GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Grand Champion All Japan Koi Show 2016

Apa itu Grand Champion ?

Grand Champion (Sogoyusho) adalah gelar juara tertinggi dalam sebuah kontes koi (Koi Show). Apa saja kriteria seekor koi bisa meraih gelar Grand Champion?

Sebagaimana kita ketahui, bahwa dalam sebuah lomba kecantikan koi, atau yang populer dengan acara kontes koi, juri akan memilih koi yang terbaik dari seluruh koi peserta kontes. Terbaik dalam arti koi memenuhi ukuran dan kualitas terbaik.

Dalam Kontes koi, biasanya pada akhir acara penjurian, para juri kontes berkumpul dan masing-masing mengusulkan koi terbaik untuk diajukan sebagai calon Grand Champion. Bila pesertanya banyak, maka dipilih 5 koi terbaik untuk dilakukan pemilihan melalui voting.

Kriteria koi yang layak menjadi Grand Champion diantaranya adalah memenuhi ukuran panjang badan setidaknya diatas 80 cm, dan memiliki kualitas yang terbaik di kelasnya. Dengan demikian, Koi yang terpilih sebagai Grand Champion, dengan sendirinya menyabet gelar Best in Size (Kokugyo) dan Best In Varities. Grand Champion tidak harus koi yang memiliki badan terbesar atau terpanjang, namun setidaknya termasuk kategori big size yaitu lebih dari 70 cm.

Gelar Grand Champion menjadi sangat bergengsi sebab telah memperoleh pengakuan dari para juri pada suatu event Koi Show, dan sudah barang tentu, koi pemenang Grand Champion menjadi kebanggaan pemiliknya dan makin menambah nilai jualnya.

Selain itu Grand Champion sesungguhnya adalah sebagai simbul ketekunan, kesetiaan, pengorbanan dan kasih sayang pemilik kepada koi yang dipeliharanya. Sebab tak mudah memelihara koi hingga mampu memperoleh gelar Grand Champion, perlu waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

All Japan Koi Show 2016

poster_small-422x600Belum lama ini telah dilaksanakan perhelatan akbar di Jepang yaitu All Japan Koi Show yang berlangsung pada tanggal 30 dan 31 Januari 2016 di Tokyo Ryutsu Centre, Jepang. Acara Kontes Koi yang sangat bergengsi ini diikuti oleh para peserta dari seluruh penjuru dunia dan mengikutsertakan tidak kurang 1.700 koi dari berbagai varitas dan ukuran.

Dalam event ini, hampir seluruh ukuran dan varitas dipertandingkan diantaranya terbagi dalam beberapa kategori :

  • Baby Champion (15bu-25bu)
  • Young Champion (30bu-40bu)
  • Adult Champion (45bu-55bu)
  • Mature Champion (60bu-70bu)
  • Superior Champion (75bu-80bu)
  • Jumbo Champion (85bu-90bu)
  • Mature Male Champion (up to 70bu)
  • Superior Male Champion (over 70bu)

Nah, setelah juri menentukan para pemenang masing2 kategori tersebut, maka tibalah giliran memilih sang juara utama yaitu Grand Champion. Dan pemenangnya adalah sebagaimana gambar berikut ini :

 

Grand Champion Koi

Grand Champion – All Japan Koi Show 2016

 

Kohaku diatas populer dengan nama Nishikagawa, female (betina) dan hasil budidaya Dainichi Koi Farm, Aichi Perfecture, Jepang. Umurnya 8 tahun dan panjang panjang badannya mencapai 94 cm.

Pemiliknya adalah Mr Pan Zhi Cheng, pehobi berat koi asal Guangdong Cina.

Yang sangat menarik adalah bahwa Pan Zhi Cheng adalah pehobi koi pertama yang berhasil menjadi pemenang pada 4 besar kontes koi di Jepang yaitu selain AJKS 2016 ini,  juga the ZNA Koi Show, Rinyukai Koi Show, Wakagoi Koi Show yang dilaksanakan pada tahun 2015 lalu.

Berikut ini berbagai pose sang juara..

grand champion 2 grand champion 3 grand champion head grand champion back

Bila anda masih penasaran, silakan menyaksikan penampilannya melalui video berikut ini :


Salam #GilaKoi

Telah dibaca 5,019 kali, hari ini 9 kali
Updated: 13/01/2017 — 02:09

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi