Ikan Pembersih Kolam Koi yang Paling Sering Digunakan

Gilakoi.com – Di dalam kolam ikan Koi biasanya masih sering ada endapan dan kotoran-kotoran yang bisa membuat keadaan menjadi lebih keruh. Banyak orang menggunakan ikan pembersih kolam Koi untuk menjaga agar air tidak cepat kotor. Lalu apa saja daftar ikan-ikan pembersih yang biasanya digunakan?

5 Ikan Pembersih Kolam Koi Paling Sering Digunakan

Banyak orang senang menggunakan ikan pembersih untuk membantu mereka mengontrol keadaan kolam ikan agar tidak mudah kotor. Jenis-jenis ini memang sangat bisa diandalkan untuk urusan Aquascape terbaik, Anda wajib memilikinya di dalam kolam. Berikut adalah nama-nama ikan tersebut :

1. Ikan CAE (Chinese Algae Eater)

Pertama ada Ikan Cae yang pastinya sering Anda temui di banyak kolam maupun akuarium ikan orang-orang. Jenis satu ini memiliki tubuh yang kecil dan ramping. Bahkan panjangnya saja tidak lebih dari 28 cm, di alam liar juga sama. Maksimal ia hanya akan tumbuh sampai 20 cm saja, itu pun sangat jarang .

Ikan CAE sangat senang menjadi pemakan lumut yang berada di dinding maupun dasar kolam. Biasanya dalam satu kolam terdapat puluhan, sehingga pertumbuhan alga terhambat dan tidak membuat pemilik kolam menjadi repot harus selalu memperhatikan dan membersihkannya terus sepanjang hari.

2. Ikan Otocinclus

Kemudian ada juga jenis ikan Otocinclus bisa dipasang untuk kolam ikan Koi di rumah. Ikan ini memiliki bentuk yang kecil juga dan memiliki warna hitam cenderung abu-abu. Sehingga membuatnya susah ditangkap apalagi saat sudah berada di kolam membaur dengan warna air dan bebatuan yang ada.

Ikan Otocinclus juga bisa diandalkan untuk membersihkan lumut yang ada pada bagian dinding, dasar, maupun tepian bebatuan pada kolam. Bedanya adalah Otocinclus memiliki etos kerja yang luar biasa, Dikenal sangat rajin, hasil kerjanya mengalahkan jenis ikan pembersih lumut lainnya.

3. Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

Jenis ikan satu ini pasti sudah tidak asing bagi Anda yang senang berkecimpung di dalam dunia aquascape. Pasalnya Ikan Sae sudah terkenal lewat bakatnya untuk membersihkan lumut, ganggang, dan juga cacing pipih yang bisa saja mengganggu pertumbuhan ikan-ikan dalam kolam tersebut.

Selain pemakan hal-hal mengganggu tersebut, Ikan SAE juga memiliki sifat yang bersahabat. Sehingga dapat mudah bersahabat dengan ikan apa saja di dalam kolam tersebut. Bentuk ikan satu ini juga kecil namun lebih besar dan panjang jika dibandingkan CAE, jadi terkadang masih terlihat di atas kolam.

4. Ikan Pleco

Ikan jenis Pleco atau sapu-sapu pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jenis ini memang mampu membasmi alga yang sering mengganggu pertumbuhan ikan dan ekosistem kolam. Namun sayangnya sapu-sapu juga tidak bisa membedakan mana tanaman yang tidak boleh dimakan dan harus dimakan.

Read More

Sehingga terkadang ia akan merusak tatanan tanaman yang sengaja diletakkan pada kolam. Selebihnya kinerja dari Ikan Pleco tidak perlu diragukan lagi. Ikan ini punya semangat juang tinggi dan selalu memberikan hasil terbaik bagi keamanan Aquascape dari gangguan alga dan lumut liar.

5. Ikan Brushmouth

Terakhir adalah jenis ikan brushmouth yang sering dipakai untuk membersihkan kolam dari alga dan lumut. Bagian dinding kolam hijau dan licin bisa langsung disulapnya menjadi kesat dan bersih hanya dalam satu sampai dua hari saja.

Jenis Ikan Brushmouth juga sangat mudah Anda temukan di Indonesia, jadi tidak usah susah-susah mencarinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.