Tanaman Air untuk Ikan Guppy

Gilakoi.com – Fungsi tanaman air di dalam akuarium sangat beragam dan tentunya bermanfaat untuk ikan. Jika Anda memelihara ikan guppy di dalam akuarium, maka sebaiknya tambahan tanaman air untuk ikan guppy di dalam akuarium tersebut.

Apa saja jenis tanaman yang cocok untuk ikan guppy? Simak artikel di bawah ini agar Anda mendapatkan informasi tepat tentang jenis tanaman air di dalam akuarium ikan guppy! Pastikan untuk membaca artikel hingga akhir untuk mendapat informasi lengkap!

Tanaman Air untuk Ikan Guppy

Tumbuhan air untuk ikan guppy dapat diletakkan di dalam akuarium. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang cocok dimasukkan ke dalam akuarium ikan guppy, yaitu:

1. Hornwort

Hornwort merupakan salah satu jenis tanaman yang cocok untuk dimasukkan ke dalam akuarium ikan guppy. Hal ini karena hornwort termasuk salah satu jenis tanaman penjernih air akuarium. Adanya tanaman hornwort tentunya akan membuat air akuarium tetap jernih dalam waktu lama.

Hornwort memiliki bentuk dahan yang panjang dengan daun tipis di sekitar dahan. Bentuk dari tanaman ini tentunya juga bisa membuat akuarium tampak lebih cantik.

2. Water Weeds

Waterweeds atau gulma air juga merupakan tanaman yang cocok dimasukkan ke dalam akuarium ikan guppy. Tanaman air yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk membuat air tetap jernih. Selain itu, daun tanaman air ini bisa menyerap nitrat, fosfat, maupun karbondioksida.

3. Guppy Grass

Seperti namanya yaitu guppy grass atau rumput guppy sangat cocok diletakkan di dalam akuarium ikan guppy. Hal ini karena tanaman air yang satu ini bisa menjadi salah satu sumber makanan bagi ikan guppy.

Selain itu, ikan guppy juga sangat suka berada di sela-sela rumput guppy. Tanaman ii sering kali memang dijadikan tempat persembunyian bagi ikan guppy. Selain ikan guppy, tanaman ini juga sangat cocok diletakkan di dalam akuarium berisi ikan pelangi, danios, dan ikan tetra.

4. Pedang Rantai Pygmy

Tanaman air bernama pedang rantai pygmy memiliki bentuk seperti rumput yang biasanya dilihat di taman. Namun, perbedaannya jenis tanaman ini memiliki habitat di dalam air dan cocok digunakan sebagai tanaman dasar akuarium berisi ikan guppy.

Read More

5.  Pokok Kiambang

Pokok kiambang dikenal pula dengan sebutan water lettuce yang merupakan tanaman air. Tanaman yang satu ini tidak berada di dalam air akuarium tetapi akan terapung di atas permukaan air akuarium. Pokok kiambang memiliki daun yang mekar berwarna hijau yang sangat cantik.

Akuarium yang diisi dengan tanaman ini tentu saja juga akan terlihat indah dari atas. Selain menambah estetika, pokok kiambang juga merupakan salah satu tanaman air untuk ikan guppy maupun berbagai jenis ikan lainnya.

6. Java Fern

Tanaman air penghasil oksigen yang cocok dimasukkan ke dalam akuarium ikan guppy adalah Java Moss. Tanaman yang satu ini memiliki daun yang lebih tebal dan besar jika dibandingkan dengan tanaman air Java Moss.

Oleh karena itu, tanaman java fern sebenarnya lebih cocok berada di dalam akuarium yang berisi ikan guppy berukuran lebih besar atau ikan guppy dewasa.

7. Java Moss

Tanaman untuk ikan guppy lainnya adalah tanaman air bernama Java Moss. Tanaman air ini memiliki bentuk yang cantik dengan warna hijau, sehingga cocok diletakkan di dasar akuarium. Selain cantik, tanaman ini juga cocok dijadikan tempat bermain ikan berukuran kecil, seperti ikan guppy.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.