GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Hal2 Yang Perlu Dilakukan Bila Terjadi Hujan Deras

hujan kolam koi
Bila kolam Koi anda berada diluar ruangan (outdoor) dan tidak menggunakan penutup, maka jika terjadi hujan deras, sebagai langkah antisipasi yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Pastikan bahwa kolam anda terdapat lobang overflow

Bila terjadi hujan deras, maka volume air kolam anda tentu akan meningkat dengan cepat, bahkan bisa melebihi kapasitas yang ada. Oleh sebab itu, perlu anda buatkan lobang overflow untuk mengalirkan air bila sampai pada level tertinggi. Hal ini sangat penting untuk menghindari air kolam anda meluber kemana-mana dan bahkan bisa menyebabkan koi anda ikut hanyut bersama aliran air.

2. Selama hujan berlangsung, amati dari kejauhan kondisi kolam anda, apakah kolam anda masih aman-aman saja dalam arti tidak terdapat perubahan yang drastis pada air kolam anda. Hindari jatuhan air dari talang yang langsung masuk ke kolam anda, sebab air talang yang mengalir karena terdorong air hujan tentu dalam kondisi kotor dan mengandung banyak partikel yang dapat mengotori kolam anda.

3. Setelah hujan deras berhenti, segera periksa kembali kondisi air kolam dan koi anda. Apakah masih dalam kondisi aman, dan tidak terjadi permasalahan serius menyangkut kondisi kesehatan koi anda. Biasanya, koi anda akan tampak diam atau bersembunyi di sudut tertentu, sebab air hujan yang jatuh berlebihan mengakibatkan perubahan suhu air dan kualitas air kolam. Segera kurangi air kolam anda sebanyak 25 % dan ganti segera dengan air baru. Air hujan bersifat asam, dan bila volume air kolam anda tidak cukup besar, tentu akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan koi-koi anda.

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Updated: 17/09/2017 — 12:05

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi