Indonesia Website Awards
JOIN NOW

Berapa Jumlah Ikan Koi Yang Ideal di Kolam Anda ?

jumlah koi
Jumlah Koi sedikit, tapi berkualitas..

Populasi Koi

Memelihara Koi akan lebih baik dalam jumlah yang sedikit namun berkualitas. Mengapa demikian? Sebab dalam memelihara koi tentu diperlukan biaya, baik biaya pakan/obat-obatan serta diperlukan waktu tertentu untuk perawatan kolam. Agar lebih efektif dan efisien, jumlah koi yang dipelihara tidak perlu terlalu banyak, apalagi jika kolam anda tidak terlalu besar (minimalis)

Sehubungan dengan hal ini tentu akan timbul pertanyaan,  “Berapa jumlah koi yang ideal untuk dipelihara?”

Jumlah ikan koi yang dipelihara (populasi Koi) jika terlalu banyak, maka selain membebani kinerja filter kolam, juga dapat mengganggu tingkat pertumbuhan Koi.

Untuk mengetahui jumlah ikan Koi ideal yang berada di dalam kolam, dapat digunakan rumus sebagai berikut :

untuk memudahkan perhitungan dapat menggunakan aplikasi berikut ini :

Luas dan Kedalaman Kolam

Mengenai luas dan kedalaman kolam koi bagaimana? Idealnya. luas kolam Koi minimal 6 m2 dengan kedalaman 1,2 Meter. Jika dikaitkan dengan panjang rata-rata koi yang ada di kolam maka panjang kolam minimal 5 kali panjang Koi. Semakin luas kolam, tentu akan semakin nyaman untuk koi.

Kolam yang terlalu dalam, juga kurang baik untuk kesehatan Koi yang masih berukuran kecil sebab semakin dalam air kolam maka tekanan dalam air juga makin bertambah besar. Hal ini dapat mengganggu pembuluh darah dan gelembung renang koi yang masih kecil. Kecuali untuk kolam pembesaran atau untuk memelihara Koi agar dapat menjadi berukuran besar (jumbo), maka kedalaman kolam adalah salah satu faktor yang sangat diperlukan.

Formula 9

Disini saya punya sebuah rumus atau formula, terkait dengan angka 9. Mengapa angka 9? Sebab bagi sebagian orang yang percaya dengan Feng Shui, angka 9 dianggap  sebagai angka hokki, termasuk juga dalam memelihara Koi. Jumlah Koi sebanyak 9 ekor dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Untuk memperoleh jumlah Koi 9 ekor, dapat dilihat pada tabel Formula 9 berikut ini :

 

Ingatlah selalu dengan pepatah “Pehobi yang  cerdas akan memelihara koi sedikit tapi berkualitas”

Demikianlah biar singkat semoga bermanfaat..

Salam gilakoi

Doni Bastian

9 comments

  1. Terimakasih pak artikelnya tentang koi bagus banget…saya lagi trial memelihara beberapa ekor beli yang murah dulu..takutnya kl tidak ada pengalaman beresiko…

  2. Thank artikelnya.

    mau tanya saja, kenapa dalam rumus hanya P X L kolam, padahal kan volume air adalah P X L X T
    dan ikan hidup didalam volume air
    mohon sarannya, kebetulan saya baru mengenal koi
    maturnuwun

    • Kelihatannya konstanta 150 adalah tinggi atau kedalaman kolam 150 cm sbg kedalaman ideal tapi dianggap tidak berpengaruh karena tidak terlalu pengaruh ke hasil kalkulasi. Kebetulan kolam saya 150 cm jadi hitungannya bila ukuran koi 55 cm dapetnya 13 ekor. Itu kurang lebih sama dengan hasil hitungan rumus rule of thumb 1 ekor koi ukuran 55 cm per 1000 liter kolam dapetnya 15 ekor.
      Kalo ukuran koi 30 cm pake rumus Doni Bastian dapetnya 24 ekor, kalo pake rule of thumb hitung proporsional dapetnya 27 ekor. Jadi rumus ini workable dan ada safety bagus untuk kita.

      Thanks mas Doni!

  3. Apakah boleh dalam satu kolam terdapat beda ukuran koi? Misal ukuran besar 30cm dan yang kecil 10 cm

  4. Saya ingin membaca semua hal tentang koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.