Manfaat Ikan Sidat bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Gilakoi.com – Ikan sidat atau Anguilliformes merupakan jenis ikan yang memiliki morfologi seperti belut. Namun pada bagian yang berdekatan dengan kepala ikan ini, terdapat sirip yang menyerupai telinga. Sehingga hal inilah yang menjadi pembeda antara sidat dengan belut. Bagi sebagian orang jenis ikan yang bisa hidup di air laut dan air tawar ini masih belum familiar.

Namun, hal penting yang perlu kamu ketahui tentang ikan tersebut adalah kandungan gizi yang tinggi dan tidak kalah dengan kandungan ikan salmon. Mulai dari berbagai jenis vitamin, protein, zinc, karbohidrat, kalsium , hingga omega-3 ternyata terkandung dalam jumlah yang cukup pada jenis ikan ini. Lalu, apa saja manfaat dari ikan yang mirip dengan belut itu? Ayo ketahui manfaatnya sekarang juga!

Beberapa Manfaat Ikan Sidat untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari Anguilliformes ini, antara lain :

1.  Baik untuk Kesehatan Otak

Kandungan omega-3 DHA dan EPA pada ikan yang memiliki sirip menyerupai telinga ini memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan otak. Terutama bagi perkembangan dan pertumbuhan otak bayi sehingga mampu menyokong kecerdasannya.

Bahkan, Anguilliformes juga diklaim memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini berperan penting bagi anak-anak dalam usia pertumbuhan dan para lansia untuk memperkecil resiko pikun.

Tidak hanya itu, ikan bertelinga ini juga memiliki manfaat dalam memperbaiki sistem pembuluh darah pada otak manusia.

2.  Ikan Sidat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya omega-3, ikan ini juga memiliki kandungan berbagai jenis vitamin salah satunya adalah vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Vitamin A memiliki mekanisme kerja yakni memberikan bantuan dalam proses penyaluran objek yang nantinya akan diterima oleh retina mata kepada otak dalam bentuk gambar. Dalam hal ini, senyawa yang berperan untuk fungsi tersebut adalah senyawa retinol.

3. Sebagai Antioksidan

Vitamin A seringkali disebut sebagai beta karoten juga memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Hal ini tentunya berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Read More

Dengan begitu, pertahanan tubuh akan tetap terjaga kekuatannya sehingga menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit dari luar.

4. Ikan Sidat untuk Meminimalkan Resiko Kanker

Vitamin A yang terkandung dalam ikan Anguilliformes ini juga memiliki peranan untuk meminimalkan resiko kanker bagi seseorang.

Dalam hal ini, vitamin A bekerja dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel abnormal tersebut. Sehingga mampu menekan kemungkinan terjadinya kanker pada seseorang.

5. Menyembuhkan Luka dan untuk Program Diet

Tidak hanya meminimalkan resiko kanker, tetapi vitamin A pada ikan sidat juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Hal ini karena vitamin tersebut membantu kesehatan atau proses pemulihan jaringan dalam tubuh sehingga mampu mempercepat penyembuhan luka.

6. Ikan Sidat Memperkecil Resiko Sakit Jantung

Jenis ikan ini juga memiliki manfaat dalam meminimalkan resiko terkena penyakit jantung dan menstabilkan tekanan darah. Kandungan zinc yang terdapat dalam Anguilliformes ini memiliki fungsi dalam mengatur endotelin dan angiotensin sehingga mampu menjaga kestabilan tekanan darah.

Sudah Pernahkah Kamu Mengkonsumsi Ikan Sidat?

Dari berbagai jenis ikan, apakah kamu pernah mengkonsumsi ikan Anguilliformes ini? Uraian tersebut memberikan informasi baru bagi kamu yang menyukai aneka olahan ikan.

Apalagi ikan sidat menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bahkan pertumbuhan dan perkembangan otak. Oleh karena itu, dari sekarang kamu bisa mulai mengkonsumsi olahan ikan ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.