Jenis Ikan yang Cocok Dipelihara di Kolam

Gilkaoi.com – Kira-kira, apa ya jenis ikan yang cocok dipelihara di kolam? Jenis ikan untuk kolam air tawar memang sangat banyak, sehingga kadang membuat bingung sebagian orang terutama pemula.
Saat membuat pilihan, kalian harus memperhitungkan sejumlah faktor, seperti luas lahan, jenis kolam, anggaran pakan, dan seberapa banyak waktu yang kalian punya untuk merawat / membersihkan kolam tersebut.


Tujuan dari pemeliharaan juga bisa menentukan jenis ikan apa yang harus dipilih lho, apakah ikan tersebut untuk dijual kembali? Atau sekedar sebagai hiasan di kolam depan rumah? Jika pilihannya adalah yang kedua, maka jenis ikan hias adalah yang paling direkomendasikan.

Jenis Ikan Hias untuk Kolam 

1. Ikan Koi

Alasan utama mengapa koi banyak diminati adalah corak warnanya yang cantik dan beragam. Merah adalah warna khasnya, tapi ada juga koi berwarna orange, kuning, hitam, putih, dan biru. Jika kalian mencari ikan yang bisa berumur panjang, koi adalah salah satu pilihan terbaik. Karena kabarnya, ikan ini bisa hidup sekitar 20 – 30 tahun.

Asalkan, lingkungan ikan koi terjaga dengan sangat baik, kolamnya tidak padat ikan dan bebas dari parasit / bahan kimia beracun. Dalam hal makanan, koi bisa menyantap aja saja, mulai dari siput dan serangga hingga roti, kedelai, udang, dan potongan buah

2. Ikan Kumpai

Ikan ini memiliki warna dasar putih silver dengan corak orange kekuningan, dengan ukuran tubuh 60-80 cm. Ikan ini bisa kalian pelihara bersama dengan ikan koi, karena ikan ini juga termasuk jenis ikan koi.

Pakan utama ikan kumpai adalah pelet dan sayuran. Pelet bisa diberikan 2 kali dalam 1 hari, dan sayuran cukup diberikan 1 kali dalam 2 hari. Kunci untuk memelihara ikan ini adalah airnya harus jernih dan bersirkulasi baik. Akan lebih baik lagi jika kolam tersebut memiliki biological filter.

3. Ikan Platy Swordtail

Swordtail adalah ikan tropis populer yang akan mempercantik kolam minimalis di taman rumah. Ikan ini memiliki ciri khas berwarna merah menyala dengan ukuran tubuh 13 cm dan memiliki lobus lancip yang panjangnya melebihi ekor, yang membuatnya dijuluki sebagai ikan pedang.

Swordtail bisa hidup di perairan dingin atau hangat, karenanya termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara. Kalian bisa memberikan ikan ini makanan berupa kutu air, cacing darah, sayuran hijau, atau artemia, sebanyak 2-3 kali sehari. Ingat ya ikan ini hanya cocok dipelhiara di kolam kecil di teras rumah. Jika ikan ini ditaruh di kolam besar akan susah dilihat keindahannya

4. Ikan Bala Shark

Bala shark alias ikan hiu Bala adalah salah satu jenis ikan yang cocok dipelihara di kolam dan akuarium. Meskipun memiliki nama “hiu”, tapi ikan ini tidak seram seperti hiu kok. Nama tersebut diambil dari tampilan sirip ikan yang lancip mirip dengan hiu laut. Sedangkan ukuran tubuhnya sendiri sekitar 30 cm saja.
Ikan ini cukup aktif tapi juga suka bersembunyi di balik tanaman dan bebatuan. Hal ini karena sifat Bala Shark adalah pemalu dan mudah takut. Dalam hal pakan, ikan ini suka mengonsumsi serangga, krustasea kecil, pelet, bayam, dan potongan buah.

5. Ikan Palmas

Palmas adalah ikan unik berwarna putih kekuningan yang memiliki banyak sirip, karenanya disebut juga dengan ikan naga. Ikan ini berasal dari perairan benua Afrika dan termasuk spesies langka di Indonesia. Karakteristik lain ikan ini adalah bisa hidup selama beberapa menit saat tidak berada di air. Walaupun ikan ini berjenis ikan perenang bawah ikan ini cocok juga ditaruh dikolam ikan kalian loh.

6. Ikan Arapaima

Pilihan ikan keenam yang dapat dipelihara di kolam taman adalah Araipama. Ikan ini berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Ikan air tawar yang satu ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 2,5 meter. Bobotnya pun bisa mencapai 1 kuintal. Tak heran jika orang-orang menyebut Arapaima sebagai ikan raksasa. Sebagai ikan yang habitatnya di alam liar, Arapaima sangat mudah beradaptasi. Ikan ini juga tak memerlukan perawatan khusus sehingga tidak membuat repot pemiliknya.

7. Ikan Komet

Banyak orang yang sering tertukar dalam penyebutan komet dan koi. Hal ini disebabkan oleh penampilan keduanya yang memang sangat mirip. Satu hal yang membedakan dari kedua jenis ikan ini adalah postur tubuh. Komet lebih ramping dan kecil jika dibandingkan dengan Koi. Selain ukuran tubuh, corak atau pola warna yang ada di tubuh komet lebih beragam.

Read More

Ikan komet sangat cocok dipelihara oleh pemula. Orang yang ingin memiliki ikan ini tak perlu memiliki pengetahuan khusus terkait dengan pemeliharaan ikan. Cukup beri pakan secara teratur untuk memastikan ikan tetap hidup. Ikan komet memang dapat hidup di air keruh, namun kolam tempatnya hidup harus tetap dibersihkan secara teratur.

8. Ikan Mas Koki Wakin

Wakin umumnya memiliki warna tubuh campuran antara merah dan putih. Ada pula Wakin yang memiliki warna lain, namun sangat sulit ditemukan. Harganya pun akan sangat tinggi karena langka.
Ikan yang satu ini lebih cocok dipelihara di kolam dari pada akuarium. Pasalnya, Wakin bergerak sangat aktif dan membutuhkan ruang yang lapang. Jika dipelihara di akuarium, ruang geraknya menjadi terbatas dan menjadikannya stres.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.