Manfaat Ikan Gabus untuk Ginjal, Diabetas, Osteoporosis Dll

Gilakoi.com – Jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit ginjal, stroke, atau kanker, ikan gabus dapat menjadi salah satu penyembuhnya.

Terkenal akan manfaat ikan gabus untuk ginjal, ikan ini juga punya manfaat lain bagi kesehatanmu, lho. Simak selengkapnya untuk mengetahui keuntungan mengkonsumsi ikan gabus.

Manfaat Ikan Gabus untuk Ginjal

Manfaat ikan gabus untuk ginjal disebabkan oleh kandungan albumin di dalamnya. Kurangnya albumin dalam darah dapat memicu lima penyakit, yaitu kanker, gagal ginjal, tuberkulosis, stroke, dan diabetes. Oleh karena itu, penderita penyakit tersebut harus memperoleh albumin dari infus.

Infus albumin berfungsi meningkatkan tekanan osmotik darah yang sebelumnya kurang dari batas normal, yaitu 3, 5-5, 5 g/dl, yang menyebabkan pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Misalnya, pada gagal ginjal, pembengkakan terlihat jelas di bagian kaki penderitanya.

Ikan gabus mengandung albumin dalam jumlah banyak. Tidak hanya itu, ikan ini juga mengandung unsur seng yang memiliki peran dalam mengobati luka.

Oleh karenanya, penduduk di Makassar, Kalimantan Barat, dan Selatan, memanfaatkan ikan gabus lokal untuk menyembuhkan luka sejak lama.

Albumin dalam ikan gabus juga mengandung senyawa asam amino yang penting bagi tubuh. Jadi, ikan gabus memang terbukti untuk meringankan penyakit ginjal.

Macam-macam Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan

Selain manfaat ikan gabus untuk ginjal, ikan ini memiliki segudang manfaat lainnya bagi kesehatanmu. Apa saja? Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya.

1. Memelihara Kesehatan Otot

Tubuh memerlukan asupan protein tinggi untuk membentuk jaringan otot. Asupan protein dapat kamu tingkatkan dengan konsumsi makanan yang kaya protein, salah satunya adalah ikan gabus.

Read More

Ikan gabus mengandung protein yang lebih tinggi daripada ikan lainnya. Setiap 100 gram ikan gabus dapat memberikan kamu 25,2 gram protein untuk membentuk jaringan otot.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Selain tinggi protein, kandungan albumin dalam ikan gabus sangat tinggi. Albumin memiliki peran menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Orang yang kekurangan albumin adalah asites atau kelebihan cairan pada rongga perut, mirip pasien yang memiliki gangguan hati.

3. Memelihara Metabolisme Pencernaan

Ikan gabus mempunyai daging yang lebih mudah kamu cerna daripada sumber protein daging lainnya. Oleh karena itu, jika kamu mengkonsumsi ikan gabus, tidak akan memperberat kinerja pencernaan.

Protein kolagen pada ikan gabus lebih rendah daripada dalam daging lainnya, yakni sekitar 3 hingga 5 persen dari total kandungan kolagen.

4. Pembentukan Sel Darah Putih

Manfaat ikan gabus untuk tubuh juga berhubungan dengan proses pembentukan sel darah putih. Albumin yang terkandung dalam ikan ini baik untuk pembentukan sel darah putih dan berkontribusi untuk imun tubuh.

5. Berkhasiat untuk Diabetes

Tahukah Anda, selain manfaat ikan gabus untuk ginjal, ikan ini juga memiliki khasiat bagi diabetes? Karena albumin yang terkandung di dalamnya, ikan ini dapat membantu penderita diabetes dengan masalah pembengkakan.

6. Mencegah Osteoarthritis

Kandungan nutrisi ikan gabus memperbaiki sel-sel saraf membran sinovial sehingga menekan risiko Osteoarthritis (kerusakan sendi).

7. Memperbaiki Masalah Gizi

Ikan gabus juga bermanfaat bagi gangguan gizi. Asupan gizi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan anak memiliki masalah tumbuh kembang sehingga mengalami kurang gizi, bahkan gizi buruk.

Dengan mengkonsumsi ikan gabus, dapat membantu anak memenuhi keperluan gizinya. Namun, selalu ingat untuk selalu makan dengan gizi seimbang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.