Fakta Menarik Mandarin Fish yang Memiliki Warna Eksotis

Gilakoi.com – Apakah anda tahu dengan jenis ikan mandarin fish? Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang mandarin fish. Ya, ikan hias yang satu ini memang memiliki corak warna yang sangat indah. Ikan mandarin ini memiliki corak warna yang didominasi dengan perpaduan biru dan orange.

Sehingga, kamu dapat dengan mudah mengenali ikan tersebut ketika ditaruh dalam akuarium rumah. Ikan ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Selain itu, ikan tersebut juga sangat lincah dan memiliki “jiwa sosial” cukup tinggi.

Maka tidak heran jika ikan mandarin ini memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran. Sebelum melakukan pembelian, maka ketahui apa saja fakta unik serta menarik dari ikan mandarin. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui karakteristik ikan serta cara perawatannya.

Fakta Unik Serta Menarik dari Mandarin Fish

Tercatat, ada beberapa fakta unik dan menarik yang wajib kamu ketahui tentang ikan mandarin ini. Ikan hias dengan warna eksotis ini memang wajib kamu miliki sebagai koleksi di akuarium pribadi.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian tentu kamu harus paham betul terkait karakteristik ikan mandarin. Untuk itu, ini dia daftar fakta unik dan menarik dari mandarin fish.

Memiliki Tubuh Kecil

Fakta unik yang pertama ada pada ukurannya. Ya, ikan mandarin ini memiliki ukuran sekitar 6 cm saja. Hal tersebut membuatnya masuk dalam kategori ikan hias terkecil di dunia.

Warna yang Mencolok

Fakta unik yang kedua ada pada warnanya. Ikan ini memiliki warna yang cukup menarik perhatian. Sebab, perpaduan warna biru dan orange ini terlihat menyala jika terkena sorot cahaya. Sehingga, harga mandarin fish ini lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya.

Asal Usul Nama Ikan

Fakta unik yang ketiga adalah penamaannya. Ikan ini sekilas mirip dengan jubah kekaisaran dari Tiongkok. Sehingga, jubah kekaisaran memiliki corak seperti ikan mandarin. Oleh karena itu, ikan ini diberi nama ikan mandari karena bentuk dan corak warnanya.

Termasuk Ikan yang Dilindungi

Fakta unik yang keempat, ikan mandarin ini memang tidak diperbolehkan secara massal. Perlu izin khusus untuk membudidayakan ikan mandarin. Pasalnya, ikan ini cukup sulit untuk berkembang biak. Maka tidak heran bila mandarin fish dibanderol dengan harga tinggi.

Read More

Penyebaran Habitat

Fakta unik kelima, ikan mandarin ini tinggal di sekitar terumbu karang. Ikan mandarin tersebar di Perairan Indonesia, Filipina, Papua Nugini, hingga ke beberapa bagian dari Benua Australia.

Alasan Mengapa Mandarin Fish Sangat Disukai oleh Kolektor Ikan Hias

Ada banyak alasan mengapa kamu sangat bernafsu untuk mengoleksi ikan mandari. Selain memiliki corak warna yang indah, ada beberapa alasan lain mengapa ikan ini banyak dicari oleh kolektor ikan hias.

Alasan pertama, ikan mandarin ini memiliki sifat “pemalu”. Artinya, ia tidak suka berkumpul dalam koloni besar di akuarium. Ikan ini lebih suka menyendiri di sekitar batu atau terumbu karang.

Alasan kedua, mandarin fish termasuk dalam kategori ikan dengan pigmen sejati. Di dunia, hanya ada dua jenis ikan dengan pigmen sejati. Warna pigmen dari ikan mandarin ini dapat membantunya untuk mengusir predator.

Alasan ketiga, ikan ini tidak memiliki sisik. Padahal, rata-rata semua jenis ikan memiliki sisik untuk melindungi permukaan kulit. Oleh karena itu, ikan mandarin ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai ikan hias.

Ikan mandarin adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki ukuran terkecil di dunia. Meskipun kecil, ikan ini memiliki corak warna yang sangat eksotis. Oleh karena itu, kamu harus tahu apa saja fakta menarik dari mandarin fish.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.