Mengenal Ikan Napoleon Wrasse

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai ikan Napoleon Wrasse, apakah anda tahu dengan jenis ikan yang satu ini? Dan Apakah kamu adalah seorang pecinta hewan air ikan? Kalau iya tentu sangat wajar. Bagaimana tidak, ikan selalu menjadi incaran banyak orang, kalau tidak untuk dipelihara ya tentu untuk dikonsumsi. Namun tentu tidak semua jenis ikan bisa dikonsumsi ya. beberapa diantaranya seperti cupang, dan beberapa ikan hias lainnya.

Namun ternyata ada juga loh ikan yang bisa keduanya, bisa dikonsumsi sekaligus bisa dijadikan sebuah obat. Penasaran ikan apa? Ia adalah ikan Napoleon Wrasse.

Ikan ini sangat menakjubkan, selain ikan ini multifungsi, ikan ini juga sangat ekonomis khususnya di negara kita tercinta indonesia. Ikan ini sebenarnya muncul untuk pertama kalinya pada tahun sekitar 1835-1834 dan diumumkan oleh Ruppel.

Walau di kebanyakan negara menyebut ikan ini dengan ikan Napoleon Wrasse, namun berbeda dengan negara yang masuk dalam bagian asia ini yaitu China dan Philipina. Mereka memanggilnya dengan sebutan yang berbeda yaitu So Mei untuk China dan Mameng untuk Philipina.

Tapi hal itu juga terjadi di negara indonesia ini, beberapa daerah di Indonesia ini menyebutnya dengan bermacam-macam nama, dan tentu berbeda-beda. Jika kamu mendatangi pulau pulau indah seperti Karimunjawa, Derawan dan juga Nunuk, yang kamu temukan pasti ikan Kemak, Bele, dan Tawau.

Ikan ini tidak seperti ikan lainnya yang punya rentan umur yang pendek, malah ikan ini bisa bertahan sampai dengan 30 tahun lamanya, bahkan lebih. Mencengangkan?

Makin penasaran kan untuk membahas ikan unik serba bisa ini? yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Penggolongan Ilmiah Pada Ikan Napoleon Wrasse

Ikan Napoleon atau Cheilinus Undulatus ini masuk dalam Animalia Kingdom. Genus pada ikan ini Cheilinus dan salah satu Species dari C. Undulatus

Read More

Selain itu juga masuk dalam famili Labridae dalam Perciformes pada kelas Actinopterygii. Tentu sebelum kita mengenali hal lainnya, tidak ada salahnya kita mengetahui penggolongan ilmiah pada ikan ini kan.

Ciri-ciri Ikan Napoleon Wrasse

Tentu ikan ini mempunyai ciri yang cukup unik juga mudah dikenali. Karena tubuhnya yang besar-besar tentu akan semakin mudah untuk orang mengenalinya.

Ikan karang satu ini memiliki ciri khusus pada bagian tubuhnya, apa saja ya ciri ciri dari ikan ini? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini ya

  • Ikan ini punya bibir dengan ukuran yang cukup besar juga seperti badannya
  • Hampir sama dengan lohan ikan ini masuk dalam kategori ikan jenong, alias memiliki dahi yang menonjol. Lucu bukan?
  • Pada area atas mata ikan ia memiliki ukuran yang besar juga, dan akan bertambah jika umurnya ikan napoleon ini semakin tua
  • Memiliki bobot badan yang sangat besar bisa jadi besarnya hingga 200 kg. Besarnya bukan main kan?
  • Selain bobotnya besar, ikan ini juga panjang, 1,5 untuk ukuran panjangnya loh.
  • Napoleon punya gigi atas bawah yang benar-benar runcing pada  mulutnya.
  • Warna ikan ini bisa kita bedakan dari rentan umurnya, jika ikan sudah dewasa ikan ini memiliki warna hijau tua.
  • Ikan yang memiliki rentan usia tua warnanya ialah biru dan cenderung hijau.

Asal Wilayah Ikan Napoleon Wrasse

Ikan ini berasal dari perairan dengan suhu tropis, ini dibuktikan dengan penelitian dari lembaga perikanan indonesia di tahun 2012, berarti sekitar 9 tahun silam.

Apa Saja Makanan Yang Bisa Dimakan Oleh Ikan?

Ikan ini masuk dalam kategori pemakan daging-dagingan atau karnivora. Ia sangat sigap mencari pakan pada siang hari. Ia juga sangat menyukai kerang, dan ikan jenis lainnya, bulu babi dan juga bintang laut bahkan kepiting pun ia suka. Dengan gigi yang runcing, ikan bisa hancurkan karang.

Ikan ini memiliki cara unik tersendiri dalam memangsa atau makan, tentu dengan menggunakan giginya yang cukup menyeramkan karena tajam. Ini dia cara ia makan

  • Pertama, Bongkar karang yang sudah mati
  • Kedua, dia akan menggali-gali karang sebab ingin menemukan siput-siput atau kerang

Hal itu dilakukan karena memang ikan ini adalah pecinta kerang, apalagi jika kerangkanya kerang triton. Bukan hal yang sulit untuk ikan ini ambil daging kerang dengan cara di hancurkan cangkang kerangnya.

Perenang sangat senang mendengar gerusan ikan saat makan. Menakjubkannya ikan ini senang memperuncing gigi dengan cara asah gigi di karang.

Bagaimana Habitat Dan Karakter Ikan Ini?

Ikan ini adalah salah satu ikan yang dijuluki ikan karang. Ini disebabkan oleh ikan ini sangat senang hidup di wilayah air yang terdapat banyak karang. Dan ia suka sekali berdiam di lereng terumbu karang.

Bukan hanya itu, ia juga senang jika pada wilayah tersebut terdapat akar bahar dan cambuk laut. Selain itu juga wilayah yang terdapat tumbuhan seperti algae.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.