Fakta Ikan Badut, Menggemaskan Tapi Tidak Pandai Berenang?

Gilakoi.com – Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Fakta Ikan Badut, yang sangat menggemaskan. mau tahu? yuk simak artikel dibawah ini.

Apakah kamu pernah menonton Finding Nemo? Karakter utama dari film animasi ini merupakan seekor ikan berwarna oranye cerah, dengan pola garis putih di tubuh mungilnya. Ikan itu bukan sekadar karakter imajinatif, melainkan spesies asli bernama ikan badut. Mari simak artikel ini untuk menemukan fakta ikan badut!

4 Fakta Ikan Badut yang Menarik

Clownfish atau ikan badut memiliki ukuran 14 cm hingga 16 cm. Dengan penampilan warna yang indah dan ukuran tergolong kecil, jenis ini menjadi digemari untuk menjadi ikan hias. Namun, ikan badut ini ternyata mempunyai keunikan yang lebih menakjubkan.

Inilah beberapa fakta ikan badut menarik yang wajib kamu ketahui!

1. Mereka Lahir Dengan Kelamin Jantan

Fakta pertama yang paling mengejutkan adalah setiap ekor terlahir sebagai jantan. Lalu, bagaimana cara mereka berkembang biak? Pada awalnya, satu kelompok ikan badut akan terdapat dua ekor terbesar dibandingkan lainnya. Kedua pasang ini akan menjadi satu-satunya pasangan yang melakukan reproduksi.

Dari kedua ekor ini yang satu akan berganti kelamin menjadi betina dan bertugas bertelur bagi kelompok. Yang satunya akan tetap menjadi jantan dan bertugas untuk membuahi si ikan betani. Sisa ikan badut di dalam kelompok tidak akan aktif melakukan reproduksi.

Bagaimana nanti kalau betina tidak sengaja mati? Jika si betina kehilangan nyawa, si jantan akan mengalihkan kelamin menjadi ikan betina. Yang menyuburkan si betina nantinya adalah ikan paling besar kedua dari ikan-ikan yang sebelumnya tidak berkaitan dengan kegiatan reproduksi.

Siklus ini pun akan terus berulang. Bukankah ini sangat unik?

2. Mereka Punya Simbiosis Mutualisme dengan Tempat Tinggalnya

Anemon laut adalah tempat tinggal para ikan badut. Apakah itu anemone laut? Salah satu biota laut ini mempunyai banyak tentakel dan menjalani hidup di dasar laut. Tentakel ini dapat menyengat siapapun yang mendekat. Beruntungnya, ikan badut sudah kebal dengan sengatan itu.

Read More

Oleh sebab itu, ikan badut akan terlindungi dari para predator yang ingin menyerang. Sementara itu, anemon laut juga merasakan keuntungan dari keberadaan ikan badut. Walaupun kecil, ikan badut dapat menyerang pemakan anemone laut dengan menyerang mata mereka.

Bagaimana dengan simbiosis keduanya ini? Bukankah ini sebuah kerjasama menguntungkan yang sangat alami?

3. Ikan Badut Tidak Bisa Berenang

Fakta ikan badut ketiga adalah mereka tidak bisa berenang! Kamu pasti bingung. Bagaimana ikan bisa tidak berenang? Ikan badut bukannya tidak bisa berenang, melainkan tidak pandai berenang.

Jenis ini lebih memilih untuk berkelana dekat rumah mereka. Jadi, ikan badut dapat segera bersembunyi di anemon laut jika ada predator mendekat. Mereka sangat bergantung pada tempat tinggal mereka.

Jadi, jangan berharap ikan badut bisa menang kalau ada perlombaan renang jarak jauh ya!

4. Jantan Ikan Badut adalah Ayah Yang Baik

Apakah kamu ingat bagaimana ayah Nemo berjuang untuk menyelamatkan Nemo kembali? Hal ini bukanlah karangan belaka, melainkan salah satu fakta ikan badut.

Tugas merawat anak adalah tugas si ayah. Mereka bertugas dari membuahi si betina, menjaga si betina hingga proses bertelur, dan sampai memastikan setiap telur aman dan tumbuh besar. Selain itu, yang membersihkan sarang adalah tugas si jantan pula. Baik ya? Bagaimana menurut kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.