Cara Pelihara Ikan Koi Yang Benar, Sedikit Tapi Berkualitas

Cara pelihara ikan koi yang benar itu bagaimana? Banyak pehobi koi, khusus yang masih pemula (newbie) yang memelihara koi tanpa memperhitungkan jumlah populasinya. Mengapa koi yang dipelihara harus diperhitungkan jumlahnya?

Pertimbangannya adalah untuk meminimalisir biaya dan waktu dalam merawat koi. Selain itu juga penting untuk menjaga agar koi tetap dalam kondisi sehat.

Dalam perawatannya, seekor koi memerlukan kebutuhan pakan dan obat-obatan dalam jumlah tertentu. Sehingga semakin banyak koi yang dipelihara, tentu akan membutuhkan biaya yang makin besar pula. Hal ini mungkin tak ada masalah bagi anda, karena memang memelihara koi merupakan suatu hobi yang menyenangkan.

Namun demikian, jangan lupa bahwa disisi lain ada keterbatasan pada luas kolam anda. Jika volume kolam tetap, sedangkan jumlah koi terus bertambah, maka yang terjadi adalah akan mengurangi ruang hidup bagi koi yang ada.

Sebagaimana diketahui, jika ruang hidup koi terlalu sempit, maka dapat berpengaruh pada tingkat percepatan pertumbuhannya. Selain itu, dengan semakin banyaknya jumlah koi yang dipelihara maka akan menambah beban kinerja filter kolam.

Jika kapasitas filter kolam tidak cukup memadai, maka akan membuat kualitas air semakin cepat menurun dan kesehatan koi juga akan terganggu. Hal inilah yang seringkali terjadi pada kolam yang terlalu padat populasinya yang mana Koi mudah sekali terserang penyakit dan banyak yang mati.

Oleh sebab itu, agar anda dapat memelihara koi dengan efisien dan efektip menghasilkan koi dengan mutu dan berpenampilan yang baik, maka perlu diperhitungkan berapa jumlah koi yang ideal untuk dipelihara di dalam kolam anda, apalagi kolam anda termasuk minimalis.

Populasi Koi Ideal

Salah satu hal yang penting dalam cara pelihara ikan koi adalah lebih baik jika memelihara koi dalam jumlah sedikit namun berkualitas. Sehubungan dengan hal ini tentu akan timbul pertanyaan,  “Berapa jumlah koi yang ideal untuk dipelihara?”

Untuk mengetahui jumlah Koi ideal yang berada di dalam kolam, dapat digunakan rumus sebagai berikut :

Read More

Dalam rumus tersebut, kedalaman kolam tidak diperhitungkan, sebab asumsinya adalah bahwa koi lebih sering berada di permukaan air, sehingga tidak perlu dipertimbangkan kedalaman kolam. Namun demikian, bukan berarti bahwa kedalaman kolam itu tidak penting, tapi rumus ini hanya digunakan untuk mempermudah perhitungan semata.

Sebagai contoh kasus misalnya untuk ukuran kolam 6 M2 yaitu dengan panjang 300 cm dan lebar 200 cm, sedangkan ukuran koi yang dipelihara rata-rata 30 cm, maka perhitungannya adalah :

300 x 200 : 30 : 150 = 13,33

Jadi dengan demikian jumlah populasi Koi yang ideal adalah sebanyak 13 atau maksimal 14 ekor

cara pelihara ikan koi

Populasi yang terlalu padat (over populated) akan mengganggu percepatan pertumbuhan koi, selain itu juga menambah beban kinerja filter kolamLuas dan Kedalaman Kolam

Mengenai luas dan kedalaman kolam koi bagaimana?

Idealnya. luas kolam Koi minimal 6 m2 dengan kedalaman 1,2 Meter. Jika dikaitkan dengan panjang rata-rata koi yang ada di kolam, maka panjang kolam sebaiknya tidak kurang dari 5 kali panjang Koi. Semakin luas kolam, tentu akan semakin nyaman bagi koi untuk dapat hidup dengan sehat.

Kolam yang terlalu dalam, juga kurang baik untuk kesehatan Koi yang masih berukuran kecil sebab semakin dalam air kolam maka tekanan dalam air juga makin bertambah besar. Hal ini dapat mengganggu pembuluh darah dan gelembung renang koi yang masih kecil.

Kecuali untuk kolam pembesaran yaitu untuk memelihara Koi dengan tujuan agar dapat menjadi berukuran besar (jumbo), maka kedalaman kolam adalah salah satu faktor yang sangat diperlukan.

Formula 9

Disini ada sebuah rumus atau formula, terkait dengan mitos angka 9. Mengapa angka 9?

Sebab bagi sebagian orang yang percaya dengan Feng Shui, angka 9 dianggap  sebagai angka hokki (keberuntungan), termasuk juga dalam memelihara Koi. Jumlah Koi sebanyak 9 ekor dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Untuk memperoleh jumlah Koi 9 ekor, dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Ingatlah selalu dengan pepatah “Pehobi yang  cerdas akan memelihara koi sedikit tapi berkualitas”

Demikianlah semoga bermanfaat..

Rangkuman dan Tips Cara Memelihara Ikan Koi


Memelihara Koi Sedikit Tapi Berkualitas
Cara pelihara ikan koi, tidak seperti pada ikan hias lainnya, sebab koi memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh ikan hias lainnya, yaitu keindahan pola, warna dan bentuk badannya. Untuk memperoleh koi yang benar-benar baik kualitasnya, maka koi harus dipelihara dengan teknik dan metode tertentu.

Oleh sebab itu, dalam memelihara koi yang penting adalah kualitas dan bukan kuantitasnya. Mengapa?

Sebab, biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh koi berkualitas tinggi tidaklah murah. Disamping itu, diperlukan perhatian serius dari pemiliknya, agar koi yang dipeliharanya dapat tumbuh dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.

Beberapa hal penting berikut ini yang perlu diperhatikan dalam merawat koi berkualitas antara lain adalah :

1. Kolam Koi.

cara pelihara ikan koi
Contoh kolam koi milik Yohanes Yusuf. Sedikit koi tapi berkualitas tinggi.

Pertama kali yang perlu dipertimbangkan adalah membuat kolam untuk memelihara koi. Bila anda ingin serius memelihara koi, maka anda harus merencanakan sebaik mungkin sebelum membangun kolam koi anda. Kolam koi yang baik, tentu memiliki sistem filtrasi dengan teknik dan metode yang benar dan proses filtrasi harus tetap berjalan nonstop selama 24 jam sehari dengan tujuan agar kualitas air tetap terjaga.

Bila anda belum atau tidak menguasai cara membuat kolam ko yang baik dan benar, maka disarankan kepada anda untuk terlebih dahulu mencari pengetahuan dan informasi tentang pembuatan kolam koi, yang banyak tersedia di berbagai literatur atau melalui internet.

Bisa juga anda menggunakan jasa profesional pihak lain, agar biaya yang anda keluarkan tidak sia-sia dan anda akan memperoleh kolam koi yang siap untuk memelihara koi dengan baik.

2. Memilih koi untuk dipelihara.

Dalam memilih koi untuk dipelihara, anda perlu mempertimbangkan kualitas dan harganya. Banyak sekali jenis dan kualitas koi yang tersedia dipasaran dengan harga yang sangat bervariasi. Tidak ada patokan harga baku untuk seekor koi yang dijual atau dengan kata lain, harga koi adalah relatif. Sangat tergantung dari kualitas dan keinginan para pembelinya. Oleh sebab itu, ada koi yang oleh sebagian orang dinilai sangat mahal, namun bagi pembelinya itu adalah wajar saja, mengingat kualitasnya yang sangat baik menurut penilaiannya sendiri.

3. Teknik Pemeliharaan koi.

Agar koi dapat tumbuh besar dan sehat maka diperlukan perawatan yang intensif. Memelihara koi sesungguhnya adalah memelihara kualitas air kolam. Mengapa demikian? Sebab tempat hidup koi adalah di dalam kolam anda. Sehingga dengan demikian, bila anda mampu merawat dan menjaga kualitas air kolam anda, maka sudah barang tentu, koi yang ada juga akan dapat tumbuh dengan baik dan selalu sehat.

Bila terdapat koi yang menunjukkan gejala sakit, segera lakukan perawatan yang cepat dan tepat, dengan memberi obat yang sesuai dengan takarannya. Oleh sebab itu, sediakanlah obat-obatan secukupnya untuk kesehatan koi anda

4. Memilih pakan yang berkualitas.

Dalam pertumbuhannya, koi memerlukan pakan dengan jumlah yang cukup dan mengandung nutrisi tertentu yang mendukung pertumbuhan organ dan kualitas warnanya. Oleh sebab itu, pergunakanlah pakan koi yang memiliki komposisi lengkap antara lain :

  • Protein yang cukup tinggi untuk pertumbuhan badan
  • Color enhancher, untuk meningkatkan kualitas warna.
  • Vitamin dan mineral untuk membangun daya tahan tubuh koi agar tidak mudah terserang penyakit.

Tidak semua pakan yang tersedia dipasaran yang memilki kelengkapan nutrisi sebagaimana uraian diatas. Pakan yang memiliki nutrisi yang lengkap tentu harganya jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan pakan pelet biasa.

Pakan koi import memiliki kualitas yang baik dan punya kandungan nutrisi lebih lengkap.

5. Populasi Koi

Dengan mempertimbangan berbagai hal diatas terutama tingginya biaya perawatan koi, maka anda tentu harus membatasi jumlah koi yang ada di kolam anda. Selain untuk efisiensi dan efektifitas perawatan, memelihara koi dalam jumlah tertentu lebih dianjurkan, untuk memberi ruang gerak yang cukup bagi koi untuk tumbuh dan berkembang.

Semakin banyak koi yang anda pelihara dengan ruang atau volume kolam tertentu, maka semakin tinggi resikonya sebab kapasitas sistem filtrasi yang terbatas akan mengakibatkan turunnya kualitas air kolam anda. Semakin banyak koi, maka kotoran yang dikeluarkan oleh koi juga semakin besar dan membebani kinerja filter kolam anda.

Bila anda tidak membatasi jumlah populasi koi, maka tanpa anda sadari, kulaitas air kolam anda akan mengalami penurunan. Hal ini tentu bisa membahayakan koi anda, sebab penurunan kualitas air kolam akan membuat koi anda tidak nyaman dan mudah terserang penyakit.

Memelihara koi dalam jumlah tertentu, tidak akan mengurangi kepuasan anda dalam menikmati keindahannya. Sebab keindahan koi adalah pada individu koi itu sendiri, bukan ketika sedang dalam suatu kelompok besar.

Dengan demikian, maka anda lebih fokus dalam cara pelihara ikan koi untuk memperoleh kualitas seperti anda inginkan.

Salam #GilaKoi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.