GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Tanya Jawab : Mengapa Koi Saya Tak Mau Jinak?

feeding to many koi fish by hand in the fish big ponds

Hand feeding

Ada seorang pehobi koi bertanya kepada saya, mengapa koi-koinya tak mau jinak, sedangkan dia ingin sekali bisa memegang koinya ketika memberi pakan (hand feeding)

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu kita ketahui bersama bahwa sifat dasar koi, yang pertama adalah suka ‘bersosialisasi’. Maksudnya adalah mereka suka bergerombol bersama koi-koi lainnya dalam satu komunitas di dalam kolam. Yang kedua, koi bersifat pemberani. Maksudnya berani mendekat kepada orang yang berada di pinggir kolam.

Namun demikian, koi yang tampaknya pemberani tersebut, ternyata butuh suatu kondisi yang membuat mereka tidak takut dan bahkan mau dipegang oleh siapapun yang memberinya pakan.

Kondisi tertentu inilah yang harus kita ciptakan agar koi-koi anda mau tampil jinak. Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus anda ketahui  :

1. Populasi koi.

Di dalam sebuah kolam, koi bisa jinak karena populasinya cukup padat. Bila koi yang ada di kolam anda tampak sedikit, hanya beberapa ekor saja, sedangkan permukaan kolam anda cukup luas, maka tentu koi anda tak akan mau tampil jinak. Mengapa?

Sebab koi merasa nyaman dan ‘percaya diri’ bila berada di dalam sebuah gerombolan. Koi yang berada sendirian di dalam kolam, tak akan mau jinak. Tapi ketika anda tambahkan koi-koi lain dalam jumlah yang cukup, maka perilaku mereka juga menjadi jinak dan pemberani.

2. Bentuk kolam yang memanjang dan berkelok-kelok.

Anda tentu pernah melihat sebuah kolam yang berbentuk memanjang dan berkelok-kelok mengelilingi rumah, atau dibangun seperti parit. Bentuk kolam seperti ini membuat koi akan terpisah-pisah di dalam kelompok sendiri-sendiri. Memang agak sulit membuat mereka jinak, tapi bukan berarti tidak bisa.

Perlu sedikit waktu bagi mereka untuk berkumpul ketika anda memberinya pakan. Koi punya kemampuan sensitif untuk mendeteksi pakan yang ada. Begitu ada seekor koi saja yang datang mendekati pakan yang anda berikan, maka sesaat kemudian koi lainnya beramai-ramai menyusulnya.

Ketika mereka sudah berkumpul untuk memperebutkan pakan, maka mereka tak lagi punya rasa takut. Koi punya nafsu makan yang besar dan tak peduli apapun demi meraih makanannya. Saat seperti inilah akan tersedia kesempatan bagi anda untuk memegangnya, bahkan koi tak pernah kapok, meski anda berulangkali mengangkatnya sebentar, keluar dari kolam.

Chagoi dikenal sebagai koi pemberani

3. Tingkat keberanian koi

Koi yang berwarna polos seperti chagoi, soragoi, higoi dll biasanya lebih pemberani dibanding varitas lainnya. Chagoi dikenal sebagai ‘provokator’dan ‘jago makan’, yaitu koi yang punya nyali besar dan seringkali tampil sebagai pemenang dalam perebutan pakan.  Bila anda tak percaya, boleh dicoba.

Koi seperti jenis Chagoi ini kita butuhkan untuk memancing keberanian koi-koi yang lain, sehingga secara keseluruhan, koi-koi anda akan menjadi jinak.

Sebagai penutup saya berikan tips dan saran agar koi anda jinak yaitu :

  • Sesuaikan jumlah koi yang ada dikolam anda agar koi anda tidak terlihat jarang, tapi jangan terlalu padat. Sebab koi juga butuh ruang yang cukup dalam pertumbuhannya.
  • Kolam yang berbentuk bulat atau kotak, lebih mudah membuat koi anda jinak.
  • Hindari membuat kolam dengan bentuk memanjang dan berkelok-kelok.
  • Hindari membuat semacam jembatan atau penutup diatas kolam anda, sebab disanalah koi-koi anda akan bersembunyi.
  • Tambahkan aerasi berupa gemericik air di atas permukaan kolam, sebab secara naluriah, koi menganggap  bahwa suara gemericik air adalah sebagai tanda dimana tersedia banyak pakan. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu eksperimen.
  • Gunakan Chagoi untuk memancing keberanian koi lainnya
  • Biasakan memberi pakan pada tempat tertentu dan pada jam2 tertentu, sehingga koi menjadi terbiasa.
  • Sebaiknya koi-koi yang anda pelihara memiliki panjang badan yang relatif sama. Hindari mencampur anakan koi bersama koi-koi jumbo lainnya. Dalam perebutan pakan, bisa saja terjadi salah makan. Koi yang terlalu kecil bisa saja termakan secara tidak sengaja oleh koi-koi besar (jumbo)

Demikianlah semoga bermanfaat

Salam #GilaKoi

Telah dibaca 1,455 kali, hari ini 1 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi