Mengenal Ikan Leporinus Fasciatus Si Ikan Kaos Kaki dan Harganya

Gilakoi.com –  Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) memiliki tampilan sangat lucu, bermotif garis-garis yang mirip sekali dengan kaos kaki. Pertumbuhan tubuhnya cukup pesat jika dibanding lainnya sehingga apabila ditempatkan pada satu aquarium akan tampak perbedaannya.

Klasifikasi Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Pengklasifikasian Leporinus Fasciatus memberikan informasi bahwa ikan hias ini memiliki hubungan kekerabatan dengan kelas mana saja. Biasanya yang merupakan satu family maka akan terdapat kesamaan, baik pada bentuk tubuh atau spesifikasi lainnya
Klasifikasi ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) adalah sebagai berikut :
Kingdom    : Animalia
Phylum       : Chordata
Sub Class    : Actinopterygii
Family        : Anostomidae
Genus         : Leporinus
Spesies       : Leporinus Fasciatus

Habitat Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Leporinus Fasciatus berasal dari lembah Amazon, wilayah Venezuela, Amerika Selatan. Ikan Kaos Kaki ini mampu bertahan hidup di sungai yang airnya memiliki pH antara 5.5 – 7.5 dan suhunya stabil di kisaran 22°C – 26 derajat celcius.
Ikan Leporinus tersebut memiliki sifat cukup agresif, namun jika dalam kondisi normal memang akan terlihat tenang. Namun apabila terjadi gangguan yang membuatnya stress, bisa saja memperlihatkan kebingungan dan tampak lebih galak dari sebelumnya.
Jadi pada saat akan membersihkan atau mengganti air, lakukan dengan tenang. Jangan sampai membuat ikan hias ini merasa terancam. Keagresifannya bisa menyebabkan hal yang  sangat fatal karena mampu meloncat cukup tinggi.

Ciri Ciri Fisik dan Karakteristik Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Ciri fisik ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) memiliki bentuk tubuh yang bulat dan panjang hingga mencapai 30 cm. Disertai motif belang-belang kombinasi hitam dan oranye. Untuk usia dewasa, biasanya garis di badannya berjumlah 10 buah.
Selain itu, ciri khas yang membuatnya berbeda dari jenis lain adalah terdapat garis kuning di kepala, tepat berada di bagian bawah mata sebelah kanan dan kiri yang memanjang mulai dari mulut sampai ke sirip pada insang.
Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) dapat meloncat cukup tinggi hingga keluar aquarium apabila lampunya dimatikan. Maka jika ingin memeliharanya, diharapkan memberi penutup pada bagian atas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Makanan Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Pada dasarnya, Leporinus Fasciatus adalah termasuk kelompok herbivora yaitu pemakan tumbuhan. Namun pada saat usianya masih sangat kecil, ikan jenis ini juga memangsa kutu air di habitatnya.  Maka bisa dikatakan juga sebagai omnivora.
Pada umumnya, Leporinus Fasciatus dipenuhi kebutuhan gizinya dengan pakan berupa algae, ikan kecil, cacing sutra atau udang air asin (laut). Tapi ada juga yang memberikan daging ikan besar dipotongi kotak-kotak sehingga mudah dikonsumsi.
Tapi untuk menjaga keseimbangan gizinya, tetap perkenalkan dengan pakan berupa daun daunan, seperti bayam atau selada. Kombinasi kedua komponen ini akan membuat ikan Kaos Kaki dapat berkembang baik dan tetap aktif.

Harga Ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus)

Bagi pecinta Aquascape, jika ingin memelihara ikan Ikan Kaos Kaki ini sebaiknya memperhitungkan besar aquarium yang akan dibuat sebagai habitat baru Leporinus. Karena pertumbuhannya sangat cepat dan dapat mencapai 30 cm, maka tentu dapat membatasi ruang geraknya.
Harga ikan Kaos Kaki (Leporinus Fasciatus) di pasaran adalah antara 50.000 sampai 100.000 rupiah saja. Namun, ini bergantung pada ukuran yaitu dari panjang dan pendeknya. Jadi Anda dapat memilih sesuai keinginan sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment