Home / Kolam / Berapa Jumlah Koi yang Ideal?

Berapa Jumlah Koi yang Ideal?

jumlah koi
Jumlah Koi sedikit, tapi berkualitas..

Populasi Koi

Memelihara Koi akan lebih baik dalam jumlah yang sedikit namun berkualitas. Mengapa demikian? Sebab dalam memelihara koi tentu diperlukan biaya, baik biaya pakan/obat-obatan serta diperlukan waktu tertentu untuk perawatan kolam. Agar lebih efektif dan efisien, jumlah koi yang dipelihara tidak perlu terlalu banyak, apalagi jika kolam anda tidak terlalu besar (minimalis)

Sehubungan dengan hal ini tentu akan timbul pertanyaan,  “Berapa jumlah koi yang ideal untuk dipelihara?”

Jumlah koi yang dipelihara (populasi Koi) jika terlalu banyak, maka selain membebani kinerja filter kolam, juga dapat mengganggu tingkat pertumbuhan Koi. Untuk mengetahui jumlah Koi ideal yang berada di dalam kolam, dapat digunakan rumus sebagai berikut :

Luas dan Kedalaman Kolam

Mengenai luas dan kedalaman kolam koi bagaimana? Idealnya. luas kolam Koi minimal 6 m2 dengan kedalaman 1,2 Meter. Jika dikaitkan dengan panjang rata-rata koi yang ada di kolam maka panjang kolam minimal 5 kali panjang Koi. Semakin luas kolam, tentu akan semakin nyaman untuk koi.

Kolam yang terlalu dalam, juga kurang baik untuk kesehatan Koi yang masih berukuran kecil sebab semakin dalam air kolam maka tekanan dalam air juga makin bertambah besar. Hal ini dapat mengganggu pembuluh darah dan gelembung renang koi yang masih kecil. Kecuali untuk kolam pembesaran atau untuk memelihara Koi agar dapat menjadi berukuran besar (jumbo), maka kedalaman kolam adalah salah satu faktor yang sangat diperlukan.

Formula 9

Disini saya punya sebuah rumus atau formula, terkait dengan angka 9. Mengapa angka 9? Sebab bagi sebagian orang yang percaya dengan Feng Shui, angka 9 dianggap  sebagai angka hokki, termasuk juga dalam memelihara Koi. Jumlah Koi sebanyak 9 ekor dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Untuk memperoleh jumlah Koi 9 ekor, dapat dilihat pada tabel Formula 9 berikut ini :

 

Ingatlah selalu dengan pepatah “Pehobi yang  cerdas akan memelihara koi sedikit tapi berkualitas”

Demikianlah semoga bermanfaat..

Doni Bastian

Telah dibaca 1.739 kali, hari ini 5 kali

Baca juga yang ini..

Koi Baru Datang? Begini Cara Menanganinya

Karena tak sabar ingin segera melihat koi baru berenang di kolam, banyak pemelihara koi yang …

2 comments

  1. Saya ingin membaca semua hal tentang koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.