Home / Pemeliharaan / Ini yang Harus Dilakukan Ketika Koi Baru Masuk Kolam

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Koi Baru Masuk Kolam

Menambah koleksi koi baru untuk dipelihara di kolam tak boleh sembarangan. Mengapa demikian? Sebab koi yang baru masuk ke kolam utama, dalam kondisi stres atau setidaknya perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi air kolam.

Tak sedikit para pemelihara koi yang tidak sabar ingin melihat koi yang baru dibelinya itu segera berenang di kolam bersama koi-koi yang sudah ada. Akibatnya, koi yang baru datang mendadak sakit dan bahkan dampak yang lebih buruk lagi adalah membuat koi-koi lainnya juga ikut terserang penyakit.

Koi di dalam fase karantina

Oleh sebab itu, ketika anda ingin memasukkan koi baru ke dalam kolam utama, maka untuk mengurangi resiko kematian koi, maka sebaiknya lakukan hal-hal sebagai berikut ini :

  1. Koi Baru wajib masuk karantina.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika anda membeli koi baru adalah jangan pernah langsung memasukkannya ke kolam utama. Untuk diketahui, koi yang baru saja anda beli, tentu dalam kondisi stres, sebab ketika dalam perjalanan menuju ke rumah anda, koi berada di dalam kantong plastik beroksigen yang sempit. Dalam kondisi seperti inilah, koi anda akan mengalami stres. Hal ini ditandai dengan koi yang melompat-lompat ketika berada di dalam kantong beroksigen.

Untuk itu, sangat disarankan agar koi yang baru datang agar dirawat terlebih dahulu di dalam bak karantina. Selain untuk mengembalikan kondisi koi agar kembali normal, juga untuk memastikan bahwa koi dalam kondisi sehat atau tidak sedang terserang penyakit.

Mengenai perawatan koi di dalam bak karantina dapat di baca pada artikel lainnya di situs ini atau klik disini.

GILA KOI – The Indonesian Koikichi

2. Pasca Karantina

Setelah menjalani fase karantina, yang memakan waktu sekitar 7 sampai 14 hari, maka diharapkan kondisi koi sudah dalam keadaan normal dan pastikan bahwa koi anda benar-benar sehat. Tibalah saatnya untuk memasukkan koi tersebut ke dalam kolam utama.

Namun demikian, agar semuanya aman, maka lakukan hal-hal berikut :

a. Tidak memberi pakan pada koi lama

2 (dua) hari sebelum memasukkan koi baru, maka untuk koi-koi yang sudah ada di kolam jangan diberikan pakan.  Mengapa ini harus dilakukan, sebab untuk menjaga kualitas air kolam agar tetap stabil.

Sebagaimana diketahui, bahwa jika anda memberi pakan, maka koi akan mengeluarkan kotoran yang dapat membuat kualitas air kolam menurun.

b. Tidak memberi pakan pada koi baru

Koi yang baru masuk kolam utama, perlu waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan kondisi air kolam. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan diberi pakan dulu selama 3 atau 4 hari.

Selama dalam kondisi puasa, air kolam anda tentu akan menjadi lebih jernih dari biasanya, sebab tak ada sedikitpun kotoran koi di dalam kolam. Dalam kondisi ini, amati perkembangan kondisi koi yang baru. Apakah sudah tampak sehat dan berenang aktif sebagaimana koi-koi lainnya.

Jika dalam waktu 3-4 hari, koi baru dalam kondisi sehat, maka hari berikutnya boleh diberikan pakan, namun sedikit saja. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui, apakah koi baru sudah punya nafsu makan yang baik.

c. Pemberian pakan setelah 7 hari

Setelah berjalan 7 hari sejak koi lama dipuasakan, maka pada hari ke 8, koi sudah boleh diberikan pakan secara teratur seperti yang dilakukan sebelumnya.

Dengan demikian, niscaya koi baru anda sehat, dan koi-koi lama anda juga aman-aman saja.

Demikianlah semoga bermanfaat..

#donibastian

Telah dibaca 807 x, hari ini 6 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Harga Rp. 200.000,-

Pre Order Now

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat