GilaKoi

The Indonesian Koi Kichi

Diagram Bak Karantina Koi

Artikel sebelumnya :

https://gilakoi.com/koi-keeping/2015/08/29/rahasia-pemeliharaan-koi-baru.html
https://gilakoi.com/koi-keeping/2015/08/29/rahasia-perawatan-koi-baru-part-ii.html

Diagram bak Karantina :

 

diagramkarantina1

Keterangan diagram 1 :

Air didalam Tanki karantina adalah bersumber dari air kolam, yang dialirkan dengan extra pompa. Didalam tangki karantina dibuat sedemikian rupa agar apabila air telah penuh, maka dengan sendirinya luapan air dapat kembali ke kolam (bersirkulasi).

Langkah2 karantina koi :
– Sebelum koi masuk ke tanki, penuhi terlebih dahulu tangki karantina dengan air kolam.
– Setelah air penuh, matikan extra pompa. Dengan demikian air tdak bersirkulasi ke kolam. Nyalakan seluruh instrument yang telah terpasang didalam tanki karantina, terutama supply oksigen harus cukup memadai. Perlu diketahui, dengan suhu air 30-32 celcius, maka oksigen yang larut dalam air akan cepat berkurang, sehingga perlu pasokan oksigen yang cukup dan kontinue.
– Setelah seluruh instrument tsb bekerja dengan baik, segera masukkan koi ke dalam tangki karantina. Jangan menunggu sampai suhu air meningkat !

– Selama masa karantina, koi jangan diberi pakan.
– Bila koi sehat, maka air dalam tanki akan tetap jernih, meski dalam beberapa hari. Bila air dalam tanki keruh dan berbusa, bisa dipastikan bahwa koi dalam keadaan sakit dan perlu diberikan obat dengan dosis yang tepat.
– Penggantian air bisa dilakukan setiap 2 hari sekali. Cara mengganti air adalah dengan menyalakan extra pump, maka air kolam akan masuk ke tangki dan keluar kembali ke kolam (bersirkulasi).
Bila dirasa cukup (lebih kurang 10-15 menit ), segera matikan kembali extra pump. Jangan terlalu lama menyalakan extra pump, sebab air dalam tanki akan dapat berubah drastis.
– Bila koi sudah dalam kondisi terbaiknya, maka sebelum koi dipindahkan ke kolam, nyalakan extra pompa, sehingga air kolam bersirkulasi ke dalam tangki karantina. Maksudnya adalah agar koi terbiasa dengan kondisi dan kualitas air kolam selama beberapa hari.
Cobalah memberi pakan sedikit saja untuk mengetahui nafsu makan koi. Bila nafsu makan koi sudah terlihat normal, maka koi sudah siap dipindahkan ke kolam.
– Bila koi belum mau makan, maka jangan terburu-buru dipindah kekolam. Tunggu pada saatnya koi sudah mau makan walaupun sedikit, maka koi sudah bisa dipindahkan ke kolam.

Diagramkarantina2

Keterangan Diagram 2 :

Untuk membaca selanjutnya, silakan Login terlebih dahulu, atau klik Register

Updated: 21/09/2017 — 13:39

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GilaKoi © 2015 - Indonesian Koi Kichi