Home / Pemeliharaan / Koi Baru Penyebab Kematian Masal

Koi Baru Penyebab Kematian Masal

koi baru
Koi dalam keadaan stress selama berada di dalam kantong beroksigen,

Hati-hati bila anda membeli koi baru. Sebab bisa saja koi yang baru anda beli dalam keadaan terserang penyakit atau sebagai pembawa virus (carrier). Bila kondisi koi dalam keadaan stress, maka daya tahan tubuhnya menurun, sehingga virus yang ada di dalam tubuh koi sangat mudah menjangkit.

Berikut ini beberapa tips untuk mengantisipasi resiko sehubungan dengan adanya koi baru di kolam anda

 

kematian masal

1. Koi baru, wajib masuk Karantina.

Ini adalah yang paling penting diantara lainnya. Bila anda membeli koi, sedangkan di dalam kolam sudah ada koi-koi lainnya, maka sebelum memasukkan kedalam kolam, maka anda harus merawatnya di dalam bak yang terpisah untuk sementara waktu.

Mengapa harus masuk karantina?

Ini adalah sebagai langkah antisipasi atau pencegahan saja, sebab kita tidak mengetahui kondisi kesehatan koi yang baru saja anda beli. Meski di kolam penjual koi tampaknya sehat, namun ketika ditangkap dan dimasukkan kedalam kantong beroksigen, atau ketika di dalam perjalanan/pengiriman, koi bisa saja menjadi stress.

Koi yang mengalami stress akan menurunkan stamina atau daya tahan tubuhnya. Dalam kondisi seperti ini, Koi akan sangat mudah terserang penyakit.

Selama dalam masa karantina ini, maka kita akan bisa memantau kondisi koi. Biasanya dalam waktu 2 minggu akan dapat segera diketahui apakah koi anda benar benar sehat, atau terserang penyakit. Pastikan koi anda telah benar-benar sehat sebelum dimasukkan ke dalam kolam.

Untuk mengetahui skema bak karantina, bisa dibaca disini

2. Gara-gara seekor Koi Baru, dapat mengakibatkan kematian masal.

Koi yang telah terserang penyakit, terutama karena serangan virus, dapat menular kepada koi lainnya. Biasanya koi yang baru masuk kolam, adalah pembawa virus (carrier). Ketika pertama kali masuk ke kolam anda, koi tampaknya sehat, namun setelah beberapa hari kemudian koi sakit dan kemudian mati.

Koi yang baru masuk kolam butuh penyesuaian dengan kondisi air kolam dan lingkungannya. Bila koi tak bisa segera menyesuaikan diri, maka koi akan stress dan mudah terserang penyakit. Bila penyakit yang menyerang adalah virus, maka akan dapat menular kepada koi anda lainnya dan  bukan tidak mungkin, dalam waktu singkat seluruh koi anda mengalami kematian massal.

Oleh sebab itu, anda harus terus memantau kondisi koi anda selama beberapa hari, untuk memastikan bahwa semua koi anda dalam keadaan baik-baik saja. Bila anda menemukan gejala sakit pada koi baru, maka segeralah melakukan sesuatu, agar tidak terjadi hal yang tidak kita ingginkan.

3. Sementara jangan memberi pakan.

Bila ada koi yang baru saja masuk kolam, disarankan kepada anda agar tidak memberinya pakan, atau setidaknya kurangi pemberian pakan selama beberapa hari. Bersabarlah untuk tidak memberi pakan, ketika anda sedang memantau kondisi koi anda terkait dengan adanya koi yang baru masuk kolam.

Mengapa demikian?

Sebab dengan memberinya pakan, maka akan menyebabkan koi mengeluarkan kotoran. Kotoran koi tentu akan mencemari air kolam, apalagi bila filter kolam anda tidak berfungsi dengan baik. Bila ada koi baru, maka usahakan kondisi air kolam anda terjaga kualitasnya untuk memberi kesempatan kepada koi baru anda menyesuaikan diri. Dengan tidak memberi pakan pada koi, maka akan mengurangi kemungkinan air kolam tercemar oleh kotoran koi.

Demikianlah semoga bermanfaat

Salam #GilaKoi

 

Telah dibaca 2.218 x, hari ini 1 x
BUKU GILA KOI

BUKU GILA KOI

Cara Memelihara Koi dan Apresiasi

Lihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat