Ikan Hias Yang Lagi Trend Di Tahun Ini

Gilakoi.com – Siapa nih yang suka dengan ikan hias? Bagi yang baru tahu, ikan hias merupakan salah satu jenis ikan yang berhabitat di air laut maupun air tawar. Beda dengan dengan ikan lainnya, ikan hias merupakan hewan peliharaan namun bukan untuk dikonsumsi.

Di tahun Ini, tren ikan hias mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini diimbangi dengan penjualan ikan hias yang semakin tinggi dan pesat. Selain itu, harga ikan hias dari tahun ke tahun juga ikut mengalami kenaikkan dan beberapa orang tak jarang menjadi ikan hias sebagai aset investasi untuk beberapa tahun kedepan.

Dikutip dari situs “Wikipedia”, hampir sekitar 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari negara kita. Indonesia sendiri sudah mengekspor kurang lebih 363 jenis ikan hias air tawar di berbagai negara. Tentu ini menjadi kabar baik bagi anda pecinta ikan hias di tahun ini.

Banyaknya jenis ikan hias ternyata membuat beberapa orang bingung untuk memilih ikan hias yang berkualitas. Jika Anda sedang mencari ikan hias yang lagi tren dan berkualitas di tahun ini, Penulis menyarankan untuk tetap tenang. Sebab disini, kami akan memberikan rangkuman seputar jenis ikan hias apa saja yang akan ngetren di tahun 2022. Dari pada penasaran, simak penjelasan berikut ini.

1. Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang masih menjadi tren di tahun 2022. Perawatan yang mudah serta harganya yang masih terjangkau menjadi alasan utama ikan hias ini diminati banyak orang. Selain itu, ikan cupang juga memiliki keunggulan dari pada ikan hias lainnya, diantaranya sebagai berikut :

Sekarang ini, Anda bisa bisa membeli ikan cupang via online melalui berbagai platform media sosial ataupun marketplace terpercaya. Di pasaran, harga ikan cupang berkisar di angka Rp 5.000 sampai Rp 50.000. Sedangkan ikan cupang hias dibandrol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan. Apalagi jika hias pernah memenangi berbagai kontes besar, dapat dipastikan harga ikan cupang tersebut jauh lebih mahal dari biasanya.

2. Ikan Gurame

Ikan Gurame atau Ikan Gurami merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang masih memiliki hubungan darah dengan cupang. Walaupun banyak orang yang mengetahui bahwa

ikan gurame dijadikan sebagai ikan konsumsi, akan tetapi beberapa jenis ikan gurame lainnya justru banyak dijadikan sebagai ikan hias.

Berbagai pecinta ikan hias memprediksi bahwa ikan gurame akan mengalami tren yang bagus di tahun 2022. Pasalnya terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut terjadi, seperti kemudahan seseorang dalam memelihara ikan gurame, harga ikan berpotensi naik, ukuran gurame tidak terlalu besar, hingga adanya dukungan dari KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) dalam mensupport event atau kontes para pecinta ikan hias.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ikan gurame hias yang dimaksud berasal dari jenis Genus Trichogaster atau bisa kita sebut dengan ikan sepat. Jenis genus tersebut masih dibagi menjadi 4 yaitu, :

  • Trichogaster Labiosa (Thick-Lipped Gourami),

  • Trichogaster Fasciata (Banded Gourami),

  • Trichogaster Ghuna (Honey Gourami),

  • Trichogaster Lalius (Dwarf Gourami).

3. Ikan Channa (Ikan Gabus)

Ikan Channa merupakan ikan predator yang habitatnya berasal dari air tawar. Ikan Channa termasuk ke dalam keluarga Channidae. Genus ikan ini berjumlah kurang lebih 50 spesies. Bentuk tubuhnya yang cantik, unik, dan berwarna-warni membuat daya tarik sendiri bagi pecinta ikan hias.

Banyak yang beranggapan, bahwa ikan channa lokal masih tetap eksis di tahun ini. Bahkan terdapat ramalan yang mengatakan, bahwa ikan channa hias asal india akan meredup.Hal ini didasari oleh berbagai permasalahan di negeri vrindavan diantaranya :

  • Permasalahan cuaca ekstrem seperti banjir, hujan es, hingga angin puting beliung yang terjadi di sebagian besar wilayah dataran India. Hal ini memicu ikan channa masuk ke dalam tanah untuk hibernasi sebab ikan juga dapat merasakan datangnya bencana alam tersebut.

  • Harga memungkinkan akan naik akibat kurangnya pasokan ikan channa impor dari india ke Indonesia.

Dengan naiknya ikan channa dari india, bisa jadi para pecinta ikan channa akan berlain hati ke channa lokal.  Jadi, apakah ikan channa masih ngetren di tahun ini? Untuk channa lokal kemungkinan besar masih memiliki tren yang tinggi di tahun ini.

Ada pun rekomendasi ikan channa lokal yang kemungkinan naik dan menjadi tren di tahun ini seperti Channa Marulioides atau Channa Red Barito. Perlu Anda ketahui, bahwa ikan Channa dengan corak menawan bisa dijual sampai harga jutaan rupiah.

4. Ikan Koi

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang jinak dan memiliki corak yang memukau banyak orang. Ikan koi sangat cocok dipelihara di akuarium maupun kolam. Selain itu, ikan koi dipercaya bisa hidup hingga 50 tahun ke depan dan dapat tumbuh hingga ukuran 36 inchi.

Perlu Anda ketahui, semakin bagus corak ikan koi berarti semakin tinggi pula harga ikan koi tersebut. Banyak orang percaya, jika ikan koi dipelihara bisa membawa keberuntungan bagi si pemilik. Walaupun harga ikan koi cukup mahal di kalangan masyarakat, namun ikan koi diprediksi masih menjadi tren di tahun ini.

Beberapa jenis ikan koi yang diprediksi masih eksis di tahun ini diantaranya,

  • Ikan Koi Ghosiki (Pada dasarnya ikan koi ini memiliki warna abu-abu dan siripnya berwarna putih),

  • Ikan Koi Showa Sanshoku (Ikan koi jenis ini umumnya memiliki corak warna merah hitam),

  • Ikan Koi Ogon (Hampir semuanya berwarna hitam ogon ditambah dengan warna kuning keemasan),

  • Ikan Koi Goromo (Terdapat warna biru atau hitam di atas kepala ditambah dengan warna merah di dekatnya),

  • Ikan Koi Tanco (Memiliki titik warna merah di bagian kepala),

  • Ikan Koi Hariwake (Warna putih keperakkan dan terdapat corak kuning muda yang menyebar),

  • Ikan Koi Hirakimono (Warna dasar ikan koi yaitu putih pucat ditambah pola blur di bagian punggung seperti membentuk corak tulang),

  • Ikan Koi Taisho Sanke (Mempunyai warna dasar putih solid ditambah dengan overlay merah),

  • Ikan Koi Matsuba (Ikan Koi ini memiliki warna dasar warna putih),

  • Ikan Koi Kinrinrin (Warna kulit kuning seperti ikan mas).

5 Ikan Koki dan Komet

Di pasaran, ikan hias jenis koki dan komet selalu dibutuhkan oleh penjual ikan. Uniknya, jika kita cari ikan koki dan komet dimanapun tempatnya, kita bisa menemukannya.Ikan koki dan komet bisa Anda pinang mulai dari harga Rp 2.000 per ekor.

Ikan koki dan komet diprediksi masih eksis di tahun ini. Pasalnya, harga yang stabil dan perawatannya yang mudah menjadi alasan utama bagi pecinta ikan hias untuk memilihnya. Selain itu, yang perlu diperhatikan ketika merawat ikan koki dan komet adalah pemberian makanan yang pas dan kondisi air aquarium selalu terjaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.