Penyebab Ikan Tidak Mau Makan

Gilakoi.com – Dikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai penyebab ikan tidak mau makan, bagi para peternak atau pembudidaya ikan tentunya akan sangat merasa geisah apabila ikan yang mereka pelihara tidak mau makan, karena jika ikan tidak mau makan akan menyebabkan beberapa masalah salah satunya ikan akan mudah sakit dan kurus.

Apabila ikan yang anda pelihara tiba-tiba tidak mau makan, janganlah panik dulu,kita harus cari tahu penyebab kenapa ikan yang kita pelihara tersebut tidak mau makan, jadi jangan malah membiarkannnya, karena hal tersebut bisa mengakibatkan kualitas pada ikan tersebut turun ataupun malah terkena penyakit.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui penyebabnya silahkan simak artikel ini sampai selesai. Ada banyak faktor yang membuat ikan mogok makan diantaranya :

1. Stress

Ikan yang stress dapat membuat ikan menjadi sakit sehingga ikan tersebut kehilangan nafsu makannya. Ciri-ciri ikan stress biasanya ikan tersebut menyendiri dan diam dipojokan aquarium atau kolam serta warnanya biasanya akan memudar.

Solusinya kalian bisa pisahkan ikan yang stress ke aquarium karantina atau pengobatan dan diberi obat anti stress ikan. Jika ikan stress dibiarkan dan tidak dirawat akan menyebabkan kematian pada ikan tersebut.

2. Kualitas Air Buruk

Faktor air dalam memelihara ikan merupakan faktor yang paling utama. Sebab ikan hias cenderung sensitif terhadap perubahan kualitas air. Air yang mengandung unsur-unsur negatif seperti banyaknya kandungan amoniak pada air dalam aquarium akan menyebabkan ikan menjadi sakit dan mogok makan.

Tak hanya amoniak, ph air yang berubah-ubah juga dapat membuat ikan stress dan sakit dan juga kandungan oksigen terlarut dalam air juga sangat dibutuhkan dalam memelihara ikan hias.

Solusinya ialah perbaiki kualitas air dengan menjaga agar kualitas air tidak mudah berubah-ubah dan untuk amoniak perhatikan kapasitas filter dengan ukuran aquarium dan juga banyaknya ikan yang dipelihara harus seimbang.

3. Ikan Sakit

Penyebab ikan tidak mau makan yang ketiga ialah jondisi ikan memang dalam kondisi sakit. Ikan yang sakit entah itu sakit white spot, kutu jarum, ikan kembung dan lain-lain dapat membuat ikan nafsu makannya menurun. Solusinya sama seperti pada nomor 1 yaitu diobati dan dikarantina dahulu ikan yang sakit sampai penyakitnya sembuh.

Read More

4. Air Dingin

Faktor air dingin juga dapat membuat ikan tidak mau makan loh. Ini bukanlah penyakit sih hanya saja memang jika air aquarium atau kolam sangat dingin ikan akan lebih berasa kenyang lebih lama dibandingkan di air normal dan air hangat.

Contoh kasus pada farm ikan koi di jepang yang terkena cuaca bersalju. Ikan koi disana bisa tidak makan selama musim dingin. Solusi dalam hal air dingin ini kalian bisa menggunakan heater ( Pemanas khusus aquarium ) supaya suhu air bisa di setting menjadi lebih hangat.

5. Jenis Pakan Yang Tidak Biasa

Jenis pakan yang bergonta ganti juga dapat membuat ikan malas makan. Hal itu terjadi karena ikan tidak terbiasa mencium aroma pakan tersebut sehingga ogah memakannya. Solusi pada kasus ini kalian bisa puasakan terlebih dahulu ikan kalian selama 3 samai 5 hari lalu beri pakan yang baru sedikit demi sedikit hingga ikan kalian terbiasa memakanannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.