4 Jenis Lumba-Lumba yang Sudah Hampir Punah, Sungguh Cantik!

Gilakoi.com – Mungkin yang pertama kali muncul dalam pikiran ketika mendengar nama lumba-lumba adalah hewan cerdas yang bersahabat dengan manusia. Lumba-lumba sendiri tidak hanya bisa ditemukan di laut, karena terdapat jenis lumba-lumba yang tinggal di air tawar.

Berikut adalah 4 Jenis Lumba-Lumba yang Sudah Hampir Punah lengkap beserta dengan ciri-cirinya. Yuk, simak!

Ciri-ciri Lumba-lumba Secara Umum

Lumba-lumba merupakan jenis hewan mamalia dan bukan ikan, hal ini membuat ciri-cirinya sama dengan mamalia pada umumnya. Lumba-lumba bernapas menggunakan paru-paru yang membuatnya akan pergi ke atas permukaan air untuk mengambil udara. Mereka juga memiliki satu lubang napas.

Selain itu, mereka bereproduksi secara vivipar dan masa kehamilanya adalah 8 hingga 14 bulan. Lumba-lumba juga memiliki kelenjar susu untuk menyusui anak-anaknya.

Di tubuhnya juga terdapat rambut dan mereka tidak memiliki sisik. Ciri lainnya adalah menggunakan sonar sebagai alat penunjuk arah dan suhu tubuhnya tidak mengikuti lingkungan tempatnya hidup.

Jenis Lumba-lumba yang Unik dan Ciri Khasnya

Tidak lengkap rasanya jika sudah mengetahui ciri-ciri lumba-lumba, namun tidak mengetahui jenis lumba-lumba yang berjumlah lebih dari 40. Berikut adalah beberapa spesies lumba-lumba yang unik dan menawan.

1. Irrawaddy Dolphin

Irrawaddy dolphin atau pesut mahakam merupakan lumba-lumba yang dapat hidup di air laut dan juga air tawar. Lumba-lumba jenis ini ada di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Irrawaddy terkenal akan keramahannya dan sangat bersahabat dengan manusia.

Namun, populasi lumba-lumba ini sudah terancam punah dan sangat langka. Hal ini terjadi karena mereka seringkali terjebak di jaring nelayan. Jumlah mereka bahkan diprediksi kurang dari 100 ekor.

2. Amazon River Dolphin

Ciri dari jenis lumba-lumba ini adalah seluruh tubuhnya berwarna yang merah muda. Amazon river dolphin juga merupakan lumba-lumba yang hidup di air tawar dan dapat ditemukan di sungai Amazon.

Read More

Lumba-lumba yang juga memiliki nama lain yaitu boto ini seringkali dan banyak sekali yang menganggapnya sebagai mitos karena penampilannya yang unik dan cantik. Selain itu, boto sudah terancam punah yang membuat kehadirannya semakin langka dan sulit untuk menjumpainya.

3. Atlantic Spotted Dolphin

Saat lahir atlantic spotted dolphin memiliki warna abu-abu polos yang tidak jauh berbeda dengan warna lumba-lumba pada umumnya.

Namun, bintik-bintik tersebut akan muncul dan semakin banyak seiring pertumbuhannya. Menariknya warna dari bintik-bintik tersebut akan bertambah gelap seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Lumba-lumba jenis menyukai perairan beriklim tropis dan subtropis yang hangat, mereka dapat dijumpai di Samudra Atlantik. Lumba-lumba totol merupakan jenis yang aktif dan dapat melompat tinggi.

4. Eastern Taiwan Strait Humpback Dolphin

Jenis lumba-lumba Eastern taiwan strait humpback dolphin juga memiliki tubuh yang berwarna merah muda, namun tidak secara keseluruhan. Lumba-lumba ini  memiliki tiga warna, yaitu merah muda, abu-abu, dan putih.

Spesies ini merupakan subspesies dari indo pacific-humpback. Kamu bisa menjumpai lumba-lumba jenis ini di Selat Taiwan. Sayangnya, mereka sangat jarang terlihat dan muncul ke permukaan. Selain itu, populasinya sudah sangat sedikit yaitu kurang dari 100 ekor membuatnya semakin sulit lagi terlihat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.