JOIN NOW

Cara Menghitung Kebutuhan Pakan Ikan Koi

pakan ikan koi

Menghitung Berat Pakan Ikan Koi

Memberi pakan kepada koi-koi kesayangan anda adalah hal yang harus dilakukan dalam rangka memelihara koi agar dapat tumbuh dengan baik. Namun demikian, cara pemberian pakan yang keliru, justru akan memberi dampak negatif terhadap kesehatan dan pertumbuhan koi.

Banyak pemelihara koi yang tidak mengerti, atau salah memahami bagaimana memberi makanan ikan koi yang benar. Seringali terjadi salah kaprah, terutama jika anda menginginkan agar koi anda cepat tumbuh besar, dengan cara memberi pakan koi  dalam jumlah yang banyak.

Jangan memberi pakan terlalu banyak (over feeding) sebab akan terbuang sia-sia dan mencemari air kolam

Sangat sering terjadi pada para pemelihara koi ketika memberi pakan dalam jumlah yang berlebihan (over feeding). Mungkin tujuannya  agar koi bisa cepat tumbuh besar, namun justru pemberian pakan yang berlebihan tidak akan memberi dampak apapun terhadap kecepatan pertumbuhan koi.

Mengapa demikian?

Sebab di dalam sistem pencernaan koi, tidak seperti hewan peliharaan lain (kucing/anjing dll), koi  tidak memiliki  lambung untuk mengolah makanan yang masuk. Jadi, jika anda memberi pakan secara berlebihan, maka akan terbuang begitu saja menjadi kotoran dan sama sekali tidak ada efeknya terhadap pertumbuhan koi, justru akan menambah kotoran koi dan mencemari air kolam.

Untuk diketahui, koi hanya membutuhkan berat pakan 2-3 % dari berat tubuhnya per hari. Makin besar/berat badan koi, maka kebutuhan makanan ikan koi juga semakin sedikit secara proporsional.

Koi yang masih kecil (ukuran dibawah 30 cm) memerlukan jumlah pakan per hari yang lebih besar dibandingkan koi yang sudah besar (ukuran diatas 30 cm).  Biasanya untuk koi kecil membutuhkan pakan sebanyak 3-5 % dari berat tubuhnya, sedangkan untuk koi besar cukup hanya 2 % saja.

Menghitung Berat Koi

Berikut ini adalah tabel perkiraan ukuran panjang koi dan berat badannya

pakan ikan koi

Oleh sebab itu, untuk menghitung berat pakan ikan koi, terlebih dahulu perlu diperkirakan berapa berat badan seluruh koi yang ada di kolam anda.

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah ‘bagaimana caranya mengetahui berapa berat badan seluruh koi yang ada?’ Apakah harus ditimbang satu-per satu?

Tentu saja tidak. Dengan menggunakan Tabel diatas, maka akan memudahkan anda untuk memperkirakan berat badan seluruh koi ang ada.

Ilustrasi Perhitungan Pakan Ikan Koi

Sebagai ilustrasi, misalnya anda memiliki 10 ekor koi, yang panjangnya rata2 25 cm. Sesuai tabel diatas berat koi dengan size 25 cm sekitar 300 gr/ekor. Jadi 10 ekor x 300 gr = 3.000 gr atau 3 Kg.

Jika badan semua koi anda adalah 3 Kg, maka pemberian pakan sehari cukup 3 % saja dari berat total yaitu 90 gr per hari, atau jika dihitung per bulan maka 90 gr x 30 hari = 2.700 gr atau 2,7 Kg per bulan.

Aplikasi

Jika anda tak mau repot menghitung secara manual, gunakan aplikasi berikut ini :

Baca juga yang ini..

Hitung Biaya Pembuatan Kolam Koi, Diameter BD dan Pipa Chamber

Daftar Isi1 Komponen Penting Dalam Sistem Filterasi Kolam Koi1.1 1. Volume Kolam dan Anggaran Biaya1.2 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.