Cacing Merah Pada Filter Kolam Berbahayakah ? Yuk Simak

Gilakoi.com – Buat kalian yang memiliki kolam ikan dan mengecek filter kolam dan tiba-tiba muncul cacing merah kecil-kecil janganlah kaget karena itu adalah hal yang wajar.

Cacing merah atau biasa disebut cacing darah (bloodworm) ini muncul karena filter kolam kalian sudah mature alias sudah baik.

Cacing darah yang mempunyai nama Chironomus sp ini dapat berubah menjadi jentik nyamuk. oiya cacing darah berbeda ya dengan cacing sutera yang biasa dijual hidup-hidup di toko ikan. Cacing darah sendiri biasa dijual dengan dibekukan.

Adapun manfaat timbulnya cacing darah di filter kolam kalian. diantaranya :

1. Sebagai Pakan Alami

Cacing darah termasuk pakan alami yang sangat disukai ikan hias dan juga cacing darah ini mempunyai protein yang tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan ikan. Pernakah kalian mendengar ikan dikolam tetap besar padahal tidak dikasih makan ? mungkin saja ikan tersebut memakan cacing darah yang berasal dari filter atau memakn lumut dan plankton.

2. Salah Satu Pertanda Filter dan Kolam Sudah Mature

Apa itu filter dan kolam yang mature ? yaitu sebuah ekosistem didalam air yang dibentuk seperti alam atau lebih jelasnya sudah timbulnya bakteri-bakteri yang diperlukan oleh kolam.
Itulah 2 manfaat jika kolam kalian ada cacing merahnya.

Habitat Cacing Darah

Cacing darah bisa disebut juga sebagai serangga air karena cacing darah dapat berubah menjadi nyamuk. Berbeda dengan jentik nyamuk yang hidup dipermukan air. cacing darah hidup didasar perairan seperti di substrat.

Cacing Merah/Cacing Darah Tidak Berbahaya Bagi Ikan

Cacing merah bukanlah parasit sehingga cacing ini tidak dapat mengancam kesehatan ikan kalian. Malah yang ada nanti cacing tersebut dimakan oleh ikan kalian.
Bisa dijual
Ini hanya bercanda aja sebagai tambahan tetapi sangat benar jika cacing merah ini bisa dijual sebagai pakan ikan hias kecil contohnya ikan guppy dan ikan cupang. Harga cacing darah yang biasa dijual kalian bisa lihat di Daftar Harga Cacing Darah Beku Terbaru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.