JOIN NOW

Hitung Biaya Pembuatan Kolam Koi, Diameter BD dan Pipa Chamber

Apakah anda sedang merencanakan untuk membangun kolam Koi sendiri di rumah anda?  Jika anda tak mau repot dan punya anggaran keuangan yang cukup, maka anda tinggal menghubungi kontraktor profesional atau tukang kolam yang berpengalaman. Namun  demikian, tak sedikit pula yang ingin menambah pengalaman atau untuk menghemat biaya pembuatan kolam koi yaitu dengan merancang dan membangun kolam sendiri.

Ada beberapa hal yang seringkali dipertanyakan ketika membangun kolam Koi, yaitu antara lain mengenai kapasitas pompa yang digunakan, diameter lobang Bottom Drain (BD) dan juga diameter pipa yang menghubungkan antar chamber di ruang filter.

Untuk itu, dalam artikel ini saya ingin berbagi informasi terkait dengan hal-hal yang seringkali dipertanyakan tersebut diatas.

Komponen Penting Dalam Sistem Filterasi Kolam Koi

1. Volume Kolam dan Anggaran Biaya

Komponen yang pertama kali harus dipertimbangkan di dalam membangun kolam Koi adalah volume kolam. Mengapa hal ini penting terutama untuk memperkirakan anggaran dana yang harus dipersiapkan dan juga, juga untuk menghitung kapasitas pompa, ukuran pipa dlsb.

2. Kapasitas Pompa

Pompa yang biasa digunakan untuk kolam Koi adalah berupa submersible pump (pompa celup) yang diperlukan sebagai komponen penggerak air di dalam sistem filterasi. Air yang digerakkan dari kolam menuju ke ruang filter akan membentuk sirkulasi yang teratur dan berkesinambungan selama 24 jam non stop.

Terlepas dari harga dan merk pompa, namun yang terpenting adalah kapasitasnya harus cukup memadai. Pompa diletakkan pada salah satu chamber di dalam ruang filter.

Cara Menghitung Kapasitas Pompa secara terpisah dapat dibaca pada artikel berikut :

Cara Menghitung Kapasitas Pompa Filter Kolam Koi

3. Diameter Lubang Bottom Drain

Bottom Drain (BD) adalah sebuah istilah yang populer di dalam dunia koi khususnya terkait dengan konstruksi kolam yaitu lobang yang terletak di dasar kolam yang berfungsi untuk menyedot kotoran koi agar kolam senantiasa bersih dan bening. Selain itu,  lobang BD dihubungkan dengan pipa (jumper) menuju ke ruang filter agar proses filterasi dapat berlangsung.

Yang penting disini adalah diameter lobang BD harus tepat ukurannya. Jika terlalu kecil, maka akibatnya pasokan air (debit) terlalu rendah (kecil) sehingga membuat pompa tak bisa bekerja maksimal atau dikenal dengan istilah ‘pompa tekor’.

Sebaliknya jika lobang BD terlalu besar, maka meskipun pasokan air untuk pompa dalam kondisi aman, namun daya tarik air untuk menyedot kotoran koi menjadi lebih kecil.

Untuk itulah, maka lobang diameter BD harus tepat, sehingga  pasokan air untuk pompa aman (tidak tekor) dan daya tarik air untuk menyedot kotoran koi juga maksimal.

Informasi selengkapnya tentang Bottom Drain dapat dibaca pada artikel berikut ini :

Bottom Drain Untuk Memaksimalkan Fungsi Filter Kolam Koi

4. Diameter Pipa Antar Chamber

Bangunan filter kolam koi dibagi menjadi beberapa ruang (chamber) sebagai tempat untuk meletakkan berbagai jenis media filter. Oleh sebab itu, ruang filter dipisahkan oleh beberapa sekat.

Agar air dapat mengalir dengan lancar maka diperlukan lobang penghubung antar chamber. Ukuran diameter lobang ini harus sesuai dengan debit air yang diperlukan dan tak boleh terlalu kecil agar tidak terjadi ‘pompa tekor’.

Contoh skema pipa antar chamber

 

biaya pembuatan kolam koi
Pipa antar chamber

Aplikasi Hitung Biaya Pembuatan Kolam Koi, Diameter BD dan Pipa Chamber

Untuk memudahkan anda dalam memperoleh ukuran kapasitas pompa dan diameter pipa. maka berikut ini adalah aplikasi yang secara otomatis mengitung dan dapat diperoleh hasil perhitungannya secara instan.

Baca juga yang ini..

kolam ikan minimalis

Kolam Ikan Minimalis – Informasi Lengkap

Daftar Isi1 KOLAM IKAN MINIMALIS YANG BAIK1.1 HABITAT IKAN KOI1.2 KOLAM YANG BAIK1.2.1 1.Sistem Filter1.2.2 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.