Cara Pemeliharaan dan Perawatan Ikan Lion Fish di Aquarium

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya admin sudah memberikan informasi mengenai Fakta Unik Lion Fish yang Hidup di Dalam Lautan, dan dikesempatan ini juga admin akan membahas mengenai pemeliharaan ikan lion fish di akuarium.

Ikan Lion Fish yang juga dikenal sebagai ikan lepu ayam bisa menjadi salah satu pilihan penghuni akuarium khususnya akuarium air laut. Namun harus diperhatikan, selain cantik ikan ini memiliki duri yang sangat beracun.

Ikan Lion fish ini memiliki sirip- sirip panjang yang mengembang ketika berenang dan warna campuran seperti merah, putih, hitam, kuning, atau bahkan krim kecoklatan. Menjadi predator puncak, lion fish telah menjadi spesies invasif di beberapa samudra. Meskipun lionfish adalah ikan yang berenang lambat, ikan kecil atau invertebrata yang terlalu dekat dapat menjadi makan siang.

Gambaran Umum Spesies Lion Fish

Nama Umum: Lionfish, zebrafish, firefish, turkeyfish, butterfly-cod, red lionfish, peacock lionfish, red firefish, scorpion volitans, devil firefish

  • Nama Ilmiah: Pterois volitans dan Pterois miles (spesies lain dalam genus Pterois), Varietas kerdil Dendrochirus spp.
  • Ukuran Dewasa: 12 hingga 15 inci
  • Harapan Hidup: 10 sampai 15 tahun

Warna dan Tanda Lion Fish

Ikan singa dikenal dengan warna merah dan putihnya yang cerah dengan sirip yang memanjang. Awas! Sinar sirip panjang ini mengandung racun kuat yang melindungi ikan, tetapi dapat melukai pemilik yang tidak sadar. Jika Anda kurang beruntung sehingga tidak sengaja tersengat ikan singa Anda, segera rendam luka di air terpanas yang Anda bisa tahan. Panas akan memecah protein dalam racun. Dianjurkan agar Anda menerapkan perawatan ini dalam perjalanan Anda ke dokter atau rumah sakit untuk menerima perawatan medis yang lebih maju.

Warna ikan singa dapat berkisar dari yang berani, merah cerah hingga merah anggur atau merah marun yang lebih gelap. Sirip tanpa duri berbisa biasanya hampir transparan dengan bintik-bintik coklat tua, hampir hitam.

Habitat dan Perawatan Ikan Lion fish

Aspek terpenting dari habitat ikan singa adalah banyak ruang untuk berenang. Duri mereka yang berbisa memakan banyak ruang dan ikan Anda tidak akan berkembang dengan baik jika mereka terus terjebak di dekorasi. Pertahankan dekorasi Anda minimal atau sediakan banyak ruang renang terbuka.

Lionfish relatif mudah dirawat, tetapi sangat penting untuk menjaga kimia air yang baik. Ikuti rutinitas perawatan rutin dan pastikan untuk memeriksa kandungan kimia air Anda secara teratur.

Diet dan Pemberian Makan Lionfish

Ikan Lion fish adalah predator puncak dan membutuhkan makanan karnivora. Sebagian besar pakan pelet komunitas air asin harus dilengkapi dengan udang, ikan, atau cumi beku. Anda mungkin tergoda untuk memberi makan ikan singa hidup dengan makanan hidup, seperti ikan mas atau krustasea, tetapi perlu diingat bahwa ini adalah metode umum penyakit masuk ke akuarium Anda. Anda harus mengkarantina semua tambahan langsung untuk menjaga sistem Anda tetap aman dan sehat.

Read More

Perbedaan Ikan Lion Fish Jantan dan Betina

Tidak ada perbedaan eksternal antara ikan lion fish jantan dan betina. Mereka serupa dalam ukuran dan penampilan, terlepas dari jenis kelamin mereka.

Anda mungkin bisa memberi tahu jantan dari betina saat lionfish Anda mencapai kematangan reproduksinya dan menunjukkan isyarat perilaku. Anda mungkin melihat ikan Anda membentuk pasangan dan mengambil alih wilayah kecil, atau seekor jantan akan mengejar jantan lain untuk membangun koloni pembiakannya.

Mengembangbiakkan Lionfish

Lionfish adalah spesies invasif di banyak bagian dunia berkat strategi reproduksinya. Mereka menjadi dewasa secara reproduktif dalam waktu kurang dari satu tahun dan merupakan pemijahan yang produktif. Di alam liar, beberapa ikan singa telah diamati bertelur lebih dari dua juta telur per tahun.

Lionfish dapat dibiakkan di penangkaran, dengan beberapa spesies berkembang biak secara berpasangan atau berkelompok, yang dikenal sebagai harem. Seperti halnya membiakkan sebagian besar ikan di penangkaran, beri lionfish Anda banyak ruang ekstra, sebaiknya di tangki pembiakan terpisah.

Betina akan meletakkan massa telur yang lengket, dengan jantan mengikuti di belakang untuk membuahinya. Beberapa spesies memiliki perilaku pacaran tertentu yang mungkin perlu Anda perhatikan agar berhasil membiakkan ikan Anda. Namun, sebelum membiakkan lionfish, pastikan Anda memiliki rencana untuk mengelola semua bayi yang diproduksi.

Itulah Cara Pemeliharaan dan Perawatan Ikan Lion Fish di Aquarium yang dapat admin sampaikan, informasi ini kami ambil dari berbagai sumber di internet. semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.