). Panjang indukannya lebih dari 90 cm. Indukan besar seperti ini member ikan kemungkinan menghasilkan anak Koi yang bisa tumbuh besar. Dan juga, Aka Hajiro muncul secara acak dari induk yang sama, jenis ini sangat langka dan bernilai tinggi. Bila anda beruntung melihatnya, cobalah untuk membelinya.

Apakah Aka Hajiro diternakkan secara khusus?

Ya. Aka Hajiro dari Hosokai Koi Farm diternakkan secara khusus.
Seperti Kumonryu yang dikembangkan dari Doitsu Hajiro, apakah ada jenis baru yang dihasilkan dari Doitsu Aka Hajiro?

Belum ada Koi seperti itu. Saya yakin kita akan mempunyai jenis baru seperti itu di masa depan. Semua orang berupaya mengembangkan Kohaku dan Taisho Sanshoku, tetapi hanya sedikit saja yang mencoba mengembangkan Koi satu warna. Hosokai Koi Farm mempunyai pengalaman ketika mengembangkan Asagi. Saya selalu menunggu kabar tentang jenis-jenis baru.

Sirip pektoral Koi di halaman 85 cacat. Seberapa burukkah keadaan itu dalam penilaian? Nilainya dikurangi 5 poin dari 100. Karena bentuk badan dan keindahan Beni-nya sempurna, nilainya 95 poin. Itulah alasannya Koi ini bisa menang dalam Kontes Koi. Bila Koi ini masih muda dan panjangnya hanya 40 cm, badannya masih ramping. Hi-nya belum cukup merah sehingga tidak akan mendapat nilai yang tinggi. Pada saat seperti ini, nilai minus 5 bisa menjadi sangat penting.

Apakah Benigoi mempunyai Fukurin?

Ya. Fukurin akan tumbuh saat panjangnya lebih dari 70 cm. Karena seluruh badannya berwarna merah, Fukurinnya tidak akan sejelas seperti yang terlihat pada Chagoi, Ochibashigure dan Ogon.

Berapa ekor Benigoi yang pantas kita pelihara di kolam?

Seekor Benigoi dan seekor Aka Hajiro paling baik. Saya mendengar dari seorang penghobi Koi di Jepang bahwa baiknya kita memelihara Higoi dan karper hitam di kolam kita. Apakah ini benar?

Di daerah Gifu, ketika menikah, pengantin wanita akan membawa seekor Higoi dan karper hitam. (Ini sebuah adat kuno. Jaman sekarang, sangat sedikit yang mempraktekkannya.) Ini karena Koi diyakini sebagai pembawa kedamaian, umur panjang dan keberuntungan. Ketika seorang anak dilahirkan, kami merayakannya dengan memasang bendera Koi. Berdasarkan tradisi ini, penghobi Jepang memelihara Benigoi dan Karasugoi di kolamnya.

Kigoi

Yang mana yang lebih mahal, Akame Kigoi atau Kigoi biasa?

akame kigoi
Akame (mata merah)

Akame Kigoi lebih mahal. Di kolam, keduanya terlihat sama saja. Akame lebih populer dan lebih mahal harganya.
Anda mengatakan bahwa Kigoi adalah jenis yang sangat murni. Bagaimana jenis ini dapat menjaga kemurniannya?

Karena Gosanke adalah fokus utama dari Nishikigoi, para peternak di Niigata dan daerah lainnya selalu berupaya untuk terus mengembangkannya. Sebagai contoh, mereka menambahkan garis keturunan tertentu untuk mendapatkan Hi yang lebih tebal atau garis keturunan lain untuk mendapatkan bentuk badan yang lebih baik. Sehingga, kemurnian dari garis keturunan ini pada akhirnya semakin melemah. Karena Kigoi hanya memiliki satu warna dan tidak disilangkan dengan garis keturunan lain, maka kemurniannya masih terjaga.

Bagaimana anda membedakan Kigoi yang bagus dengan yang tidak?

Bahkan dari induk yang samapun anda akan mendapatkan 3 tipe warna: kuning-ke-putih, kuning-ke-merah dan kuning. Ketika masih kecil, perbedaannya sangat sulit dikenali. Setelah usianya 2 tahun, akan menjadi lebih jelas. Warna yang disukai adalah tipe kuning tebal.

Pada Kigoi, apakah lebih baik membeli beberapa Koi sekaligus?

Ya, idealnya anda membeli 10 Kigoi dan memeliharanya hingga usia 2 tahun. Kemudian, anda sisakan 3 ekor yang terbaik (yang kuningnya paling tebal). Akhirnya, setelah usianya 3 tahun, anda bisa putuskan untuk memelihara satu ekor yang terbaik diantaranya.

Darimana Kigoi berasal?

Apakah anda tahu ada Rainbow Trout berwarna kuning? Ikan ini muncul secara kebetulan saja. Kita sudah menyilangkan berbagai garis keturunan untuk menciptakan Nishikigoi yang indah, tetapi seperti Rainbow Trout, Kigoi muncul begitu saja pada saat yang hampir sama dengan kemunculan Asagi.
Apakah Platinum benar-benar berasal dari Kigoi? Ya. Platinum diciptakan dari penyilangan Nezu Ogon (Ogon berwarna perak-keabuan) dengan Kigoi. Dengan hanya menternakkan Nezu Ogon saja, kita tidak akan pernah mendapatkan Platinum. Dengan menambahkan jenis Kigoi yang sangat berbeda dan murni, maka kilau perak-keabuan berubah menjadi putih bersih atau Platinum.

Apakah ada yang secara khusus menternakkan Kigoi?

Bapak Hiroi yang sudah menstabilkan Ochibashigure, menternakkan Kigoi yang bagus setiap tahunnya.
Terus terang, saya pikir Kigoi tidak indah. Bagaimana menurut anda?

Saya kira itu karena anda belum pernah menemukan Kigoi yang benar-benar indah. Mereka belum menunjukkan keindahan aslinya hingga panjangnya mencapai 70 cm. Sulit sekali mengabaikan Koi seindah itu.

Menurut anda jenis apa yang bisa diturunkan dari Kigoi di masa yang akan datang?

Pertama, kita bisa menguatkan kilau Hikarimono. Sebagai contoh, mencampurkannya dengan Kin Showa, saya kira bisa meningkatkan kualitas kilaunya. Selain itu, penyilangan dengan jenis murni lainnya seperti Asagi bisa menciptakan jenis yang baru.

Mamoru Kodama – Kokugyo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.