GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Kolam Outdoor VS Kolam Indoor

Kolam anda didalam rumah (indoor) atau diluar rumah (outdoor)?

Ataukah anda baru merencanakan membangun kolam di rumah, tapi bingung mau memilih di dalam atau diluar rumah?

Kolam Koi boleh saja dibangun di dalam atau di luar rumah. Asumsinya, bila kolam koi anda diluar rumah, biasanya dibangun sesuai dengan desain taman,  maka akan terkena sinar matahari langsung, dan bila didalam rumah, maka sinar matahari tak dapat masuk atau setidaknya terhalangi atap rumah.

kolam otdoor

Kolam outdoor membuat taman anda makin tampak asri

Pertanyaan mendasar mengenai hal ini adalah apa untung ruginya antara kolam indoor dan outdoor?

1. Intensitas sinar matahari.

Sebagaimana kita ketahui, sinar matahari sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup dimuka bumi ini untuk pertumbuhan dan juga menyokong proses penggatian sel-sel yang rusak. Demikian juga dengan koi anda butuh sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik dan normal.

Oleh sebab itu, koi yang berada di dalam kolam outdoor, tentu akan lebih cepat pertumbuhannya dibanding koi yang berada di dalam rumah anda.

Namun demikian, akibat adanya intensitas matahari yang penuh terhadap kolam outdoor, maka pertumbuhan ganggang/lumut dan alga bersel satu penyebab air hijau juga begitu pesat.

Jadi jangan heran bila air didalam kolam outdoor akan cepat sekali berwarna hijau. Berbeda kondisinya dengan kolam indoor, yang terbebas dari air hijau.

2. Pertumbuhan dan kualitas warna

predator

Predator

Koi yang terkena matahari langsung yaitu yang berada di dalam kolam outdoor, perkembangan warnanya akan bisa sempurna. Maksudnya disini adalah ada warna tertentu dari koi antara lain merah coklat, dan khususnya kuning sangat terpengaruh dengan intensitas matahari.

Khusus untuk warna merah, yaitu pada Kohaku, Showa dan Sanke, juga dipengaruhi pula oleh mutu pakan koi yang anda berikan. Namun untuk koi seperti pada jenis/varitas seperti Yamabuki Ogon, Hariwake, Chagoi, Ochiba Shigure, Kumonryu dll, bila ditempatkan pada kolam indoor, maka lambat laun warnanya akan memudar.

indoor pond

Kolam indoor lebih mudah pemantauannya

3. Pond Maintenance (perawatan kolam)

Kolam diluar rumah (outdoor) seharusnya lebih sering anda pantau kondisinya, sebab disana tentu berada di antara tanaman di kebun, atau adanya binatang lain sebagai predator yang bisa menganggu atau menularkan penyakit tertentu. Daun-daun kering yang berguguran di dalam kolam, akan sangat mempengaruhi kondisi air kolam anda. Apalagi bila musim hujan tiba. Hujan yang deras tercurah langsung ke kolam anda bersifat asam, sehingga dapat menurunkan ph air kolam anda secara drastis. Kondisi ini sangat membahayakan kondisi koi-koi anda. Sangat berbeda dengan kolam indoor, dimana semuanya itu tak akan terjadi. Kolam outdoor juga sangat rentan dengan perubahan cuaca dan suhu udara diluar. Namun demikian kolam outdoor juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi filter biologi dikolam anda.

Kesimpulan

Memilih lokasi kolam, baik diluar atau didalam rumah, sangat tergantung dari pertimbangan anda sendiri tentunya. Keduanya boleh saja anda bangun, namun setidaknya anda telah mengetahui resikonya dan dapat melakukan tindakan antisipatif.

Informasi ini hanya bersifat memberi pencerahan, sebagai bahan perimbangan awal anda ketika merencanakan untuk membangun kolam.

Lalu pertanyaan besar lainnya adalah, bagaimana cara mengatasi berbagai resiko atau kendala yang terjadi terhadap kolam outdoor maupun indoor, akan kita bahas dilain artikel.

Stay tune di #gilakoi.com, untuk meng-update informasi menarik lainnya.

Demikan semoga bermanfaat

Salam #GilaKoi

 

Telah dibaca 3,039 kali, hari ini 1 kali
Updated: 12/12/2016 — 15:56

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi