Ikan Koi Harus Diberi Pakan Berapa Kali dalam Sehari? Inilah Jawabannya

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki ciri khas. Ciri-ciri ikan koi dapat dilihat dari tubuhnya yang ramping dengan sisik yang besar dan berwarna-warni.

Ikan koi kini menjadi salah satu ikan hias yang sangat populer di kalangan banyak orang, terutama pecinta ikan.

Jika Anda memiliki kolam buatan tanpa sumber makanan alami, Anda harus memberikan pakan secara teratur untuk ikan Anda. Jika Anda memiliki kolam ekosistem, ikan koi Anda dapat hidup dari apa yang disediakan lingkungannya dalam bentuk alga, serangga, tumbuhan, dll. 

Memberi pakan ikan koi menjadi salah satu pertanyaan bagi pemula pembudidaya ikan koi. Dalam artikel ini akan membahas mengenai berapa kali Anda harus memberi pakan ikan koi dalam sehari. Yuk simak berikut penjelasannya.

Berapa Kali Sehari Ikan Koi Harus diberi Makan?

Aturan pemberian pakan ikan koi, yaitu harus memperhatikan jumlah pakan yang diberikan. Pemberian pakan jangan sampai kekurangan atau berlebihan.
Adapun makanan sehat yang bisa diberikan untuk ikan koi adalah pelet, cacing sutra, bayam, kangkung, cacing darah, ganggang, udang, sampai kutu air.

Umumnya ikan koi perlu diberi pakan 2 hingga 4 kali sehari. Pada setiap sesi pemberian makan, berikan koi makanan sebanyak yang bisa mereka makan dalam 5 menit. Harap sesuaikan jumlah makanan dan frekuensi pemberian pakan berdasarkan ukuran ikan dan seberapa aktifnya. Koi membutuhkan lebih banyak makanan di musim panas dan hampir tidak membutuhkan makanan selama musim dingin.

Takaran Pakan yang Harus diberikan kepada Koi

Pembudidaya ikan koi harus mengetahui takaran pakan yang akan diberikan kepada kan koi kesayangan Anda. Berikut takarannya.

  • Pemberian pakan untuk anak ikan koi yang umurnya kurang dari 1 tahun dengan ukuran panjang tubuh 15-25 cm adalah 5% dari berat tubuh anak ikan koi atau 2,5 – 5 gr/ekor/hari.
  • Pemberian pakan ikan koi usia 2 tahun dengan panjang tubuh 25-45 cm dan beratnya 100-200 gr adalah 5% dari berat tubuh ikan atau 5-10 gr/ekor/hari.
  • Pemberian pakan ikan koi dewasa umur 3 tahun lebih dengan panjang tubuh 45-65 cm dengan berat tubuh 500-1 kg adalah 5% dari berat tubuhnya atau 20-50 gr/ekor/hari.

Seberapa Sering Ikan Koi Harus diberi Pakan?

Read More

Aturan umumnya adalah Anda bisa memberi makan ikan koi 2 hingga 4 kali sehari, tergantung seberapa besar dan aktif ikan Anda. Namun perlu diingat bahwa memberi makan berlebihan bisa sama merugikannya dengan memberi makan kurang.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat memberi makan ikan koi Anda adalah suhu.

Pada suhu antara 66°F dan 70°F, koi harus diberi makan sekali atau dua kali sehari. Pada suhu yang sedikit lebih hangat antara 71°F dan 75°F, mereka harus diberi makan 2 hingga 4 kali sehari. Pada suhu antara 76°F dan 80°F, mereka dapat diberi makan 2 atau 3 kali sehari.

Dalam cuaca panas, ketika suhu air 28°C hingga 28°C, beri makan koi hanya setiap dua hari sekali. Pada suhu di atas 86°F, koi tidak akan makan banyak, jadi kurangi pemberian makan seminimal mungkin.

Di musim dingin, ketika suhu air di bawah 4°F, Anda tidak boleh memberi makan ikan koi karena mereka tidak dapat makan pada suhu sedingin ini. Metabolisme mereka melambat dan mereka tidak terlalu aktif.

Di musim semi, saat suhu air mulai meningkat antara 41°F dan 50°F, beri makan ikan koi sekali atau dua kali seminggu. Saat air menghangat dari 50°F hingga 55°F, tingkatkan pemberian makan menjadi 2 hingga 3 kali seminggu.

Pada pertengahan hingga akhir musim semi & awal musim panas, saat suhu air mencapai 16°F hingga 60°F, beri makan koi 3 hingga 4 kali seminggu. Saat suhu air mencapai antara 61°F dan 65°F, beri mereka makan 4 hingga 5 kali seminggu.

Itulah penjelasan mengenai pemberian pakan ikan koi dalam sehari.

 

Related posts