Ikan Tilapia untuk MPASI

Gilakoi.com – Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan protein pada ikan dapat digunakan sebagai zat pembangun yang baik sehingga baik untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang berada pada masa pertumbuhan.

Selain itu, kandungan protein pada ikan juga dapat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Apabila kamu ingin menggunakan ikan sebagai salah satu menu MPASI bagi sang buah hati, kamu bisa memilih menggunakan ikan tilapia. Yuk, simak fakta ikan tersebut pada ulasan berikut!

Apa Itu Ikan Tilapia?

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kamu harus berkenalan dulu dengan jenis ikan ini. Mungkin, banyak yang masih asing mengenai ikan ini padahal kamu cukup sering menjumpainya.

Ikan tilapia (Oreochromis niloticus) atau yang lebih dikenal dengan istilah ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Banyak orang-orang memutuskan untuk membudidayakan ikan jenis ini karena banyaknya pengkonsumsi ikan ini.

Selain itu, karena habitat ikan ini cukup mudah, yaitu di air tawar dan air payau hal tersebutlah yang membuat orang-orang ramai untuk membudidayakannya.

Kandungan Gizi  Ikan Tilapia

Selain protein, ikan ini juga kaya akan vitamin dan mineral, lho! Menurut salah satu dosen IPB yang bernama DR. Ing Dase Hunaefi, S.TP., MfoodSt, ikan tilapia mengandung vitamin D, vitamin B12, niacin, vitamin B6, serta asam pantotenat (Vitamin B-5).

Kandungan tersebut sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita, lho!

Namun, selain kandungan tersebut, masih banyak kandungan gizi lain yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Berikut merupakan kandungan gizi lain yang ada pada ikan tilapia, yaitu:

Read More

1. Asam Lemak

Ikan tilapia mengandung asam lemak yang terdiri dari Omega 3 dan Omega 6. Walaupun tidak sebanyak yang ada pada salmon, namun jumlah yang dimiliki oleh ikan tilapia lebih tinggi dibandingkan yang ada pada daging ayam dan sapi.

Omega-3 berfungsi untuk menjaga kesehatan darah dan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan menjaga kandungan kolesterol dalam tubuh agar tetap terkendali.

2. Selenium

Selenium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh. Fungsi selenium adalah untuk mengurangi peradangan dan menjaga imun tubuh.

Selain itu, selenium juga dapat  berfungsi untuk menjaga kesehatan tiroid dan mengurangi risiko penyakit jantung. Menarik bukan?

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa pemberian selenium pada penderita HIV, hepatitis C, dan tuberkulosis terbukti efektif untuk meningkatkan imun tubuh mereka.

Ikan Tilapia untuk MPASI

Ikan tilapia memang memiliki kandungan gizi yang beragam dan terbilang cukup tinggi. Namun, mungkin kamu bertanya-tanya apakah ikan ini aman untuk dikonsumsi sang buah hati. Jawabannya adalah sangat aman.

Bahkan, beberapa pakar menganjurkan untuk memberikannya kepada buah hati pada masa MPASI. Hal tersebut lantaran kandungan omega 3 dan omega 6 yang tinggi sehingga dapat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Untuk porsi pemberiannya, disesuaikan dengan kebutuhan sang buah hati. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memberikan ikan jenis ini sebagai salah satu menu MPASI anak.

Selain baik dikonsumsi anak, ikan ini juga baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui. Hal tersebut lantaran ikan ini dapat membantu memberikan asupan gizi bagi sang buah hati .

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.