Cara Merawat Ikan Arwana Bagi Penggemar Ikan Hias Pemula

Gilakoi.com – Percayakah kamu jika ada ikan hias yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah? Betul, ada banyak ikan hias di Indonesia yang harganya luar biasa mahal, salah satunya ikan arwana.

Karena ikan ini membutuhkan perawatan khusus, bacalah artikel ini untuk tahu cara merawat ikan arwana bagi para pemula.

Tata Cara Merawat Ikan Arwana untuk Pemula

Sebagian orang di masyarakat kita berpikiran bahwa ikan arwana hanya dapat dipelihara oleh penggemar profesional. Pandangan ini boleh jadi betul, namun bukan berarti penggemar ikan hias pemula tak boleh mencoba memeliharanya juga.

1. Siapkan Akuarium Berukuran Besar

Ingat, ikan arwana adalah jenis ikan berukuran besar; panjangnya bisa mencapai 50 sampai 60 sentimeter. Oleh karena itu, ukuran akuarium untuk menampung arwana yang besar pula.

Usahakan agar panjangnya kurang lebih 180 cm, dengan lebar 75 cm dan tinggi 65 cm. Kamu sebaiknya jangan menempatkan ikan arwana di kolam terbuka, sebab ikan ini diketahui sensitif terhadap perubahan temperatur.

2. Beri Makan kepada Ikan Secara Teratur

Cara merawat ikan arwana yang kedua adalah memberinya makan yang sesuai kebutuhannya. Ikan arwana ialah jenis ikan karnivora, yang makanan alaminya berupa ikan-ikan kecil, moluska, dan serangga.

Ada dua jenis makanan ideal yang dapat kamu berikan untuk arwana. Jenis makanan pertama ialah pelet khusus untuk ikan karnivora, sedangkan yang kedua ialah mangsa hidup seperti cacing, jangkrik, atau udang.

3. Bersihkan Akuarium Arwana Secara Berkala

Adapun cara merawat ikan arwana yang berikutnya yaitu membersihkan akuarium secara berkala. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan arwana adalah ikan yang perlu perawatan khusus.

Sebagai pemilik arwana, kamu wajib melakukan pemeriksaan terhadap kebersihan akuarium dan temperaturnya. Bila perlu, silakan ganti air akuarium sebanyak 20 persen setiap minggunya untuk menjaga kualitas air. Silakan pasang alat filter apabila kamu tak sanggup membersihkannya sendiri.

Read More

4. Jangan Tempatkan Ikan Jenis Lain Bersama Arwana

Karena sifatnya sebagai ikan karnivora yang suka menyendiri, ikan arwana tak boleh tinggal bersama ikan lain. Ini boleh jadi merupakan kesalahan fatal para penggemar ikan hias pemula, yang beranggapan jika semua ikan itu akur satu sama lainnya.

Bahkan, sesama ikan arwana pun bisa saja berkelahi, sehingga kamu lebih baik menyiapkan akuarium khusus untuk setiap arwana yang kamu punya.

5. Biarkan Cahaya Matahari Menyinari Akuarium

Memberikan cahaya matahari yang cukup merupakan cara merawat ikan arwana nomor lima. Betul, sebab di habitat aslinya, ikan arwana membutuhkan sinar matahari agar bisa berburu dengan baik.

Berbeda dengan kebanyakan ikan-ikan jenis lainnya, yang lebih suka akuarium yang redup. Kamu juga bisa mengatur lampu-lampu khusus yang dapat menyinari akuarium dan memberikan penampilan mencolok pada arwana.

6. Perhatikan Kondisi Kesehatan Ikan Arwana

Pada poin terakhir, cara merawat ikan arwana yang selanjutnya ialah mengecek kondisi kesehatan ikan dengan seksama. Arwana yang sehat memiliki warna sisik dan mata yang cerah, makan dengan lahap, dan berenang di dekat permukaan air.

Sementara itu, arwana yang sakit mempunyai warna sisik yang keruh, berenang dengan lesu, dan tak mau makan. Jika ada tanda-tanda penyakit seperti bintik-bintik putih, jamuran, atau sirip membusuk, segera keluarkan dan obati ikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.