isi Halaman
Home / Pakan / Inilah yang Terjadi Jika Memberi Pakan Koi Sembarangan

Inilah yang Terjadi Jika Memberi Pakan Koi Sembarangan

pakan koi

Koi adalah jenis ikan pemakan segala. Segala jenis makanan yang anda berikan akan dilahap habis oleh koi. Namun demikian tahukah anda bahwa koi memerlukan nutrisi tertentu untuk perkembangan tubuh dan kesehatannya?

Koi bukanlah seperti ikan mas konsumsi, meskipun mereka masih serumpun. Jika ikan mas konsumsi dipelihara oleh petani ikan dengan tujuan dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi, maka pakan yang diperlukan juga disesuaikan untuk percepatan pertumbuhan berat badan ikan. Tidak demikian halnya dengan Koi. Koi dipelihara di dalam kolam sebagai ikan hias, bukan untuk dikonsumsi.

Sebagai ikan hias, maka Koi memerlukan penampilan fisik dengan pola dan warna serta bentuk badan yang indah, ibarat seorang model yang berjalan di lantai catwalk. Tanpa penampilan warna yang indah, maka fungsi koi sebagai ikan hias tentu akan berkurang kualitasnya.

Oleh sebab itu, pakan khusus untuk ikan lele, ikan mas, ikan patin dan ikan konsumsi lainnya tidak cocok untuk diberikan kepada koi.

Pakan khusus untuk ikan lele, ikan mas, ikan patin dan ikan konsumsi lainnya tidak cocok untuk diberikan kepada koi

Pertumbuhan badan dan warna pada koi, sangat dipengaruhi oleh makanannya. Selain itu, pakan  yang baik juga diperlukan untuk menunjang kesehatan dan ketahanan tubuhnya dari serangan penyakit. Untuk itulah, maka koi hendaknya diberi pakan yang mengandung nutrisi dan mineral lain yang diperlukan. Selain itu, koi memerlukan komposisi pakan yang berbeda-beda tergantung pada umurnya. Komposisi pakan untuk koi yang masih kecil (ukuran dibawah 10 cm) tentu berbeda dengan koi yang berukuran besar (jumbo)

Seringkali terjadi pada para pemelihara Koi yang kurang memahami pentingnya kualitas pakan untuk Koi, bahkan adapula yang memberi pakan kepada Koi berupa sisa-sisa nasi dan makanan lainnya seperti  kue, roti dll, yang mana hal ini selain menurunkan kualitas air, juga tidak baik bagi pertumbuhan Koi.

Berikut ini adalah dampak buruk akibat pemberian pakan sembarangan kepada koi :

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Baca juga yang ini..

Mengapa Air Kolam Tiba-Tiba Banyak Busa?

Silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin