Mengenal Ikan Arowana Jardini Yang Eksotis

Gilakoi.com – Indonesia terkenal akan banyaknya pulau dan dikelilingi oleh lautan. Maka dari itu tak heran banyak sekali laut yang dimiliki oleh negara kita tercinta yaitu indonesia. Pesona yang indah dari laut eksotis Indonesia telah mendatangkan banyak sekali turis dari luar negeri, tak jarang bahkan yang datang dan langsung jatuh cinta dengan laut yang ada di indonesia.

Selain pesona nya yang begitu eksotis untuk dinikmati keindahannya, laut-laut di negara kita ini juga memiliki banyak sekali ikan-ikan yang terkenal. Salah satunya di perairan laut papua, yaitu ikan Arwana Jardini. Yup! Ikan ini hadir dari laut salah satu pulau kebanggaan indonesia yaitu papua.

Ikan Jardini ini adalah ikan Arwana. Kebanyakan orang memanggil ikan ini dengan panggilan Arwana Jardini. Jika menemukan ikan Saratoga Northern dan Saratoga Gulf, itu adalah satu jenis ikan yang sama, yaitu ikan arwana dengan sebutan nama lainnya.

Rasanya akan sangat menarik jika kita membahas dan mengenal lebih dekat ikan spesial tanah papua ini. pasti kamu para pecinta ikan juga penasaran kan dengan keunggulan dan hal-hal lain mengenai ikan ini.

Top feeder adalah julukan yang tepat untuk Ikan Arwana ini, bahkan level top feedernya bukan main-main lagi loh, sudah di level  atas. Nah Arwana ini seringkali dan bahkan memang selalu menjadi sang predator level tinggi. Ikan Arwana Jardini selalu menyapu bersih sejumlah makanan-makanan yang ada di dasar sungai maupun di permukaan.

Jadi tak heran jika ikan Arwana Jardini ini selalu membuat air sangat bersih sebab ia memiliki kemampuan yang tidak dimiliki ikan lainnya yang hanya bisa menjamahi makanan di bawah-bawah saja, namun bisa hingga ke atas permukaan air , itulah kelebihan ikan Arwana Jardini dibanding dengan tipe ikan lainnya.

Langsung saja yuk kita kenalan dengan arwana ikan yang banyak sekali julukannya ini, apa saja keunggulan yang dimiliki ikan ini ya? apakah memiliki keunggulan yang mencengangkan? Untuk itu simak ulasan lengkapnya dibawah ini

Mengenal Dasar Ilmiah Ikan Arwana Jardini

Tentu setiap ikan memiliki klasifikasi ilmiah, salah satunya ikan arwana ini. nah izinkan kamu memberikan informasinya kepada kamu.

Ikan yang memiliki nama latin Scleropages jardini  ini masuk dalam kingdom animalia, kemudian filum chordata dan juga kelasnya masuk kedalam kelas Actinopterygii.

Read More

Lalu termasuk dalam gen Scleropages, dimana ikan dengan species ini diyakini mempunyai skill lompat yang keren dan ikan ini termasuk keluarga Osteoglossidae dan karnivora.

Ciri Ikan Arwana Jardini

Tentu ikan ini punya ciri fisik yang khas dan mudah kok untuk dikenali. Ini dia beberapa ciri dari ikan Arwana Jardini :

  • Ukuran tubuh dari ikan ini bisa terbilang cukup panjang. Tidak ada ukuran pasti namun rata-rata ikan ini memiliki ukuran panjang 95 cm dengan bobot kurang lebih 18 kg
  • Warnanya tidak terang atau cenderung gelap
  • Memiliki sisik dengan ukuran cukup besar dan terdapat line pada sisiknya sebanyak tujuh line
  • Memiliki sirip yang sangat cantik karena ada sejumlah bintik yang diyakini mirip mutiara.

Habitat Ikan Arwana Jardini

Di Awal kami sudah memberikan penjelasan mengenai dimana tempat tinggal atau habitat ikan ini berasal. Yups dari perairan papua. Namun sebenarnya ikan ini juga bisa kalian dapatkan di adelia rivers pada north queensland.

Apa makanan yang dimakan oleh arwana jardini?

Jika di rumahmu terdapat jangkrik, katak, atau ulat berikan saja kepada ikan arwana ini, dijamin ia menyukainya. Selain itu ikan ini biasa makan ikan-ikan yang berukuran kecil dan bahkan ulet pun bisa ia makan. Hakikatnya tidak ada perbedaan dengan arwana pada umumnya yang signifikan dari ikan ini jika dilihat dari makanannya

Karakter Ikan Arwana Jardini

Ikan ini salah satu ikan yang senang tinggal di air yang tidak memiliki arus yang kencang seperti sungai, suka berdiam di area yang sedikit gelap.

Selain di sungai juga ikan ini tak jarang ditemukan di rawa-rawa. Ikan ini sangat cocok untuk kamu pelihara di dalam rumah, namun kamu tetap harus ingat habitat asli dan tempat yang disukai ikan ini.

jadi kamu harus membuat tempat hidupnya hampir sama dengan habitat aslinya, dimulai dari air dan keluasan tempatnya.saran kami tidak usah diberikan hiasan berlebihan yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan, apalagi jika kamu menaruh beberapa benda yang bisa menyakiti ikannya.

Seperti yang sudah dijelaskan ikan ini senang sekali ada di permukaan atas pada air. Ikan ini sangat bisa menghibur kamu ketika penat, ikan sangat lucu karena keaktifannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.