Jenis-jenis Ikan Gurame yang Cocok Untuk dibudidaya

Jenis-jenis Ikan Gurame yang Cocok Untuk dibudidaya – Bingung memilih jenis ikan gurame mana yang ingin di budidayakan? Simak berikut penjelasan dibawah ini.

Ikan Gurame (Osphronemus gouramy) merupakan ikan asli Indonesia yang berasal dari perairan di daerah Jawa Barat. Ikan gurame merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar yang penting karena permintaan pasar yang cukup tinggi.

Ikan gurami memiliki bentuk fisik yang khas yaitu bentuk badan pipih agak panjang dan lebar. Badan tertutup sisik yang kuat dengan tepi agak kasar. Mulut kecil, terletak miring atau tidak tepat di bawah ujung bibir. Bibir bawah terlihat menonjol sedikit dibandingkan bibir atas.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis ikan gurame yang cocok untuk Anda pelihara. Yuk, simak berikut pembahasannya.

Jenis-jenis Ikan Gurame yang Cocok Untuk dibudidaya

1. Ikan Gurame Batu

Jenis ikan gurame yang pertama adalah ikan gurame batu. Ikan gurame batu merupakan salah satu jenis ikan gurame yang memiliki ciri-ciri warna tubuh hitam dan bersisik keras. Jenis ikan gurame batu ini jarang dijadikan makanan karena total dagingnya terbilang cukup sedikit.

Pasalnya, maksimal bobot tubuh ikan ini kecil. Di usia satu tahun saja bobot tubuhnya hanya mencapai 0,5 kg, sehingga gurame batu lebih umum dijadikan ikan hias saja.

2. Ikan Gurame Kapas

Read More

Jenis ikan gurame yang kedua adalah ikan gurame kapas. Ikan gurame kapas memiliki ciri-ciri warna putih keperakan seperti warna kapas dengan ukuran sisik yang lebar, bestekstur kasar dan keras.

Namun, bobot maksimalnya hanya mencapai 1,5 kg saja. Selain itu, produktivitas indukan gurame kapas juga tidak terlalu besar, yakni hanya mendapatkan 3.000 butir telur per ekor untuk satu kali pemijahan.

3. Ikan Gurmae Blue Safir

Jenis ikan gurame yang ketiga adalah ikan gurame blue safir. Meskipun namanya ikan gurame blue safier namun kenyataannya ikan jenis ini tidak berwana biru, tetapi warna hitam kemerahan atau merah muda.

Jenis ikan gurame blue safir memiliki panjang maksimal 35cm dengan bobot maksimal 2-4 kg.

4. Ikan Gurame Jepang

Jenis ikan gurame yang keempat adalah ikan gurame jepang. Ikan gurame jepang berasal dari perairan Jawa Tengah. Saat usianya masih kecil, ikan gurame jepang memiliki warna sedikit kebiruan. Ketika sudah memasuki dewasa, ikan jepang memiliki warna hitam pekat dibagian atas, dengan sisik berwarna putih dan garis gelap dibagian tubuhnya yang membuatnya terlihat menjadi warna abu-abu.

5. Ikan Gurame Porselen

Jenis ikan gurame yang kelima adalah ikan gurame porselen. Ikan jenis ini menjadi salah satu jenis ikan gurame yang memiliki banyak peminat, terutama di Indonesia. Maka dari itu, tidak heran jika jenis ikan gurame ini memiliki harga jual sangat tinggi jikan dibandingkan dengan jenis ikan gurame lainnya.

Jenis ikan ini memiliki ciri berwarna merah muda keperakan, tubuh bagian bawah berwarna putih, dan ukuran kepala yang lebih kecil daripada ukuran tubuhnya.

6. Ikan Gurame Paris

Jenis ikan gurame yang keenam adalah ikan gurame paris. Jenis ikan gurame ini memiliki warna dasar tubuh merah cerah dengan bintik-bintik hitam diseluruh tubuh dan warna putih dibagian kepalanya.

7. Ikan Gurame Soang atau Gurame Angsa

Jenis ikan gurame yang terakhir adalah ikan gurame soang atau gurame angsa. Gurame jenis ini adalah salah satu jenis ikan gurame yang memiliki pertumbuhan sangat cepat dibandingkan dengan jenis gurame lainnya. Dalam waktu 9 bulan, Pembudidaya sudah dapat memanen ikan gurame soang dengan bobot ikan sebesar 500 gram.

Gurame soang atau yang juga biasa disebut gurame angsa memiliki ciri-ciri kepala yang yang sedikit menonjol seperti angsa, serta bentuk tubuh pipih memanjang dengan kombinasi warna hitam dan putih. Bagian ekor gurame soang memiliki warna kemerahan ketika usianya masih di bawah 1 tahun. Gurame soang banyak dijumpai di daerah Jawa Barat, khususnya Cianjur dan Ciamis.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis ikan gurame yang cocok untuk Anda budidaya. Semoga bermanfaat!

Related posts