Cara Membuat Ikan Cupang Menjadi Ganas

Gilakoi.com –  Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang bisa berubah menjadi lebih agresif atau ganas. Tentu saja dibutuhkan beberapa cara atau tips untuk membuat ikan cupang berperilaku lebih ganas. Bagaimana cara membuat ikan cupang menjadi ganas?

Penasaran apa saja tips agar ikan cupang lebih ganas? Simak langsung jawaban dan penjelasannya dengan membaca artikel yang satu ini. Pastikan untuk membaca artikel hingga akhir agar mendapat informasi lebih lengkap!

Bagaimana Cara Membuat Ikan Cupang Menjadi Ganas?

Perilaku ikan cupang dapat diubah menjadi lebih ganas atau agresif dengan melakukan beberapa tindakan. Berikut ini beberapa cara mudah agar ikan cupang berubah menjadi lebih ganas, yaitu :

1. Memberi Pembatas Kaca

Ciri-ciri ikan cupang ganas adalah ikan cupang selalu dalam kondisi siap siaga. Bagaimana agar ikan cupang selalu dalam kondisi tersebut? Anda bisa meletakkan dua atau lebih ikan cupang di dalam satu akuarium dengan sekat atau pembatas.

Gunakan pembatas atau sekat yang terbuat dari kaca di dalam akuarium tersebut. Tujuannya adalah agar ikan cupang dapat saling melihat ikan cupang lainnya. Ikan cupang pasti akan selalu dalam kondisi siap siaga karena merasa melihat lawan di dekatnya.

Namun, sebaiknya sesekali sekat tersebut ditutup agar ikan cupang tidak terlalu merasa stress.

2. Melatih Ikan Cupang Mengikuti Gerakan Jari

Cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas juga dapat dilakukan dengan gerakan jari. Anda hanya perlu mendekatkan atau menempelkan jari Anda di kaca akuarium. Usahakan untuk menarik perhatian ikan cupang agar ikan cupang mengikuti pergerakan jari Anda.

3. Menjaga Kesehatan Ikan Cupang

Cara membuat ikan cupang menjadi ganas juga dapat dilakukan dengan tetap menjaga kesehatan ikan cupang. Jangan sampai ikan cupang dilatih terlalu keras hingga akhirnya akan stress dan sakit.

Salah satu cara menjaga kesehatan ikan cupang adalah rutin membersihkan air di dalam akuarium agar selalu bersih.  Pastikan juga air akuarium memiliki tingkat pH dan suhu yang cocok untuk tempat hidup ikan cupang.

Read More

4. Membatasi Tempat Persembunyian

Cara membuat ikan cupang lebih agresif lainnya dapat dilakukan dengan memberikan batasan tempat persembunyian ikan di dalam akuarium. Ya, usahakan agar akuarium tidak terlalu penuh dengan hiasan yang bisa menjadi tempat persembunyian ikan cupang.

Kondisi tempat tinggal seperti itu dapat membuat ikan cupang lebih bersikap waspada. Selain itu, pergerakan yang provokatif juga dapat dilihat dengan mudah.

Anda juga bisa menempatkan ikan cupang di dalam wadah atau akuarium sempit yang tinggi. Akuarium seperti ini melatih ikan untuk bergerak atau berenang ke atas atau ke tempat tinggi yang akan membuat daya tahan tubuh ikan lebih kuat.

5. Perhatikan Pakan Ikan Cupang

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah memperhatikan pakan ikan cupang. Contoh makanan ikan cupang agar ganas adalah pakan yang hidup, seperti jentik, cacing, kutu air, dan lain sebagainya. Pakan yang bergerak akan melatih ikan cupang untuk bergerak agresif mendapatkannya.

6. Memberikan Lawan yang Sepadan

Ikan cupang aduan ganas juga bisa didapatkan dengan melatih ikan cupang berhadapan dengan lawan yang sepadan. Artinya, ikan cupang aduan harus dihadapkan dengan ikan cupang yang memiliki ukuran tubuh dan usia yang sama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.