Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Stres

Gilakoi.com – Diartikel sebelumnya sudah admin bahas mengenai jenis dan hara ikan louhan, dan diartikel ini juga admin akan membahas informasi mengenai Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Stres. Ikan Louhan merupakan ikan yang banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. ikan ini memiliki ciri yaitu warnanya yang cerah serta bagian depan kepala yang jenong.

Lalu apakah ikan louhan bisa mengalami stres? jawabannya iya, karena ikan louhan juga sama seperti ikan hias yang lainnya apabila kurang perawatan bisa mengakibatkan stres. dan Stress pada ikan dapat mengundang berbagai penyakit ikan, karena pada kondisi stress maka daya tahan tubuh ikanpun menjadi lemah.

Ada banyak faktor penyebab ikan louhan stres, salah satunya mulai dari lingkungan hingga perawatan ikan louhan yang kurang tepat. dan apabila kita membiarkan ikan tersebut terus menerus stres bisa berakibat fatal dan bisa saja berujung kematian.

Maka dari itulah, terlebih dahulu anda harus tahu gejala atau ciri ciri ikan louhan yang mengalami stres seperti apa, supaya kita bisa segera melakukan perawatan pada ikan tersebut.

Ciri Ciri Ikan Louhan Stres

  1. Biasanya nafsu makan ikan louhan akan berkurang, bahkan menurun secara drastis. Yang biasanya mau makan dengan lahap, bisa tidak mau makan sama sekali.
  2. Yang kedua, bisa kamu lihat dari fisik ikan, ikan yang sedang stres biasanya warnanya pucat dan memudar.
  3. Ikan louhan juga akan terlihat gelisah, terbukti jika dia akan kaget jika ada sesuatu yang mendekatinya, misalnya saja saat kamu mendekati aquarium ikan seperti kelabakan dan ketakutan.
  4. Selanjutnya, ciri cirinya bisa terlihat dari jenongnya, yang tadinya menonjol bulat ideal bisa berubah dan kempis.
  5. Dan yang terakhir, apabila ikan sedang stres biasanya ikan akan cenderung sering menyediri di sudut kolam.

Cara Mengatasi Ikan Louhan Stres

1. Jaga Suhu Aquarium dengan baik

Salah satu faktor penyebabnya adalah karena ia tidak nyaman dengan suhu air aquarium saat ini, atau karena suhu tidak stabil yang sering berubah ubah.Untuk mengatasinya kamu bisa memasang water heater untuk mengontrol suhu air supaya ideal untuk hidup ikan louhan, yaitu sekitar 28 sampai 31 derajat celcius.

2. Pantau Kondisi Keasaman Air Aquarium

Pada kondisi air yang terlalu asam, dapat menyebabkan ikan menjadi tidak nyaman dan stres. Untuk itu kamu perlu mengontrol kondisi keasaman air aquarium, kamu bisa menggunakan alat bernama pH meter. Apabila kondisi air memang terlalu masam, kamu bisa memberi air rendaman daun ketapang, secukupnya saja guna menaikan pHnya.

3. Pindahkan ke Aquarium karantina

Jika sudah dilakukan beragam penanganan tadi, ikan tak kunjung membaik, kamu bisa mencoba memindahkan ikan louhan ke aquarium lain untuk dilakukan karantina. mSiapkan aquarium yang benar benar ideal untuk ikan louhan, dan juga pasang perlengkapan aquarium secara lengkap, mulai dari filter hingga lampu aquarium.

4. Berikan Makanan Secara Teratur

Salah satu faktor yang paling cepat mempengaruhi ikan louhan supaya bisa cepat membaik adalah dengan memberinya makanan yang bernutrisi. Apabila ikan belum mau makan juga, sebaiknya kamu memberinya obat penambah nafsu makan ikan ataupun multivitamin tertentu untuk menunjang nafsu makan ikan.

Demikianlah Ciri Ciri dan Cara Mengatasi Ikan Louhan Stres yang dapat admin sampaikan, apabila ikan louhan yang anda pelihara stres, silahkan bisa menggunakan cara-cara yang sudah admin sampaikan diatas. semoga bermanfaat!

Read More

Related posts