Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Aquascape

Gilakoi.com – Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai seputar macam-macam jenis kayu aquascape dan juga jenis-jenis nya. Nah, apa yang pertama kalian pikirkan apabila mendengar kata aquascape?

Apakah kalian berpikir bawa aquascape itu aquarium, tentu nya bukan ya. Memang tidak sedikit orang yang gagal memahami dan tidak bisa membedakan antara aquascape dan aquarium.

Aquascape dan aquarium tentu berbeda, perbedaan kedua nya terletak pada objek pemeliharaan utamanya. Contohnya untuk aquarium, yang menjadi fokus dan objek pemeliharaan utama nya yaitu hanya teletak pada ikan nys saja, sedangkan yang menjadi fokus dan objek pemeliharaan utama aquascape yaitu tidak hanya ikan saja melainkan seluruh ekosistem di dalam wadah baik itu tanamannya, bebatuan di dalamnya, karpet hidupnya, juga kayu atau driftwood yang digunakan.

Di dalam aquascape, kayu sangat berperan penting serta memiliki fungsi sebagai media tumbuh nya beberapa tanaman air dan pembentuk beberapa desain aquascape sehingga terlihat lebih indah. Namun perlu kalian ketahui bahwa tidak semua kayu bisa digunakan untuk aquascape ya, dan berikut ini adalah bebrapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk aquascape diantara nya :

10 Jenis kayu aquascape yang bisa digunakan

1. Kayu Rasamala

Karena harga nya yang terbilang murah jenis kayu rasamala paling sering digunakan oleh para aquascaper. Ciri dari kayu rasamala yaitu kayu nya yang memiliki lekung dan cabang serta memiliki warna kayu yang kemerah-merahan, ukuran nya pun cenderung berbentuk ramping. Selain itu juga kayu rasamala yang telah mengering tidak menimbulkan perubahan warna serta tidak membahayakan habitat lain dalam aquascape.
Kayu rasamala pun terkenal dengan kayu nya yang kuat meskipun terkena air dalam waktu yang cukup lama, sehingga tidak heran jika kayu rasamala banyak titemukan di daerah perbukitan dan pegunungan yang cukup lembab. Untuk harga kayu rasamala itu berkisar antara Rp30.000-80.000, tergantung ukuran kayunya.

2. Kayu Bakau

Kayu jenis ini memang cukup populer di kalangan aquascaper, kayu ini pun terbilang sangat estetis. Ciri dari kayu bakau yaitu kayu nya yang memiliki tekstur yang halus, sedikit cabang, dan di ujung cabangnya biasanya berbentuk runcing. Kalian bisa mendapatkan kayu jenis bakau ini di pesisir pantai atau di hutan bakau.
Namun walaupun kayu ini terbilang sangat estetis, tetapi kayu bakau ini memiliki banyak kekurangan diantara nya kayu bakau ini mudah retak dan pecah serta kayu bakau ini dapat mengubah warna air menjadi kuning sebab pada kayu bakau ini terdapat kandungan tanin yang cukup tinggi. Harga kayu bakau dipasaran biasa nya dibandrol dengan harga Rp.30.000 sampai ratusan ribu rupiah.

3. Kayu Santigi

Kayu Santigi memiliki lekukkan indah yang membuat kesan unik, karena kayu ini adalah sejenis kayu bonsai. Kayu santigi pun banyak tumbuh dan tersebar di beberapa kawasan asia tenggara, diantara nya Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.
Untuk para aquascaper, kalian perlu tahu bahwa jika kalian memadukan kayu santigi dengan tanaman sejenis fissiden atau moss maka akan menambah kesan alami pada aquascape kalian. Harga kayu santigi pun biasa dibandrol dengan harga Rp60.000 sampai ratusan ribu rupiah.

4. Kayu Senggani

Karena memiliki bentuk bercabang dan ramping sehngga kayu senggani sering disebut akar senggani. Kayu senggani pun memiliki ukuran yang tidak sebesar kayu rasamala.
Unik nya lagi kayu senggani bisa digunakan untik membuat bonsai dan efek akar di aquascape loh. Kayu senggani pun sangat mundah didapatkan karena kayu ini biasa ada di lereng gunung, semak belukar, tebing, atau sungai. Untuk harga kayu senggani pun bisa terbilang sanagat murah loh.

5. Mopani Wood

Kayu jenis ini berasal dari Benua Afrika dan kayu ini pun termasuk jenis kayu yang cukup populer digunakan untuk aquascape.
Kayu ini memiliki ciri tidak bercabang, bertekstur padat, dan cukup kukuh. Untuk mendapatkan kayu ini pun kalian mungkin hanya bisa menemukannya di Supermarket ACE atau online shop saja, tapi dengan harga yang tebilang cukup mahal.
Dan masih banyak lagi Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Aquascape, namun itulah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.