GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

5 (Lima) Penyebab Koi Anda Mengalami Stress

How many koi can i have in my pond, pond care

Semua pemelihara koi tentu ingin agar koinya senantiasa sehat dan tumbuh dengan baik. Sebagai makhluk hidup, koi juga punya kepekaan atau sensitifitas terhadap lingkungannya. Suatu peristiwa atau perubahan yang terjadi, baik di dalam ataupun di sekitar kolam, bisa saja membuat koi anda tiba-tiba stress. Bila koi anda mengalami stress, maka nafsu makannya mendadak hilang, kondisi stamina tubuhnya menurun dan mengakibatkan mudah terserang berbagai penyakit.

Oleh sebab itu, perlu kita ketahui bersama, hal apa saja yang bisa membuat koi anda stress  yaitu sebagai berikut :

1. Kekurangan Oksigen

aeratorBila kolam anda cukup dalam namun permukaan air kolam sempit, atau jumlah populasi yang ada didalam kolam cukup banyak, maka diperlukan oksigen yang terlarut dalam air kolam untuk memenuhi kebutuhan pernafasan koi anda. Untuk itu, anda perlu menambahkan aerasi dengan tujuan untuk meningkatkan kadar oksigen yang terlarut dalam air kolam. Beberapa cara untuk menambah aerasi antara lain dengan memasang pompa tambahan untuk memancarkan air diatas permukaan kolam atau memasang mesin aerator atau kompressor udara (air pump) untuk memasok udara di dalam air kolam.   Oleh sebab itu, mesin-mesin aerator tersebut harus senantiasa berfungsi non stop (24jam sehari).

Namun bila suatu ketika aliran listrik di rumah anda padam, maka seluruh peralatan kolam tentu tak berhenti bekerja. Pasokan oksigen tidak terjadi lagi, dan mengakibatkan koi anda stress.

Demikian juga ketika koi sedang berada didalam kantong plastik beroksigen. Karena ruang yang sangat sempit, maka semakin lama anda membiarkan koi berada di dalam kantong plastik, maka semakin membuatnya stress.

2. Perubahan kualitas air kolam

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Updated: 29/02/2016 — 20:22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi