Koi Ulcer, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Koi Ulcer
Koi Ulcer menyebabkan luka berlubang (borok) pada kulit koi. Jika tak segera diobati, maka luka akan semakin melebar.

Apa itu Koi ulcer?

Koi Ulcer  adalah penyakit  yang menyerang koi hingga menimbulkan luka berlubang (borok). Ini adalah luka terbuka pada permukaan tubuh koi, biasanya berwarna  merah muda (merah) dan disekelilingnya terdapat  jaringan kulit mati.

Luka pada kulit koi pada awalnya kecil, namun bila dibairkan tanpa perawatan dapat melebar. Pada kondisi yang parah, Ulcer menimbulkan pembusukan pada daging koi hingga sampai ke tulang. Oleh sebab itu, koi yang terserang penyakit ini harus segera diobati.

Dimana luka borok biasanya terjadi pada koi?

Biasanya pada kulit, juga bisa terjadi sirip (terutama pangkal sirip) atau bahkan  pada mata dan  di dalam rongga mulut.

Apa penyebabnya?

Penyebab utamanya adalah kualitas air yang menurun. Ketika koi berada pada kondisi  air yang buruk, maka  hal ini membuat koi menjadi stress dan sistem kekebalan tubunya melemah.  Akibatnya adalah  parasit dan bakteri memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menerobos pertahanan ikan.

Parasit yang menimbulkan Infeksi  seperti anchor worm, cacing, costia adalah merupakan prekursor umum untuk ulkus bakteri. Parasit ini menembus kulit lendir dan meninggalkan jalur masuk bagi bakteri.

Beberapa bakteri penyebab Ulcer pada koi antara lain :

  1. Aeromonas, Pseudomonas dan Vibrio.
  2. Flavobacterium (sebelumnya dikenal sebagai Flexibacter).
  3. Spesies Mycobacterium.

Bagaimana cara merawat dan mengobatinya?

Ini penting dalam memelihara koi, yaitu sering-seringlah memeriksa kondisi kesahatan koi anda.  Ketika memberi pakan pada koi anda, jangan lupa sekalian memeriksa kesehatannya.  Amati bagian tubuh koi apakah ada tanda-tanda koi terserang penyakit ini.

Jika anda menemukan sedikit luka pada kulit koi, segera lakukan perawatan dengan sebaik-baiknya untuk menghindari kondisi yang makin parah.

Pertama-tama yang dilakukan adalah menangkap koi yang terserang penyakit ini, dan pisahkan kedalam bak karantina.  Angkat koi dan bersihkan luka dari kulit mati dengan cara mengeroknya dengan pinset  secara perlahan lalu menyekanya dengan kapas.

Setelah itu oleskan larutan yodium atau obat antibiotik Melafix, Pimafix, bubuk Oxolium, atau Bifuran pada luka untuk mencegah terjadinya infeksi. Jika kondisi koi sudah parah maka dapat diberikan injeksi (suntikan) Baytril atau Nuflor.

Cara pengobatan lainnya adalah dengan melakukan perendaman di dalam larutan PK (Kalium Permanganate) 0.01% (1gr/10 L) air selama 5 menit.

Setelah dilakukan pengobatan tersebut, maka koi dimasukkan ke dalam bak karantina dan berikan larutan obat yang mudah diperoleh dipasaran yaitu El bayou (el bayu) atau biasa disebut Elbagin.

Elbayou atau Elbagin

Sedikit tambahan informasi tentang Elbayou :

Elbayou adalah bubuk untuk pengobatan ikan yang memiliki kandungan aktif Nifurstyrenat-Sodium. Kandungan ini sangat efektif terhadap Aeromonas. Kelebihan Elbayou juga karena ini bahannya yang cepat diserap ke dalam tubuh ikan dan menunjukkan hasil yang baik untuk melawan serangan bakteri Aeromonas.

​Tak hanya untuk penyakit yang disebabkan Aeromonas, Elbayou juga ampuh untuk mengatasi penyakit yang disebabkan Penyakit Columnaris (bercak putih atau karat merah) dikenal juga sebagai penyakit fin rot. ​

​​Dosis : 5-10 gr  per 100 liter air selama 24 jam

Penulis : Doni Bastian

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BUKU BARU .. !Terbit Juli 2020

BUKU 'DOKTER KOI'

Informasi lengkap tentang jenis penyakit dan cara pengobatan.

Lihat
WhatsApp chat