GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

e-book GILA KOI – Diskon 50 %

Mengapa Air Kolam Anda Hijau?

green water

Air hijau adalah musuh bagi pemelihara koi, tapi sahabat bagi koi…

Mungkin banyak diantara pemilik kolam koi yang kesal dan penasaran karena air kolamnya berwarna hijau atau kecoklatan meski setiap hari air diganti.

Mengapa kesal?

Sebab tentu saja dengan adanya kondisi air hijau, maka koi yang ada tidak terlihat. Apalagi bila koi yang dibeli berkualitas bagus lagi mahal. Untuk apa punya kolam yang airnya hijau sehingga koi yang ada tak bisa terlihat.

Tahukah anda, sesungguhnya koi lebih suka hidup di air hijau. Sebab yang tampak berwarna hijau pada air kolam itu sebenarnya adalah warna dari tumbuhan semacam ganggang atau dikenal dengan Algae.

Ada banyak jenis algae yang memiliki bermacam-macam warna. Ada yang hijau, kekuningan, merah, biru, kuning bahkan hitam. Biasanya yang seringkali ditemukan di kolam anda adalah algae yang berwarna hijau dan sedikit kecoklatan.

Algae bukanlah lumut yang menempel di dinding kolam. Namun sesungguhnya kedua tumbuhan itu sangatlah bermanfaat bagi koi anda. (Mengenai manfaat lumut akan dibahas di lain kesempatan)

Apa sesungguhnya Algae dan apa pengaruhnya pada kehidupan Koi anda?

algae

Penampakan Algae yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Algae adalah tumbuhan ganggang bersel satu. Tidak tampak bila dipandang dengan kasat mata. Yang terlihat adalah warnanya saja. Algae sangat mudah tumbuh di air kolam anda, apalagi untuk kolam di luar rumah yang terkena sinar matahari langsung. Algae hidupnya melayang-layang didalam air kolam anda.

Cobalah sesekali mengisi air kolam dan taburi dengan pakan koi (pelet) lalu biarkan terkena sinar matahari langsung. Dalam semalam pasti akan tumbuh algae secara alami dan keesokan harinya, anda hanya melihat warna hijau pada air kolam anda.

Namun demikian, alga berfungsi untuk mengikat amoniak. Sedangkan kotoran koi mengandung amoniak. Bila kadar amoniak tinggi di dalam air kolam anda, maka akan memperburuk kondisi kesehatan koi anda.

Jadi yang sesungguhnya terjadi justru algae adalah bagian dari filter alami, yaitu mengikat amoniak yang ada didalam kolam anda sebelum air sampai kedalam bak filter. Semakin banyak algae (yang ditandai dengan pekatnya warna hijau di kolam anda), berarti koi makin nyaman, sebab kadar amoniak banyak berkurang karena diserap oleh algae ini.

Bakteri Nitrifikasi VS Algae

Di dalam bak Filter kolam anda, terdapat bakteri nitrifikasi, yang juga menyerap amoniak. Atau dengan kata lain, makanan dari bakteri nitrifikasi dan Algae adalah sama, yaitu amonia.
Oleh sebab itu, kadangkala atau bahkan seringkali air hijau pada kolam koi sebagai indikasi bahwa volume filter anda terlalu kecil, atau tak seimbang dengan volume air kolam.

Semakin tinggi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kolam anda, maka semakin besar pula kemungkinannya bagi algae untuk berkembang biak disana.

Bagaimana hal ini bisa dijelaskan?

Begini, air hijau disebabkan karena banyaknya algae didalam air kolam. Sedangkan makanan Algae adalah amonia. Jadi logikanya, semakin kecil kadar amonia yang ada di dalam air kolam, mala algae akan makin sulit untuk hidup, sebab makin sedikit tersedia makanan mereka.

Oleh sebab itu, bila volume bak filter anda cukup besar, maka disana juga tercipta kondisi filter biologis, yaitu dengan tumbuhnya bakteri nitrifikasi. Dengan adanya aliran air yang bergerak dan tersedot ke dalam filter, maka bakteri nitrifikasi memperoleh makanan (amonia) dari kotoran koi yang tertahan oleh media filter.

Semakin banyak kotoran koi yang tertahan di dalam filter, maka pertumbuhan bakteri nitrifikasi juga semakin cepat, sehingga makin menyerap banyak amonia. Setelah air keluar dari bak filter dan menuju kolam, kadar amonianya sudah jauh berkurang karena telah di serap oleh bakteri nitrifikasi penghuni bak filter.

Dengan demikian, algae yang berada di dalam kolam akan sulit hidup karena kadar amonia air sudah banyak diserap oleh bakteri di dalam bak filter tersebut.

Semakin sedikit kadar amonia di dalam air kolam, maka semakin sulit algae bisa hidup. Jumlah algae yang relatif sedikit, tak akan membuat air kolam anda berwarna hijau.

Algae di dalam kolam dan bakteri nitrifikasi di dalam bak filter adalah sama-sama bersaing untuk memperoleh amonia sebagai makanannya.

 

mud pond

Koi berada di habitat aslinya yaitu danau yang luas dengan kondisi air yang tidak terlalu bening, namun nyaman bagi mereka untuk hidup bersama..

Kesimpulan

Dari paparan diatas dapat kita simpulkan bahwa sesungguhnya air yang berwarna hijau yang disebabkan oleh keberadaan Algae di kolam anda, memberi manfaat yang besar bagi kesehatan koi anda, sebab secara praktis Algae menyerap amonia, zat yang berbahaya untuk koi bila kadarnya melebihi ambang batas.

Namun sayang, dengan adanya air berwarna hijau akan menghalangi pandangan anda untuk menatap keindahan koi-koi anda.

Dalam melihara koi ingatlah satu prinsip, “buatlah kondisi kolam anda yang nyaman untuk koi, bukan nyaman untuk anda”..

Oleh sebab itu, bolehlah anda menginginkan air kolam anda sebening kristal, tapi upayakan beningnya air kolam adalah sebagai hasil dari sistem filtrasi yang baik. Pastikan bahwa air kolam anda dalam keadaan bening,  dengan kadar amonia yang  serendah-rendahnya.

Demikianlah, semoga bermanfaat.

Salam #GilaKoi

Telah dibaca 1.327 kali, hari ini 1 kali




Updated: 21/06/2018 — 14:22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi