JOIN PREMIUM MEMBERBaca semua artikel Gila Koi

Sedikit Tapi Berkualitas

Banyak pehobi koi, khusus yang masih pemula (newbie) yang memelihara koi tanpa memperhitungkan jumlah populasinya. Mengapa koi yang dipelihara harus diperhitungkan jumlahnya?

Pertimbangannya adalah untuk meminimalisir biaya dan waktu dalam merawat koi. Selain itu juga penting untuk menjaga agar koi tetap dalam kondisi sehat.

Dalam perawatannya, seekor koi memerlukan kebutuhan pakan dan obat-obatan dalam jumlah tertentu. Sehingga semakin banyak koi yang dipelihara, tentu akan membutuhkan biaya yang makin besar pula. Hal ini mungkin tak ada masalah bagi anda, karena memang memelihara koi merupakan suatu hobi yang menyenangkan.

Namun demikian, jangan lupa bahwa disisi lain ada keterbatasan pada luas kolam anda. Jika volume kolam tetap, sedangkan jumlah koi terus bertambah, maka yang terjadi adalah akan mengurangi ruang hidup bagi koi yang ada.

 

berkualitas
Contoh kolam milik Mr. Yohanes Yusuf. Jumlah koi yang dipelihara tidak banyak namun semuanya berkualitas dan beberapa koi seringkali tampil sebagai juara pada acara Kontes Koi (Koi Show)

Sebagaimana diketahui, jika ruang hidup koi terlalu sempit, maka dapat berpengaruh pada tingkat percepatan pertumbuhannya. Selain itu, dengan semakin banyaknya jumlah koi yang dipelihara maka akan menambah beban kinerja filter kolam.

Jika kapasitas filter kolam tidak cukup memadai, maka akan membuat kualitas air semakin cepat menurun dan kesehatan koi juga akan terganggu. Hal inilah yang seringkali terjadi pada kolam yang terlalu padat populasinya yang mana Koi mudah sekali terserang penyakit dan banyak yang mati.

Oleh sebab itu, agar anda dapat memelihara koi dengan efisien dan efektip menghasilkan koi dengan mutu dan berpenampilan yang baik, maka perlu diperhitungkan berapa jumlah koi yang ideal untuk dipelihara di dalam kolam anda, apalagi kolam anda termasuk minimalis.

Populasi Koi Ideal

Lebih baik memelihara koi dalam jumlah sedikit namun berkualitas. Sehubungan dengan hal ini tentu akan timbul pertanyaan,  “Berapa jumlah koi yang ideal untuk dipelihara?”

Untuk mengetahui jumlah Koi ideal yang berada di dalam kolam, dapat digunakan rumus sebagai berikut :

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

KONTAK ADMIN GILAKOI.COM

Silakan mengirim pesan kepada kami, atau kontak WA 0812 9429 1117. Terimakasih

X
Kontak Admin