Mengenal Tiram, Hidangan Laut Kaya Manfaat

Gilakoi.com -Siapa yang tidak tahu dengan hewan laut yang satu ini, ya tiram, tiram merupakan salah satu hewan yang memiliki rasa yang enak, maka dari itu tiram sangat disukai oleh masyrakat indonesia.

Tiram adalah pilihan hidangan laut yang mengandung berbagai manfaat, yakni kandungan zinc, vitamin E dan C. Menurut laman WebMD, tiram memiliki kandungan vitamin B12 cukup tinggi yang membantu memelihara kesehatan otak, saraf, dan mental para penikmatnya.

Mengonsumsi tiram juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori. Menurut Health Essentials, 6 tiram dengan ukuran sedang mengandung hanya sekitar 175 kalori. Tiram juga baik untuk kesehatan kulit karena mineral seng yang dikandung berperan menciptakan dan meningkatkan kolagen.

Kolagen sangat penting untuk dukungan struktural pada kulit dan mengurangi kendur. Kolagen pun berperan membantu menjaga kuku yang lebih kuat, dan menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat.

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa kandungan dalam tiram yang baik bagi kesehatan.

Zinc

Tiram adalah sumber alami yang paling terkonsentrasi dari zinc. Zat zinc ini sangat penting bagi mempertahankan sistem kekebalan yang kuat, mendukung penyembuhan luka, mempertahankan indera perasa dan pencium.

Namun zinc juga memliki kekuraNgan yaitu dapat mengakibatkan gejala seperti pertumbuhan terhambat, nafsu makan yang buruk, penurunan penyembuhan luka, kerontokan rambut, gangguan indera rasa dan bau dan lebih sering infeksi.

Tiram terbilang memiliki cukup rendah lemak  sehingga cukup aman dijadikan menu sehari-hari. Anda bisa menikmati tiram dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Hindari memakan tiram mentah karena dikhawatirkan sudah terkontaminasi bakteri vibrio yang dapat menyebabkan mual dan muntah. Satu porsi kerang mengandung hanya 2 gram lemak.

Read More

Sumber Protein

Tiram merupakan salah satu sumber protein yang baik. Satu tiram yang berukuran sedang mengandung kurang lebih 1 gram protein.

Asam Amino

Tiram diketahui sebagai afrodisiak karena kaya akan asam amino yang memicu peningkatan kadar hormon seks. Alasan lain adalah bahwa kandungan zinc tinggi membantu dalam produksi testosteron.

Zat Besi

Zat besi pada Tiram berguna untuk pembentukan hemoglobin, yaitu zat dalam darah yang berperan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Rendahnya hemoglobin akan menyebabkan anemia, yaitu kondisi yang ditandai gejala 3L (lemah, letih dan lesu). Kandungan zat besi, seng, dan iodium dapat membuat aliran darah lebih lancar.

Nah itulah informasi yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat!!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.