GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Kesalahan Fatal Dalam Memelihara Koi

air bening

Air kolam yang bening adalah idaman bagi semua pemelihara koi

Bagi para pehobi pemula atau newbies, sering kali merasa frustasi,  bingung atau merasa serba salah karena koi yang dipeliharanya seringkali banyak yang mati tanpa diketahui sebab pastinya.

Dalam memelihara koi, yang harus selalu diingat adalah bahwa kita memelihara koi sama saja dengan mengupayakan agar kondisi kolam nyaman bagi koi untuk hidup dengan sehat, bukan nyaman bagi kita untuk melihat koi yang berenang di kolam.

Maksudnya begini, kita semua tentu ingin agar kolam kita selalu tampak bening agar kita bisa melihat keindahan koi yang sedang berenang di kolam. Namun demikian, kolam yang tampak bening, belum tentu nyaman bagi koi. Oleh sebab itu, pastikan bahwa air kolam yang bening adalah hasil proses filtrasi yang baik di kolam anda. Sistem filtrasi yang terpasang di kolam anda sangat berperan dalam memelihara kualitas air kolam agar nyaman dihuni oleh koi-koi anda.

Upayakan agar kondisi kolam nyaman bagi koi untuk hidup dengan sehat, bukan nyaman bagi kita untuk melihat koi yang berenang di kolam.

Melalui tulisan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang sangat penting dalam aktifitas kita merawat koi sehari-hari, agar tidak terjadi kematian masal pada koi anda. Berikut ini adalah beberapa kesalahan fatal yang seringkali dilakukan, sehingga dapat menyebabkan kematian masal :

1. Menguras habis air kolam.

Karena tak sabar ingin melihat air kolam menjadi bening, maka yang paling sederhana dilakukan adalah mengurasnya dan mengganti dengan air baru. Apalagi sampai mengganti seluruh air yang ada dengan air baru. Ini keselahan fatal yang pertama dan sudah dapat dipastikan, koi anda tak akan mampu lagi bertahan hidup.

Mengapa demikian ?

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Updated: 10/09/2015 — 16:40

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi